Tuesday, February 19, 2019

7 Keuntungan & Manfaat belajar kelompok bagi siswa di sekolah

Belajar kelompok, mengerjakan tugas bersama-sama. Hal ini tentunya sangatlah bermanfaat bagi siapa saja. Termasuk didalamnya yang kita bahas mengenai manfaat kerja kelompok bagi para siswa yang ada di sekolah.

Belajar kelompok sangatlah mengasyikan dan bermanfaat bagi siapa saja. Tentunya yang namanya belajar atau kerja kelompok dapat dilakukan dimana saja, termasuk di rumah, di lapangan kerja dan sebagainya.

7 Keuntungan & Manfaat belajar kelompok bagi siswa di sekolah

Maka dari itu, untuk lebih memahami dampak positif atau keuntungan dari belajar kelompok ini. Supaya anda makin rajin belajar bersama teman, maka langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

# Manfaat belajar kelompok bagi siswa

1. Belajar bertanggung jawab

Dengan belajar atau bekerja kelompok, maka setiap anggota yang terdaftar didalam kelompok diwajibkan untuk bertanggung jawab sesuai dengan posisi atau tugas yang sudah dibagikan.

Misalnya ada ketua kelompok yang wajib bertugas dan bertanggung jawab sebagai pemimpin. Begitu juga misalnya dengan bendahara, pencari informasi, penulis dan tugas yang sejenisnya. Pokoknya dengan belajar kelompok, kita dapat melatih diri untuk bertanggung jawab terhadap role atau tugas yang dibebankan kepada kita.



2. Melatih keterampilan dalam berdiskusi

Didalam belajar kelompok, kita juga dapat melatih keterampilan diri didalam hal berbicara, berdiskusi atau bermusyawarah. Dengan belajar kelompok, anda dan teman-teman sesama anggota kelompok dapat saling berbagi pendapat. Saling adu argumen dan mencari solusi pemecahan masalah untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepada kelompok anda.

3. Menambah semangat belajar

Dibandingkan dengan belajar sendirian, belajar kelompok juga terbukti ampuh untuk menambah semangat belajar para siswa. Dengan belajar kelompok maka tugas yang dibebankan kepada siswa akan menjadi lebih ringan.

Semua anggota dapat saling berdiskusi, dan bersosialisasi. Dengan adanya rasa kebersamaan yang ada. Maka hal ini tentunya akan menambah semangat belajar bagi para siswa yang ada.



4. Menghilangkan kebosanan dalam belajar

Jika kita belajar sendirian dalam kurun waktu yang lama. Tentunya lama-kelamaan akan muncul perasaan jenuh dan bosan. Dengan belajar kelompok, rasa bosan ini dapat ditekan semaksimal mungkin.

Dengan belajar bersama, diiringi dengan pembicaraan lainnya, atau bisa jadi sambil bermain. Maka otomatis rasa bosan akan menghilang dengan sendirinya. Dan kegiatan belajar pun akan menjadi lebih menyenangkan daripada biasanya.

5. Melatih keterampilan dalam bersosialisasi

Dengan saling bertanya-jawab, saling berdiskusi dan memecahkan masalah bersama-sama. Maka hal ini juga akan sangat berdampak positif bagi para siswa yang ada. Dengan ini, maka keterampilan bicara dan bersosialisasi siswa akan semakin meningkat.

Sehingga nanti kedepannya, diharapkan para siswa dapat bergaul dan berguna di masyarakat luas. Tanpa ada rasa takut dalam berbicara atau berinteraksi dengan orang lainnya. Dalam artian misalnya seperti pemalu, penakut, phobia keramaian, dan sejenisnya.


6. Mempercepat proses pengerjaan tugas

Dengan belajar kelompok, maka tugas yang dibebankan ke para siswa tentunya akan semakin cepat rampung atau selesai. Hal ini sangat berbeda jika mengerjakan tugas, pr dan sebagainya secara sendirian.

Dengan belajar kelompok, maka akan ada banyak orang, banyak tenaga bantuan yang dapat membuat pekerjaan yang ada menjadi cepat terselesaikan. Ya, secara logikanya pasti lebih mudah dan cepat membangun sebuah rumah dengan bantuan banyak orang, daripada membangun sebuah rumah sendirian.

7. Belajar saling menghargai dan bertoleransi

Tentunya latar belakang, kepribadian, sifat, dan sikap para siswa yang satu ke siswa yang lainnya pastilah berbeda-beda. Dengan adanya belajar kelompok atau juga kerja kelompok. Maka hal ini tentunya akan menumbuhkan rasa saling toleransi, rasa untuk menghargai perbedaan yang ada didalam suatu kelompok yang ada tersebut. Dengan ini tentunya pengamalan berbagai sila pancasila dapat diwujudkan dengan mudah.

Ya begitulah ke-7 keuntungan atau manfaat dari belajar kelompok, kerja kelompok atau juga belajar bersama. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

Artikel terkait

7 Keuntungan & Manfaat belajar kelompok bagi siswa di sekolah
4/ 5
Oleh

Leave your comment