Thursday, September 21, 2017

Persamaan & perbedaan antara anime dan kartun

Sebenarnya apakah anime dan kartun itu sama saja atau berbeda ?. Apakah keduanya memiliki ciri khas khusus yang dapat membedakannya ?. Atau memang keduanya merupakan sebuah istilah yang sama, namun ada perbedaan didalam bahasa ?. Ya, sebelum kita membahas mengenai seluk beluk diantara anime dan kartun. Mari kita simak sedikit uraian basa-basi di bawah ini.

Persamaan & perbedaan antara anime dan kartun

Nah, mungkin anda pernah melihat di berbagai grup dan forum yang ada di media sosial. Terutama diberbagai forum anime - manga dan juga otaku. Pasti akan ada banyak orang yang memposting dan mendebat mengenai masalah Perbedaan di antara anime dan juga kartun. Dan tak jarang, dari perdebatan yang ada sampai menimbulkan baku hantam, alias saling bertengkar diantara para wibu dan otaku yang ada.

Misalnya seperti di grup anime yang ada di facebook, dan juga wa (whatsapp). Kita sering melihat banyak wibu yang saling ejek, saling hujat, saling ngeroast, hanya karena mendebatkan bedanya kartun dan anime ini. Nah maka dari itu, Untuk mencegah masalah ini terjadi. Maka untuk selengkapnya berikut penjelasan mengenai Pengertian dan perbedaan di antara anime dan kartun.



A. Apa itu anime dan kartun (cartoon) ?

Berikut ini merupakan penjelasan singkat dari yang namanya istilah anime dan juga kartun.

1. Arti & pengertian anime

Anime (アニメ) sebenarnya berasal dari kata “Animation (アニメーション)”, dan dikarenakan pengucapan orang jepang agak berbeda dengan bahasa inggris pada umumnya. Maka kata “Animation”, akan terdengar dan terbaca menjadi kata “Animeeshon”. Nah, dari sinilah istilah anime itu bermula.

Sebagai contoh kata yang lain misalnya seperti “The world”, kita lebih mengenalnya dengan ucapan semisal “Za warudo”. Begitulah kiranya asal-muasal dari istilah yang bernama anime.

Nah, perlu diketahui juga di berbagai kamus bahasa inggris. Kata anime juga memiliki arti dan definisinya sendiri. Sebagai contoh misalnya di kamus bahasa inggris oxford, kata anime memiliki makna :

"A style of Japanese film and television animation, typically aimed at adults as well as children". (Gaya film dan animasi televisi jepang, biasanya ditujukan untuk orang dewasa maupun anak-anak).

Sedangkan di kamus cambridge, arti dari anime kurang lebih :

"Japanese films made using characters and images that are drawn rather than real, or one of these films". (film-film jepang yang dibuat dengan karakter dan gambar yang di gambar secara tidak nyata (animasi)).

Nah, begitulah kurang lebih arti dan definisi dari yang namanya anime.

2. Arti & pengertian kartun

Kartun, berasal dari kata cartoon. “Cartoon” di dalam bahasa inggris artinya berbeda-beda sepanjang waktu. Menurut wikipedia, “Cartoon” merupakan gambar 2D yang berupa karakter yang berisi atau bertema tentang sarkasme, sesuatu yang lucu atau buat hiburan semata. Namun “Cartoon” juga dapat berarti berbagai gambar lucu yang dianimasikan.

Dan didalam bahasa inggris sendiri, pengertian kartun ini selalu mengalami perkembangan. Setidaknya pengertian yang resmi menurut kamus oxford ada 3, yakni diantaranya :

- "a simple drawing showing the features of its subjects in a humorously exaggerated way, especially a satirical one in a newspaper or magazine.". (gambar sederhana yang menunjukkan ciri-ciri subjeknya dengan humor yang dilebih-lebihkan, terutama yang berunsur menyindir / satir di koran atau majalah.).

- "a motion picture using animation techniques to photograph a sequence of drawings rather than real people or objects". (gambar bergerak menggunakan teknik animasi pengambilan foto urutan gambar yang tidak menggunakan objek dan orang nyata / alias 2D) 😂, agak bingung ngartiin.

- "a full-size drawing made by an artist as a preliminary design for a painting or other work of art". (gambar ukuran penuh yang dibuat oleh seorang seniman sebagai desain awal untuk lukisan atau karya seni lainnya).


Nah, kurang lebih begitulah pengertian dari kartun didalam bahasa inggris. Sedangkan “Kartun” di dalam kbbi atau di kamus besar bahasa indonesia, artinya adalah film yang dibuat dari berbagai gambar yang dikumpulkan (gambar gerak). Dan juga dapat berarti gambar dengan penampilan lucu (Untuk sarkasme, politik).

Jadi anggap saja kartun ini sama dengan animasi, menurut pengertian yang ada di KBBI.

B. Persamaan antara anime dan juga kartun (cartoon)

Nah dari berbagai uraian yang tersebut diatas, dari berbagai pengertian mengenai anime dan juga kartun. Maka kita sudah dapat menyimpulkan persamaan dan juga perbedaan di antara kartun ini. Jadi pada dasarnya, persamaan diantara anime dan katun adalah . . .

1. Anime dan kartun Sama-sama berupa gambar hayalan atau rekaan.
2. Anime dan kartun Sama-sama gambar yang dianimasikan / animasi.
3. Film anime dan juga kartun, merupakan bagian dari film animasi.
4. Keduanya sama-sama film yang menargetkan berbagai usia, atau semua umur. Tergantung dari rating, baik itu untuk anak-anak maupun dewasa.

C. Perbedaan antara anime dan kartun (cartoon)

Nah sedangkan perbedaan mendasar diantara anime dan juga kartun ini terdapat pada :

1. Jenis style gambar anime dan kartun.
2. Tujuan pembuatan anime dan kartun.
3. Perbedaan bahasa dan sudut pandang.



1. Gambar anime dan kartun (cartoon)

Gambar “Anime” dijaman ini diidentikan dengan ciri khas tersendiri, misal dengan mata besar, wajah moe, struktur tubuh yang mirip dengan manusia, rambut yang berwarna-warni dan ciri khas lain nya. Sedangkan gambar “Kartun (cartoon)” berbentuk mirip karikatur, dan juga bergaya barat (western), misalnya seperti komik-komik marvel, dengan gambar yang hampir realistis (manusia, hewan).

Perbedaan anime dan kartun

Ya, sekali lagi semuanya tergantung kepada pembuat anime dan kartun. Tapi pada dasarnya untuk teknik penggambarannya cukup berbeda diantara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh misalnya seperti gambar nicole maknya gumball diatas. Begitulah kiranya sedikit perbedaan diantara teknik gambar kartun dan juga anime.

2. Tujuan pembuatan anime dan kartun (cartoon)

Film “Anime” memiliki banyak genre dan tema, seperti horror, komedi, romance, action, fantasy, dan sebagainya. Intinya luas lah, target pemasarannya mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Misal seperti anime shounen dan seinen, atau anime shoujo dan juga josei, Dan lain sebagainya.

Sedangkan film “kartun (Cartoon)” kebanyakan diidentikan dengan film animasi bergenre komedi atau humor. Yang ditujukan untuk menghibur para penontonnya. Anggap saja sebagai serial komedi. Sebagai contoh seperti berbagai film kartun yang ada di nickeledeon, cartoon network, dkk.

3. Cara pandang antara film anime dan juga film kartun (cartoon)

“Anime” bagi orang diluar jepang, diidentikan dengan kartun nya orang jepang atau animasi berciri khas jepang. Dengan gaya gambar yang ala anime, misal mata besar, wajah moe, dan lainnya seperti yang sudah tersebut diatas.

Sedangkan “Kartun (cartoon)” merupakan film animasi yang bergenre humor atau komedi, dengan gaya gambar yang berbeda dengan anime. Dengan gambar ala karikatur, dan hayalan lain nya (gambar ala barat / western).

D. Apakah sama atau berbedakah antara anime dan juga kartun (cartoon) ?

Karena film anime dan kartun merupakan sama-sama film animasi, jadi film anime dari jepang, dapat disebut juga sebagai “kartun jepang”. Begitu pula film kartun dari amerika dapat disebut sebagai film “anime”, karena memang pengertian anime adalah “animation” atau gambar animasi. Begitupula dengan berbagai film animasi dari negara lain, misalnya china, korea, malaysia atau mungkin indonesia juga.

Nah, Jika gambar atau artwork film kartun tersebut bergaya ala anime. Maka dengan ini film kartun tersebut dapat disebut juga sebagai anime. Sebut saja misalnya seperti anime korea, anime china, anime indonesia, dan lain nya.

Sebagai contoh film kartun yang menggunakan ciri khas ala anime adalah film avatar the last airbender, avatar the legend of korra, rwby, battle of surabaya dan masih banyak yang lainnya.

Dan begitu juga film anime yang memiliki grafik seperti kartun, semisal seperti crayon sinchan, chibi maruko chan, dan berbagai jenis film anime jadul lainnya.

# Baca juga :

Apa itu pengertian dan perbedaan antara wibu dan otaku, dan mana yang lebih baik di antara keduanya ?
19 Fakta anak anime, animers, wibu, otaku dan sejenisnya
11 Sifat & Ciri-ciri cowok cewek otaku anime akut
11 Ciri-Ciri seorang wibu, vvibu, weeaboo

Artikel terkait

Persamaan & perbedaan antara anime dan kartun
4/ 5
Oleh

Leave your comment