Sunday, November 18, 2018

9 Cara agar hp android tidak lemot saat internetan - 100% berhasil

Apapun jenis hp android dan jaringan provider selulernya. Jika yang menggunakan hp tersebut tidak smart, pastinya nanti akan banyak ditemui berbagai kendala didalam penggunaannya. Termasuk didalamnya yakni mengenai kelancaran dalam berinternetan.

Entah itu smartphone android anda bermerek samsung, xiaomi, huawei, oppo, asus, lenovo, dll. Dan entah itu provider seluler yang anda pakai, baik itu telkomsel, xl, axis, three, im3, indosat ooredoo, dan sebagainya. Jika anda sembarangan menggunakan smartphone android. Pastinya disaat internetan, anda akan sering mengalami yang namanya lemot, lelet bin lambat. Sehingga nantinya selalu saja loading disaat akan membuka situs, maupun streaming dan nonton video.



Nah, Untuk mengatasi masalah ini, agar internetan di hp android anda tetap kencang dan wus-wus, maka simak saja penjelasannya di bawah ini.

# Cara agar hp android tidak lemot saat internetan

1. Pastikan anda punya kuota dan pulsa

Pastikan anda masih memiliki kuota internet dan juga pulsa yang masih aktif. Jika anda lupa dengan masa habisnya kuota internet yang anda punya. Maka jangan heran, jika nantinya pulsa anda akan tersedot habis. Dan internetanpun akan berhenti ditengah jalan.

Jadi, sebelum anda berinternatan. Pastikan dulu sisa kuota internet / kuota data yang anda punya. Agar nantinya anda tidak menyesal karena sudah kehabisan pulsa 😂.

2. Cari tempat yang banyak sinyal internetnya

Jika anda ingin berinternatan dengan lancar, tanpa lemot dan sejenisnya. Maka carilah di tempat-tempat yang banyak sinyal internetnya. Cari tempat yang memiliki jaringan seluler yang full, full ping hijau.

Sehingga nantinya anda dapat berinternetan tanpa perlu kuatir terkena lemot lagi. Usahakan anda untuk menghindari ruangan yang tertutup dengan beton, karena sinyal di tempat model begini sangatlah buruk. Contoh mudahnya, jika didalam rumah anda sinyal internetnya jelek, coba internetan saja di teras depan rumah.

3. Gunakan browser yang ringan

Agar internetan tidak lemot dan ngelag lagi. Coba gunakan saja browser yang ringan, atau browser lite. Misalnya saja seperti opera mini, uc mini, dan sejenisnya. Kalau anda menggunakan google chrome, matikan pengaturan javascriptnya saja.

Akan tetapi, di beberapa situs. Ada yang tidak mengijinkan orang yang mengakses situsnya. Jika didalam browsernya ada adblock / mematikan javascript. Termasuk di situs ini 🤣.


4. Rajin bersihkan cache dan ram

Rajin-rajinlah meng-clear cache dan memori ram di hp android anda. Karena 70% penyebab lemotnya internetan di hp android, jika tidak karena masalah koneksi internet. Ya pasti karena masalah ram ini.

Jadi jangan biarkan ram di hp anda penuh sesak. Rajin bersihkan ram, agar browsingan dan streamingan / nonton video youtube menjadi semakin lancar. Tanpa perlu khawatir dengan lag, error, lemot dan lelet lagi.

5. Hindari overheat

Jika hp terlampau panas, maka internetan juga bisa menjadi lemot bin lambat. Untuk mengatasi masalah ini, ya dinginkan saja hp anda. Misalnya internetan di depan kipas angin, main game online di depan kipas angin, dan sejenisnya 😝.

6. Periksa konektivitas jaringan internet anda

Saat internetan, walaupun sinyal jaringan seluler dan sinyal internet sudah penuh. Dan kuotapun masih berGb-Gb, alias masih banyak. Terkadang disaat browsingan, disaat mengoneksikan ke internet. Maka internet tidak mau konek sama sekali, tidak ada respon.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena sedang adanya maintenance / perbaikan pada jaringan seluler pada provider yang anda gunakan. Jadi untuk mengatasi masalah ini, tidak ada cara lain selain menunggu sampai semua masalah di provider seluler yang anda pakai selesai diperbaiki.

7. Matikan aplikasi yang berjalan di background

Berbagai aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat membuat internetan menjadi lemot. Hal ini terjadi karena kinerja cpu, gpu, ram dan semua hardware hp terpecah-pecah atau terbagi-bagi. Sehingga nantinya, disaat anda berinternetan. Anda baru saja buka tab baru di browser, eh malah jadi lemot dan ngelag. Padahal tabnya tidak banyak.

Jadi, bijaklah dalam menggunakan aplikasi dan game. Hindari kegiatan multitasking disaat anda sedang berinternatan atau sedang main game online.

8. Matikan sinkronisasi

Proses sinkronisasi di hp android juga dapat membuat internetan menjadi semakin lemot. Hal ini terjadi karena konektivitas internet dibagi-bagi, dibagi antara proses sinkronisasi dan juga proses internetan yang anda lakukan.

Jadi untuk mengatasi masalah ini, matikan saja proses sinkronisasi. Hidupkan mode jangan ganggu, mode hemat baterai dan sejenisnya pada hp anda. Agar internetan nantinya berjalan dengan lancar, tanpa lemot lagi.

9. Gunakan jaringan wifi

Cara terakhir yang cukup ampuh untuk mengatasi kelemotan disaat internetan. Maka anda dapat menggunakan jaringan wifi yang tersedia di banyak tempat.

Mungkin anda dapat mencarinya diberbagai spot hotspot wifi gratisan. Misalnya seperti di balai desa, di taman kota, di kafe / warung wifi dan sejenisnya.

Cukup sekian dulu, begitulah ke-9 Cara agar hp android tidak lemot saat internetan. Semoga bermanfaat...

Artikel terkait

9 Cara agar hp android tidak lemot saat internetan - 100% berhasil
4/ 5
Oleh

Leave your comment