Tuesday, November 13, 2018

Keuntungan dan kerugian sinkronisasi di android

Setelah kemarin saya membahas mengenai pengertian dan cara kerja dari proses sinkronisasi di hp android. Selanjutnya kali ini saya akan membahas mengenai keuntungan (manfaat) serta kerugian dari proses sinkronisasi yang dilakukan di hp / smartphone android yang anda punya. Langsung saja . .

# Manfaat / keuntungan sinkronisasi di android

1. Membackup data secara online

Dengan menggunakan fitur sinkronisasi di hp android ini. Baik itu sinkronisasi dengan akun google, akun mi/xiaomi, dan sejenisnya. Maka dengan ini anda tidak perlu lagi khawatir kehilangan data seputar nomor telepon, pesan, event di kalender, catatan, foto, video, dokumen dan berbagai konten lainnya. Karena anda dapat membackup semua data pribadi anda ke server milik google, atau ke server pihak lainnya secara online.



Jadi, jika sewaktu-waktu hp android anda direset ke setelan pabrik, atau ada file yang tidak sengaja terhapus. Maka anda dapat mendapatkan semua file yang hilang tadi dengan mudah.

2. Dapat melacak lokasi hp yang hilang

Dengan memanfaatkan fitur sinkronisasi ini, anda juga dapat melacak lokasi terakhir kali hp mendapatkan sinyal internet. Atau dengan kata lain tempat terakhir hp anda digunakan. Misalnya tempat terakhir digunakan saat browsing dengan google chrome, dan sejenisnya.

Sehingga, disaat hp anda hilang, anda dengan kemungkinan kecil dapat melacak lokasi keberadaan hp anda yang hilang tadi berdasarkan data yang ada di akun google, akun mi, dan sejenisnya.

Untuk memulai proses sinkronisasi, biasanya anda dapat menemuinya pada pengaturan setelan di hp android yang anda miliki.

3. Mendapatkan tempat penyimpanan online secara gratis

Dengan sinkronisasi akun google, anda dapat mendapatkan tempat penyimpanan online secara gratis. Misalnya dengan memanfaatkan fitur googledrive. Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengupload file atau menyimpan file yang anda punya ke internet.

4. Dapat mengcopy data browser

Dengan proses sinkronisasi juga, semua data browser. Mulai dari history, booomark dan sebagainya dapat disimpan secara online. Jadi jika sewaktu-waktu anda menggunakan hp android lain. Atau anda menggunakan komputer dan laptop. Disaat anda browsing dengan chrome atau opera. Anda tinggal login dengan akun google atau opera, maka semua data history dan bookmark anda akan langsung muncul di hp / komputer yang baru anda pakai.

# Kerugian / dampak buruk sinkronisasi di android

1. Buang-buang kuota

Proses sinkronisasi, apalagi backup data secara online. Tentunya hal ini memerlukan kuota data / kuota internet yang tidak sedikit. Bagi orang-orang kismin kuota seperti saya, tentunya hal ini adalah hal yang sangat merugikan 😂.

Karena setiap saat koneksi internet dihidupkan, dan proses sinkronisasi berjalan. Maka disaat itulah kuota internet kita menjadi teresedot. Kalau kurang beruntung mungkin ya tersedot sampai habis. Apalagi jika anda menghidupkan proses sinkronisasi otomatis, tambah parah jadinya.


2. Memperlambat proses permainan game online

Ya, karena dalam proses sinkronisasi membutuhkan koneksi internet. Jadi jangan heran disaat anda main game online, dan anda tetap saja menghidupkan proses sinkronisasi. Maka game online yang anda mainkan akan menjadi lemot, ngelag bin lelet. Dan paling parah jika main game moba seperti aov / mobile legend. Maka anda tentunya akan semakin sering mengalami afk.

Hal tersebut terjadi karena kuota internet anda terbagi-bagi. Sebagian buat game online, dan sebagian dicuri proses sinkronisasi. Jadi wajar jika game jadi lemot.

3. Keamanan data kurang terpercaya / aman

Jika hp anda hilang, hp anda tidak di lock atau dikunci. Maka semua data-data yang ada di hp android anda akan dengan mudah di lihat dan dibajak oleh si penemu atau si pencuri hp tadi.

Jadi, ibaratnya akun google anda masih aktif di hp tersebut. Otomatis semua data, seperti akun google drive, gmail, akun sosmed, dan sebagainya. Jika semua proses sinkronisasi masih aktif. Tentunya semuanya akan segera berakhir. Semua akun anda akan di bobol oleh si pencuri tadi. Mulai dari akun google, sosmed, dll. Semuanya telah terhek. 😭

Maka dari itu, Saran saya, jika anda mengaktifkan proses sinkronisasi di hp android anda. Jangan lupa anda untuk mengunci hp dan juga berbagai aplikasi yang penting. Lock atau kunci dengan sandi atau pola yang tidak pasaran, atau kalau perlu kunci dengan fingerprint sekalian, biar makin aman.

Cukup sekian dulu, begitulah beberapa manfaat, keuntungan dan kerugian dari sinkronisasi di hp android. Semoga bermanfaat . . .

Keuntungan dan kerugian sinkronisasi di android
4/ 5
Oleh

Leave your comment