Wednesday, November 28, 2018

Cara agar lancar bermain game online di hp android tanpa lag, macet / patah-patah & afk

Didalam bermain game online di android, tentunya anda haruslah memperhatikan berbagai faktor yang ada. Agar nantinya game online yang anda mainkan tidak menjadi lag, macet, patah-patah dan parahnya malah force close atau keluar sendiri.

Untuk memainkan game online dengan lancar di hp android, pada dasarnya hanya perlu memperhatikan beberapa hal yang tersebut di bawah ini.

# Faktor penyebab lagnya game online di android dan cara mengatasinya

1. Spesifikasi smartphone android

Hp android yang berspesifikasi rendah, memiliki kualitas hardware yang pas-pasan, alias hp kentang. Maka wajar saja disaat anda memainkan game online dengan menggunakan hp kentang. Pastinya nanti akan sering mengalami yang namanya lag, macet, patah-patah dan force close.



Untuk mengatasi masalah ini, tentunya anda haruslah memainkan game online yang sesuai dengan spesifikasi hp android yang anda miliki. Jangan memaksakan diri untuk memainkan game online yang berat-berat, apalagi game online yang memiliki graphic hd.

Untuk solusi yang terbaik, ya anda tinggal beli hp baru saja. Hp yang memiliki spesifikasi yang lebih baik 😂.

2. Spesifikasi game online

Nah, seperti yang tersebut diatas. Jika anda nekat memainkan game online HD di hp kentang. Pastinya hp anda akan sering mengalami error, game jadi lag, game suka keluar sendiri, hp tiba-tiba ngerestart sendiri, dan parahnya malah bootloop :v.

Jadi sesuaikanlah hp dengan game online yang ada. Jika anda masih memaksa, maka ubah pengaturan game ke mode minimal. Misalnya dengan settingan graphic & partikel game yang rendah, serta tanpa suara. Dengan ini semoga saja game online yang anda mainkan jadi sedikit lancar.

3. Memori RAM

Jika memori ram sudah penuh, maka otomatis game apapun yang anda mainkan. Baik itu game offline atau game online, maka game tersebut pastinya akan sering mengalami lag, drop / turun fps dan tak jarang malah force close.

Jadi, untuk mengatasi masalah ini. Ya tinggal rajin-rajin saja anda membersihkan Ram di hp android anda.

4. Memori internal

Memori internal yang sudah penuh juga dapat menyebabkan game dan berbagai aplikasi android tidak bisa dibuka atau dijalankan. Jadi, sebelum menginstall game atau aplikasi baru di hp android anda. Pastikan agar ada ruang sekian GB di memori internal hp android anda. Agar nantinya game android dapat dijalankan dengan lancar.

Yang lebih baik lagi, simpan saja semua foto, video dan file yang ada di hp android anda pada memori eksternal. Agar nantinya semua file tersebut tidak menjadi beban didalam memori internal.

Jika anda tidak memiliki memori eksternal. Maka tinggal hapus saja berbagai junk file, dan berbagai file lainnya yang dirasa sudah tidak digunakan / dibutuhkan.

Dan jangan lupa juga anda untuk rajin-rajin membersihkan temporary cache di hp android anda. Agar nantinya memori internal hp menjadi lebih lega.

5. Suhu hp android

Suhu hp android yang terlampau panas juga dapat membuat game online yang anda mainkan menjadi ngelag. Untuk mengatasi masalah ini, tinggal dinginkan saja hp android anda. Misalnya main game online di ruangan ber-AC. Atau jika anda tidak punya ac, ya tinggal main di dekat kipas angin saja. Btw perut kembung ditanggung penumpang 🤣.


6. Kapasitas daya baterai

Jika anda bermain game online pada hp android yang sedang lowbat. Misalnya hanya tersisa daya baterai sebesar 10-20 %, maka hal ini juga dapat membuat game menjadi lag.

Agar game online di android dapat berjalan dengan lancar saat dimainkan. Maka pastikan sisa daya baterai di hp android anda masih banyak / penuh. Jadi, jiia baterai sudah lowbat, rehat dulu main gamenya, isi daya baterai. Kemudian jika sudah penuh, lanjut lagi mainnya.

7. Kualitas jaringan / koneksi internet

Koneksi internet yang tidak stabil, jaringan internet dan sinyal selalu naik turun, Ping selalu saja merah terus. Hal ini tentunya sangat berdampak pada aktivitas permainan game online yang sedang anda mainkan.

Jika koneksi internet tiba-tiba turun, maka otomatis game online yang anda mainkan ya jadi ngelag, macet dan patah-patah. Parahnya lagi, jika anda bermain game moba seperti aov, mobile legend, kog, dan sejenisnya. Maka anda pastinya langsung jadi afk. Dan jika anda main game semisal pubg, free fire, toram, dll, maka pastinya anda juga akan langsung mati / game over.

Untuk mengatasi masalah ini, jika koneksi internet tiba-tiba jadi jelek. Gunakan saja jaringan wifi, anda bisa tetheringan dengan hp teman yang sinyalnya baik dan wus wus.

Jika masalah jaringan masih terus berlanjut, ganti saja kartu simcard yang anda pakai. Ganti dengan provider seluler yang memiliki jaringan sinyal internet yang baik dan berjalan lancar di sekitar daerah anda tinggal.

8. Widget, sinkronisasi dan aplikasi latar belakang

Jika anda bermain game online. Maka matikan semua proses sinkronisasi, dan segala aktivitas aplikasi yang berjalan di latar belakang. Termasuk didalamnya ya berbagai app widget yang aktif di hp android anda.

Jika ke 3 hal yang tersebut diatas masih aktif disaat anda main game online. Pastinya bisa ditebak, ujung-ujungnya game online yang anda mainkan pasti jadi ngelag.

Yap, cukup sekian dulu. Begitulah kiranya berbagai faktor penyebab lagnya game online di hp android. Serta berbagai cara untuk mengatasinya, agar nantinya game online yang di mainkan di hp android dapat berjalan dengan lancar, tanpa lag, macet dan patah-patah lagi. Semoga bermanfaat . .

Cara agar lancar bermain game online di hp android tanpa lag, macet / patah-patah & afk
4/ 5
Oleh

Leave your comment