Sunday, November 25, 2018

Apa itu nyinyir ? Arti nyinyir dalam bahasa gaul, jawa, indonesia

Sebenarnya arti dari kata nyinyir itu apa sih ?. Kok banyak netizen di dunia maya, di sosial media yang seringkali menuliskan kata nyinyir ini. Apalagi di suatu postingan atau status yang bernada menyindir atau menyinggung pihak atau seseorang. Pasti ada saja yang berkomentar tentang nyinyir dan sebagainya.

Nah langsung saja, untuk penjelasan lengkapnya simak saja pengertiannya di bawah ini.

1. Arti kata nyinyir dalam bahasa jawa

Jujur saja, saya tidak pernah menemukan orang jawa yang di dalam kesehariannya mengucapkan kata nyinyir ini. Karena saya sendiri termasuk orang jawa, jadi bisa dibilang kata nyinyir ini menurut saya sama sekali tidak ada di dalam kosa kata bahasa jawa.



Paling sering orang cuma bilang ngrasani / rasan-rasan saja. Contohnya, ngrasani tonggone dewe (menggunjing tetangganya sendiri). Dan sejenisnya, jadi tidak ada kata nyinyir 😂.

2. Arti kata nyinyir dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Di KBBI sendiri, ternyata nyinyir memiliki arti atau makna "mengulang-ulang perintah atau permintaan" dan juga "nyenyeh, cerewet".

Jadi bisa dibilang orang yang cerewet, orang yang banyak bacot, orang yang suka mengulang-ngulang kata atau permintaan sebagai orang yang suka nyinyir. Jadi jauh sekali arti kata nyinyir ini dengan kata menghibah, menggunjing, menyindir atau juga mengkritik. Sungguh di luar ekspektasi orang-orang / netizen di luar sana 😂.

Contoh pengunaan kata nyinyir : Bosan aku mendengarkan nyinyiran temanku, Tiap hari dia curhat gitu-gitu terus. Lama-lama aku jadi kesal sendiri.


3. Arti kata nyinyir dalam bahasa gaul

Para netizen dan kebanyakan orang menganggap nyinyir ini sama artinya dengan menggunjing, menyindir atau mengkritik suatu pihak atau seseorang. Jadi bisa dibilang, si tukang nyinyir ini menurut para netizen artinya sama saja dengan tukang gosip, tukang sebar aib orang, tukang kritik dan menggunjing orang lain. Orang yang banyak bacot, suka ngomel, bawel dan bisanya cuma menjelekkan dan mencari-cari kesalahan pihak atau orang lain saja.

Ya, begitulah gan. Pengertian kata nyinyir dalam berbagai bahasa, baik itu dalam bahasa indonesia maupun dalam bahasa gaul. Jika ada salah mohon diluruskan, dan memberikan pendapat dalam kotak komentar. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat.

Apa itu nyinyir ? Arti nyinyir dalam bahasa gaul, jawa, indonesia
4/ 5
Oleh

Leave your comment