Saturday, November 24, 2018

5 Cara mengatasi lag dan menambah fps minecraft pe / mcpe android

Game minecraft pe (pocket edition) / mcpe di android, terkadang sering mengalami lag dan drop atau turun fps. Hal ini tentunya disebabkan atau terjadi karena beberapa hal. Misalnya yang paling sering menjadi masalah adalah hp android yang tidak mendukung dengan spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk memainkan game minecraft. Ya, bisa dibilang hp berspek kentang sering mengalami masalah lag disaat memainkan game minecraft pe ini.



Untuk mengatasi masalah ini, yakni untuk mengatasi lagnya game minecraft pe. Untuk mengurangi penurunan fps pada game minecraft pe, untuk mempercepat laju game dan menambah fps pada game minecraft pocket edition android. Simak saja penjelasannya di bawah ini.

# Cara mengatasi lag dan menambah fps pada game minecraft pe android

5 Cara mengatasi lag dan menambah fps minecraft pe / mcpe android

1. Rajin-rajin bersihkan ram

Ini dia penyebab utama yang seringkali membuat game minecraft pe jadi lag saat dimainkan. Yakni ram hp yang sudah menipis atau kepenuhan karena digunakan oleh berbagai aktivitas anda sebelumnya. Entah itu dari aktivitas ngegame, internetan, buka aplikasi dan sebagainya.

Jika ram hp android anda sudah penuh, maka otomatis disaat anda memainkan game minecraft. Maka game minecraft pe ini akan langsung ngelag, langsung turun fpsnya. Bahkan tak jarang malah jadi ngebug, karakter game jadi berjalan lambat, dan ujung-ujungnya game minecraft pe jadi keluar sendiri / force close.

Maka dari itu, sebelum anda main game minecraft pe di android. Bersihkanlah ram hp terlebih dahulu, dan tutup semua game dan aplikasi lain yang berjalan di latar belakang. Agar ram hp anda menjadi lebih lega, dan main game minecraft pun nantinya akan berjalan dengan lancar. Tanpa lag, macet, ngebug, ngeglitch, dan force close lagi.

2. Jauhi map dekat laut

Entah mengapa disaat memainkan game minecraft pe di android. Setibanya saya di dekat laut. Fps game minecraft pe ini langsung turun bin ngedrop, dan otomatis game jadi ngelag.

Hal ini terjadi karena game minecraft sedang meload map di lautan yang begitu luas. Karena lautan seringkali luas dan tak berujung, akibatnya ya gitu. Game minecraft tiba-tiba jadi berat dan ngelag.

Jadi untuk memainkan game minecraft dengan lancar, maka bagi anda yang menggunakan hp android yang pas-pasan. Sebisa mungkin jauhi yang namanya lautan, pasalnya walaupun saya menggunakan hp ber ram 3GB sekalipun. Dengan game minecraft versi 1.7, kalau di dekat laut. Bawaanya ya selalu ngelag dan turun fpsnya.


3. Gunakan minecraft pe dengan versi yang berbeda

Jika anda memainkan game minecraft pe versi 1.8, atau versi 1.7 dan masih ngelag juga saat dimainkan. Maka cobalah anda untuk memainkan game minecraft pe versi dibawahnya, misalnya minecraft pe versi 1.5+ dan sejenisnya.

Dan jangan lupa untuk memcoba game minecraft pe yang full version, jangan main game yang masih alpha, beta dan sejenisnya. Karena game yang seperti ini masih banyak bugnya, jadi wajar jika sering mengalami error dan ngelag. Begitu juga dengan game minecraft bajakan, game hasil crack, dan juga game minecraft mod. Semuanya banyak bugnya, sehingga mudah sekali ngebug, ngelag dan ngecrash.

4. Setting pengaturan graphic game ke versi rendah

Agar game minecraft berjalan lebih lancar, coba setting pengaturan video pada game minecraft pe. Jangan hidupkan fancy graphic, render cloud dan sejenisnya. Jika hal ini dilakukan, maka rasio lag pada game minecraft pe ini akan berkurang drastis. Begitu juga dengan pengaturan sound / suara. Jika suara pada game minecraft pe dimatikan, maka game minecraft akan berjalan lebih lancar, lebih cepat, tanpa lag dan drop fps lagi.

5 Cara mengatasi lag dan menambah fps minecraft pe / mcpe android

Yang paling penting lagi, jika hp android anda berspek rendah. Jangan coba-coba anda untuk menggunakan texture dan juga shader untuk game minecraft pe. Karena bisa di tebak akhirnya, pasti game minecraft anda akan jadi ngelag, dan paling parah malah force close.

5. Gunakan hp dengan bijak

Jangan main game minecraft pe sambil ngecas hp, jangan main game minecraft saat baterai tinggal sedikit (dibawah 20%), jangan main game minecraft saat suhu hp sudah terlampau panas (overheat). Karena semua hal yang tersebut diatas dapat membuat game minecraft yang anda mainkan menjadi ngelag dan force close.

Jadi anda harus bijaksana dalam menggunakan smartphone android. Jangan seenaknya sendiri waktu main game. Jika sembarangan, bukan hanya gamenya saja yang ngelag dan force close. Yang lebih parah, bisa jadi malah hpnya yang bootloop dan rusak.

Ya, begitu saja cara untuk mengatasi dan menghilangkan lag pada game minecraft pe di android. Untuk info lainnya coba baca-baca artikel lain di bawah ini.

# Baca juga :

8 Cara mengatasi minecraft pe / pocket edition yang keluar sendiri (force close)
9 Cara mempercepat hp android yang lemot, lelet bin ngelag
8 Cara agar hp tidak cepat panas saat main game dan internetan
Kenapa hp lemot padahal aplikasi sedikit ? Penyebab & cara mengatasinya !!
Cara mendinginkan hp android yang panas karena internetan & main game (xiaomi, samsung, asus, lenovo, sony, dll)
Cara mudah mengatasi hp cepat panas dan batre / baterai cepat habis (boros)
8 Penyebab game lag di android dan cara mengatasinya
13 Cara mengatasi lag saat bermain game AOV (Arena Of Valor) yang patah-patah, ping merah, dc, dll
Penyebab dan Cara mengatasi lag saat bermain game online android

5 Cara mengatasi lag dan menambah fps minecraft pe / mcpe android
4/ 5
Oleh

Leave your comment