Saturday, November 17, 2018

8 Cara mengatasi minecraft pe / pocket edition yang keluar sendiri (force close)

Game minecraft dari dulu hingga sekarang memang ngak ada matinya. Game minecraft pe, mcpe, minecraft pocket edition yang terinstall di hp anda. Terutama di hp android, terkadang mengalami bug dan crash. Sehingga dapat menyebabkan game minecraft tersebut menjadi sering force close (keluar sendiri), dan bahkan tidak bisa dibuka dan dimainkan sama sekali.

8 Cara mengatasi minecraft pe / pocket edition yang keluar sendiri (force close)

Sebenarnya mengapa hal tersebut dapat terjadi ?. Mengapa game minecraft pe sering keluar sendiri / force close / berhenti mendadak ?. Untuk penyebabnya, pada umumnya yang menjadi faktor utama penyebab force closenya game minecraft adalah.

1. Game minecraft yang tidak asli, tidak original / crack - mod
2. Ram hp sudah penuh
3. Hp terlalu panas / overheat
4. Hp kentang alias berspek rendah
5. File corrupt
6. Ada bug dalam game minecraft pe



Nah, itulah ke-6 penyebab utama yang menyebabkan game minecraft pe menjadi sering force close / keluar sendiri. Untuk mengatasi ini, simak saja penjelasannya di bawah ini . ..

# Cara mengatasi game minecraft pocket edition (mcpe) yang force close / keluar sendiri

1. Beli game minecraft yang asli dari google playstore

Game minecraft yang tidak orisinil, game bajakan hasil crack, mod dan sejenisnya. Maka wajar saja game minecraft pe yang bertipe ini akan sering mengalami force close. Karena sudah banyak kode dan file yang diubah. Sehingga menambah daftar bug, yang dapat menyebabkan game menjadi tambah sering ngecrash, dan force close.

Jika sebelumnya anda mendownload game minecraft bajakan dari berbagai situs asing. Cobalah untuk menabung dan membeli game minecraft di google playstore. Harganya cuma 99k rupiah, berlaku seumur hidup, gratis update terus lagi. Pokoknya mantap jiwa ..

2. Rajin-rajin bersihkan ram, cache dan junk file

Jika memori ram ataupun memori internal hp sudah menipis. Maka berbagai game dan aplikasi yang terdapat dihp anda, nantinya pasti tidak akan lancar ketika dibuka. Termasuk didalamnya yakni game minecraft pe ini.

Jika memori ram sudah penuh, maka otomatis game minecraft akan force close. Dan jika memori internal sudah menipis / kepenuhan. Maka game minecraft pastinya tidak dapat dibuka.

Jadi jangan lupa untuk rajin membersihkan ram, temporary cache, dan file yang tidak berguna pada hp anda. Dengan ini, pastinya bermain game minecraft pe akan menjadi lebih lancar.

3. Dinginkan hp

Jika hp sudah panas, maka otomatis game apapun yang anda mainkan akan menjadi ngelag dan bahkan sering force close. Hal ini terjadi karena adanya penurunan performa pada hardware hp android anda.

Untuk mengatasi ini ya berhenti sejenak main game minecraftnya. Atau jika anda masih ingin bermain game, ya dinginkan hp di depan kipas angin saja. Dengan cara ini ngegame pun dapat dilanjut dengan lancar, walaupun resikonya perut jadi kembung 🤣.

4. Hidupkan koneksi internet

Terkadang ada saja bug dalam game minecraft, dan juga dalam google play yang ada di hp android anda. Sehingga nantinya lisensi game tidak dapat terbaca dengan baik. Akibatnya, nanti game berbayar dan asli yang terisntall di hp anda akan terbaca sebagai game bajakan. Termasuk di dalamnya ya game minecraft pe ini.


Untuk mengatasi masalah ini, anda tinggal koneksikan saja jaringan internet. Lalu mulai buka game minecraft, dan jreng jreng, game minecraft yang error dan force close teruspun akan dapat dimainkan seperti sebelumnya.

5. Hapus data game minecraft

Menghapus data dalam game minecraft akan mereset semua setelan game menjadi seperti baru pertama kali terinstall. Dengan cara ini, otomatis jika anda menyimpan map game minecraft dalam aplikasi. Maka semua map yang sudah anda buat akan menghilang, dan juga semua skin dan texture dan template yang sudah anda download pun akan menghilang juga. Jadi tentunya anda harus mendownload ulang.

Jika anda ingin mengembalikan setelan minecraft agar tidak terjadi force close lagi / keluar sendiri. Coba saja pada smartphone android anda, masuk ke menu setelan - aplikasi terinstall - pilih minecraft - hapus data - hapus semua data. Dan jreng jreng, game minecraft pe pun akan dapat kembali dimainkan.

6. Tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang

Aplikasi lain yang berjalan di latar belakang dapat membebani kinerja game minecraft. Maka dari itu, saat bermain game minecraft pe, pastikan agar anda tidak membuka banyak aplikasi dan game sekaligus.

Buka game dan aplikasi satu-satu saja, tutup aplikasi yang lain dan hanya jalankan minecraft. Agar nantinya kinerja ram dan hardware di hp anda dapat berjalan secara maksimal.

7. Matikan sinkronisasi / hidupkan mode game

Matikan semua sinkronisasi yang berjalan di hp anda. Dan kalau perlu hidupkan fitur jangan ganggu, fitur hemat baterai, fitur game mode, atau game booster pada hp anda. Agar game minecraft pe dapat berjalan lancar, tanpa lag, macet dan force close lagi.

8. Ganti hp

Jika hp anda memang berspek rendah bin kentang binti potato. Jadi memang wajar jika game minecraft akan sering force close di hp android anda.

Solusi untuk mengatasi masalah ini ya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan cara berganti hp, atau membeli hp baru yang berspek tinggi. Misalnya ram 4gb, cpu quad qore, bla bla bla dan seterusnya. Dengan cara ini pastinya game minefraft pe akan berjalan lancar, wus wus, tanpa lag dan force close lagi.

Cukup sekian dulu, begitulah ke-8 Cara untuk mengatasi game minecraft pe / pocket edition yang keluar sendiri (force close). Semoga bermanfaat...

8 Cara mengatasi minecraft pe / pocket edition yang keluar sendiri (force close)
4/ 5
Oleh

Leave your comment