Monday, November 12, 2018

Apa itu sinkronisasi di android ? Arti sync, auto sync, sinkronisasi dan cara kerjanya

Di hp android ada istilah yang bernama sinkronisasi, atau jika di dalam bahasa inggris anda lebih mengenalnya dengan istilah sync / synchronization (synchronize). Anda dapat menemui fitur sinkronisasi ini pada pengaturan atau setelan smartphone android anda.

Nah mungkin anda pernah bertanya-tanya, sebenarnya apasih sinkronisasi ini ?, Bagaimana cara kerja fitur sinkronisasi di hp android ?. Dan apa manfaatnya untuk hp android anda ?. Berikut penjelasan singkatnya . . .

1. Apa itu sinkronisasi ?

Secara harafiah, sinkronisasi dapat diartikan juga sebagai penyamaan, penyelarasan atau penyesuaian.

Pada kasus penyingkronan atau sinkronisasi pada hp android ini. Maka sinkronisasi yang dimaksud adalah penyelarasan data yang ada di dalam hp android anda dengan data yang ada di server pihak terkait. Misalnya seperti google, akun mi dan sebagainya.



2. Apa itu auto sync pada android ?

Auto sync sebenarnya merupakan singkatan dari kata "Automatic synchronization", yang dapat diartikan juga sebagai sinkronisasi otomatis.

Jadi, jika fitur auto sync ini anda hidupkan. Maka setiap anda mengaktifkan koneksi internet, maka proses sinkronisasi pun akan langsung dilakukan. Tanpa perlu persetujuan dan pengecekan lagi (manual).

3. Cara kerja sinkronisasi di android

Cara kerja dari fitur sinkronisasi ini cukup mudah untuk dimengerti. Pada dasarnya fitur sinkronisasi ini adalah proses penyelarasan data anda yang ada di hp dengan server pihak terkait yang anda pakai. Istilah mudahnya seperti simpan data dan backup data online begitulah.


Jadi nantinya data yang ada di hp anda akan di copy, lalu di upload ke server penyimpanan pihak terkait. Atau juga sebaliknya, data yang ada di server di unduh dan dimasukkan ke hp android anda. Sehingga nantinya ada kesamaan diantara data yang ada di hp dan di server (tempat penyimpanan data online) pihak terkait.

4. Contoh proses sinkronisasi di android

Misalnya jika anda punya akun google, saat fitur sinkronisasi diaktifkan. Maka seluruh data yang ada di dalam hp anda dapat di backup ke server milik google. Misalnya seperti data bookmark pada google chrome anda, foto-foto anda, dan sebagainya. Semuanya dapat disimpan di server google sana.

Sehingga nantinya, jika anda berganti hp, anda aktifkan fitur sinkronisasi di hp lain. Maka semua data yang sudah anda backup dapat anda munculkan seketika di hp baru atau hp android lain yang anda gunakan.

Begitupula dengan sinkronisasi dengan akun opera. Jika sinkronisasi diaktifkan, maka bookmark anda di aplikasi opera / opera mini akan tersimpan di server opera sana. Sehingga jika anda ganti hp, atau tidak sengaja menghapus opera browser. Maka data browsingan anda, data bookmark, history dan sebagainya tidak akan hilang begitu saja.

Contoh lainnya dalam proses sinkronisasi mi akun. Anda juga dapat membackup nomor hp, isi pesan, photo dan sebagainya pada server mi. Sehingga nantinya nomer hp, isi pesan, photo dan sebagainya tidak akan hilang ketika terhapus. Dengan sinkronisasi akun mi ini juga, anda dapat melacak lokasi terakhir hp, melock / mengunci hp dan sejenisnya. Jadi sangat membantu jika hp android anda hilang atau di curi.

Yap, cukup sekian dulu. Begitulah pengertian dari proses sinkronisasi / sync pada hp android beserta cara kerjanya. Semoga bermanfaat.

Apa itu sinkronisasi di android ? Arti sync, auto sync, sinkronisasi dan cara kerjanya
4/ 5
Oleh

Leave your comment