Friday, December 14, 2018

Kenapa download tertunda di google play store ? Dan bagaimana cara mengatasinya ?

Terkadang saat kita sedang mendownload atau mengupdate data game dan aplikasi di google play store. Entah mengapa proses downloading menjadi macet, tidak mau jalan atau tertunda. Hal ini tentunya tidak terjadi begitu saja. Pasti ada berbagai penyebab yang menyebabkan macet dan tertundanya aktivitas download di google playstore ini.

Cara mengatasi download tertunda google play store

# Penyebab download tertunda di google playstore

Nah, dari sekian banyak penyebab macet atau tertundanya proses download di playstore. Yang paling sering menjadi penyebab utamanya adalah :

1. Koneksi internet yang tidak stabil
2. Memori RAM yang sudah penuh
3. Memori internal yang penuh
4. Aplikasi playstore masih belum di update
5. Overheat / hp panas

Nah, jika anda bertanya kenapa download game dan update aplikasi di playstore sering tertunda. Ke-5 penyebab yang tersebut diatas lah jawabannya.



# Cara mengatasi download tertunda di google playstore

Dari ke-5 penyebab yang tersebut diatas. Tentunya kita sudah dapat menarik kesimpulannya. Cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah download tertunda adalah seperti yang tersebut di bawah ini.

1. Pastikan kestabilan dan kelancaran koneksi internet

Nah, jika koneksi internet anda tidak stabil. Seringkali mengalami diskonek atau putus-putus, jaringan selalu berubah-ubah (3G, hsdpa, ke 4G, dan sebaliknya), bar sinyal jaringan selalu naik turun. Maka atasi semua masalah itu.

Carilah dan pakai simcard provider seluler yang kiranya memiliki kualitas koneksi internet yang terbaik di sekitar wilayah anda. Atau jika bisa, disaat mendownload dan mengupdate data game & aplikasi di playstore, jangan lupa gunakan jaringan wifi saja. Agar nantinya tidak ada itu yang namanya download tertunda.

2. Bersihkan RAM dan temporary cache

Ketika memori RAM sudah habis terpakai, entah itu karena aktivitas aplikasi dan game yang anda mainkan. Maka disaat anda membuka aplikasi lain, misalnya saja seperti google playstore. Maka otomatis aplikasi yang baru anda buka tersebut akan sering mengalami error, ngehang, sering macet, ngelag, dan tak jarang malah keluar sendiri (force close).

Nah, maka dari itu. Membersihkan memori RAM dan temporary cache di hp android harus dilakukan secara berkala. Agar nantinya ketika anda membuka aplikasi atau game, tidak akan sering lagi mengalami yang namanya macet. Atau mudahnya ya download tertunda di google playstore.


3. Hapus junk file dan sisakan ruang di memori internal

Jika memori internal sudah penuh. Maka otomatis data aplikasi atau game yang anda download tidak dapat dilanjutkan. Dan saat itu juga muncul fenomena macet atau download tertunda.

Maka dari itu, jika ada file gambar, video, dll yang jarang dilihat atau dipakai. Sehingga memenuhi memori internal hp android anda. Maka hapus saja semuanya, atau paling tidak ya pindahkan ke memori external. Dengan cara ini, maka size atau ukuran memori internal anda akan menjadi sedikit lega. Sehingga proses download yang tertunda tadipun dapat segera dilanjutkan.

4. Update aplikasi playstore terlebih dahulu

Ya, pada dasarnya setelan pembaruan atau update pada google playstore ini dilakukan secara otomatis. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan masalah ini. Jika anda ragu dan lupa telah menonaktifkan update otomatis aplikasi playstore. Maka anda tinggal mengaktifkannya lagi saja.

5. Dinginkan HP android anda

Jika hp android terlampau panas. Maka segala aktivitas yang terjadi didalamnya, yakni di hardware hp dan juga di software akan menjadi lambat.

Untuk mengatasi ini, agar download tidak sering tertunda. Apapun jenis hp anda, entah itu hp xiaomi, samsung, asus, sony, lenovo, dll. Maka ya tinggal dinginkan hp anda saja.

Jika hp sudah panas, berhenti main dan internetan sejenak. Jangan update atau install aplikasi. Kalau anda memaksa, ya anda bisa mendinginkan hp dengan kipas angin, masuk ke ruangan ber-AC, atau ada cara yang lainnya ?. 😂

6. Hapus data cache google playstore

Mungkin saja ada bug dan crash dalam app google playstore di hp anda. Maka anda dapat mengakalinya dengan cara menghapus data cache yang ada di app google playstore tersebut.

Pada hp xiaomi, anda hanya perlu masuk ke menu setelan - aplikasi terinstall - cari play store - klik hapus data - lalu bersihkan cache.

Dengan ini maka pengaturan google playstore akan kembali seperti sedia kala. Dan proses download jadi tidak tertunda atau macet-macet lagi. Dan saya rasa di hp android lainnya, caranya hampir sama. Jadi, ya tidak perlu saya jelaskan.

Yap, begitulah berbagai cara dan solusi untuk mengatasi download tertunda di google playstore. Semoga bermanfaat . .

Kenapa download tertunda di google play store ? Dan bagaimana cara mengatasinya ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment