Tuesday, February 5, 2019

11 Ciri-Ciri seorang wibu, vvibu, weeaboo

Ya istilah wibu / weeaboo ini memang sudah cukup ngetren dan mendunia. Banyak sekali orang-orang, netizen di dunia maya, di sosial media yang memandang buruk para wibu ini. Dan ironinya, banyak juga netizen yang merasa bangga untuk menjadi seorang wibu. 😎

Nah menurut anda, apakah ciri-ciri dari wibu ?. Apakah wibu itu bau bawang ?, Atau wibu itu orang yang hobi nonton anime ?, Atau malah orang yang ngomong pakai bahasa jepang ?. Langsung saja, berikut jawabannya. . .

11 Ciri-Ciri seorang wibu, vvibu, weeaboo

# Ciri-Ciri seorang wibu, vvibu, weeaboo

1. Fanatik terhadap jepang

Berbeda halnya dengan seorang otaku yang lebih mengarah kepada hobi yang ekstrim. Seorang wibu malah mendewakan dan fanatik buta terhadap jepang. Mereka menganggap segala hal yang bernuansa jepang lebih baik dan superior daripada hal yang lainnya. Baik itu dari segi negara, suasana kota/desa, gaya hidup, makanan, budaya, bahasa, orangnya, cowok-cewek dan sebagainya.



2. Berperilaku layaknya orang jepang

Yap, para wibu seringkali update mengenai berbagai info yang bernuansa jejepangan. Mereka seringkali ikut bergaya ala orang-orang di jepang sana. Mulai dari tutur katanya, sikap, perilaku dan sebagainya. Contoh yang paling ringan daripada wibu ini ya misalnya seperti cosplay karakter anime.

3. Suka membanding-bandingkan dan meremehkan negerinya sendiri

Yap, kebanyakan wibu anti dengan budaya maupun berbagai tradisi yang ada di negaranya sendiri. Mereka cenderung lebih mencintai jepang daripada mencintai negerinya sendiri. Hal ini berlaku dalam berbagai hal. Semisal seperti tingkah laku, suasana di negerinya sendiri, dan sebagainya.

4. Suka hal yang bernuansa jepang

Tidak usah dipungkiri lagi, banyak wibu yang over fanatik mengenai hal-hal yang bernuansa jejepangan. Pokoknya ada unsur jepang-jepangnya, mereka langsung ngehype, bahagia tiada tara. Hal ini berbanding terbalik jika dihadapkan dengan budaya dan tradisinya sendiri.



5. Ingin tinggal di jepang

Banyak wibu yang ingin sekali tinggal dijepang. Mereka ingin mengunjungi jepang, hidup di jepang, punya istri / suami orang jepang. Bahkan banyak diantaranya yang menyesal tidak lahir di jepang, tidak terlahir sebagai warga atau rakyat jepang.

6. Ingin menjadi orang jepang

Nah, seperti yang sudah tersebut diatas. Faktanya banyak sekali wibu yang mendambakan kehidupan ala karakter anime yang notabene scene kehidupannya penuh dengan nuansa jejepangan. Tak khayal banyak wibu juga yang merasa muak dengan kehidupan di negerinya sendiri dan ingin pindah kewarganegaraan.

7. Anime tidak sama dengan kartun

Wibu tingkat rendah menganggap anime tidak sama dengan kartun. Hal ini banyak sekali ditemui diberbagai grup anime dan otaku yang ada di sosial media. Jadi hal ini saya rasa sudah lumrah adanya. Padahal dari segi bahasa sendiri, anime dan kartun artinya sama saja.

8. Memiliki akun sosial media layaknya user orang jepang

Yap, banyak para wibu yang membuat akun sosial media layaknya orang yang asalnya dari jepang. Mulai dari nama, foto profil, tempat lahir, hobi, teman dan sebagainya, Kesemuanya berunsur jejepangan. Misalnya seperti pakai nama dengan huruf katakana dan hiragana, pakai foto profil anime atau artis jepang, tempat lahir yang asalnya dari jepang, menguasai bahasa jepang, dan sebagainya.

9. Menulis kata-kata dan berbicara campur bahasa jepang

Di sosial media banyak kita temui para netizen wibu yang seperti ini. Mereka menulis berbagai kata-kata dengan bahasa campuran, antara bahasa aslinya sendiri, kemudian ditambah-tambahi pakai bahasa jepang. Contohnya misalnya seperti : Nani the f, watashi ngak suka sinetron ya, dan sejenisnya.


10. Punya waifu atau husbando

Banyak wibu yang memiliki pacar khayalan yang berupa char anime maupun game. Mereka menyebutnya, para pacar atau istri hayalan tersebut, yang mana cewek = waifu dan cowok = husbando. Dan parahnya tiap 4 bulan sekali para wibu banyak yang gonta-ganti waifu / husbando 😆.

11. Merasa dirinya lebih jepang daripada orang jepang

Banyak juga para wibu yang seolah-olah mengerti segala hal tentang jepang. Dan bahkan mereka merasa seolah-olah lebih dari orang jepang itu sendiri. Dalam artian merasa seperti orang jepang, tapi lebih wah dan pro dari orang jepang. Padahal asal tempat lahir dan tinggalnya jauh sekali dari jepang.

Ya begitulah ke-11 ciri umum yang dimiliki oleh para wibu. Perlu diingat juga, seorang otaku belum tentu seorang wibu, karena otaku itu banyak jenisnya. Dan seorang wibu sudah pasti adalah seorang otaku. Hal ini terbukti dari kefanatikannya terhadap sesuatu yang berunsur jepang. Misalnya dia tergila-gila dengan anime, lagu jepang, makanan jepang, budaya jepang, dan sebagainya. Cukup sekian dulu gan, kalau ada salah atau ada tambahan, tulis saja di kotak komentar. Terima kasih . .

11 Ciri-Ciri seorang wibu, vvibu, weeaboo
4/ 5
Oleh

Leave your comment