Sunday, February 10, 2019

6 Ciri-ciri keluarga broken home / keluarga berantakan

Keluarga broken home, atau bisa dibilang juga sebagai keluarga yang berantakan. Hal ini tentunya memiliki berbagai ciri atau tanda yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu keluarga tersebut dapat dikatakan sebagai keluarga yang broken home atau tidak.

6 Ciri-ciri keluarga broken home / keluarga berantakan

Nah, banyak sekali ciri-ciri atau tanda yang dapat menunjukkan keretakkan suatu hubungan rumah tangga seseorang. Contoh mudahnya yang paling sering didalam keluarga broken home ya mengenai masalah perceraian. Tentunya hal ini disebabkan oleh banyak hal atau faktor, misalnya seperti gangguan orang ketiga, masalah ekonomi, masalah kejiwaan (ego), dan masih banyak yang lainnya.

Nah, langsung saja berikut beberapa ciri atau tanda keluarga broken home.

# Ciri-ciri keluarga broken home / keluarga berantakan

1. Perselisihan antara ayah dan ibu

Perselisihan antara ayah dan ibu yang berujung pada pertengkaran dan sejenisnya. Hal ini dapat menyebabkan keluarga menjadi tidak harmonis.



Jika banyak perselisihan yang terjadi didalam suatu rumah tangga, dan salah satu atau kedua orang tua saling egois dan tidak mau tahu dengan urusan penyelesaian masalah dan sebagainya. Hal ini tentunya akan berlanjut kepada berbagai jenis tindakan yang merusak suasana keharmonisan didalam rumah. Misalnya seperti saling marah, saling ejek, saling menjauh, pisah ranjang dan sebagainya. Hal ini juga termasuk kedalam ciri runtuhnya suatu rumah tangga / keluarga broken home.

2. Kekerasan didalam keluarga / rumah tangga

Karena sering marah dan berselisih pendapat, akhirnya terjadi kekerasan didalam rumah tangga. Entah si ayah yang memukul si ibu, atau si ayah dan si ibu yang memarahi si anak dan sebagainya. Hal ini juga menunjukkan ciri atau tanda keretakkan didalam rumah tangga. Jika hal ini rutin dan terus terjadi, yakni kekerasan didalam rumah tangga. Maka sudah pastilah keluarga tersebut sudah berantakan atau broken home.



3. Kurangnya rasa tanggung jawab orang tua

Diluar sana banyak sekali orang tua yang tidak bertanggung jawab terhadap keluarganya. Entah itu si ayah yang tidak menafkahi anak dan istrinya, atau mungkin si ibu yang tidak mau berbakti dan melayani suaminya. Atau malah si ibu yang tidak benar didalam mendidik anaknya. Sehingga nantinya berdampak pada keharmonisan didalam rumah. Dimana nantinya akan terjadi banyak konflik didalam rumah tangga atau keluarga tersebut. Maka hal ini juga termasuk salah satu ciri dari keluarga broken home.

4. Kurangnya perhatian dan kasih sayang pada anak

Anak yang terabaikan, anak yang kurang mendapatkan kasih sayang dan perhatian, anak yang sering dimarahi dan menjadi korban kekerasan di dalam rumah tangga. Hal ini terjadi karena adanya konflik diantara kedua orang tua. Dan jika hal ini terus berlanjut, maka hal ini juga masuk kedalam ciri keluarga yang berantakan / broken home.

Hal ini dapat dicerminkan dari penampilan dan perilaku atau sikap si anak. Misalnya dia tumbuh menjadi pribadi yang nakal, urakan, atau malah jadi pribadi yang pendiam dan penakut. Diiringi dengan penampilan yang seadanya. Misal baju yang acak-acakan, muka yang suram dan sejenisnya.


5. Gangguan orang ketiga

Jika ada gangguan dari pihak ketiga, entah itu laki-laki atau wanita lain yang dapat mengancam keharmonisan rumah tangga. Atau bisa jadi malah mertua dan orang tua sendiri yang mengacau kebahagiaan si anak, orang tua yang terlalu ikut campur dalam rumah tangga si anak dan sejenisnya. Hal ini juga dapat berdampak pada kehancuran rumah tangga seseorang, sehingga nantinya keluarganya menjadi hancur berantakan.

6. Perceraian

Puncak dari segala kekacauan di rumah tangga, Yakni adalah perceraian ini. Jika orang tua sudah bercerai, dan anak merasa sedih dan terabaikan. Ini sudah jelas masuk kedalam ciri dari keluarga yang broken home.

Apalagi di dewasa ini banyak sekali kasus perceraian yang terjadi dimana-mana. Dan walhasil, si anak malah dibiarkan atau ditinggalkan oleh orang tuanya. Entah itu si anak tadi dititipkan ke kakek-neneknya, atau malah ke paman-bibinya dan sebagainya.

Nah, ke-6 hal tersebut merupakan ciri-ciri atau tanda dari keretakan rumah tangga, atau ciri dari keluarga yang berantakan bin broken home. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . . .

# Baca juga :

Apa itu broken home ? Arti, pengertian keluarga dan anak broken home

Artikel terkait

6 Ciri-ciri keluarga broken home / keluarga berantakan
4/ 5
Oleh

Leave your comment