Tuesday, November 20, 2018

Ini dia 11 penyebab rasa malas yang sering muncul dalam diri

Rasa malas seringkali menghinggapi manusia. Tidak peduli dari kalangan manapun, tidak peduli pangkat dan jabatan, tidak peduli umur, muda atau tua. Pasti semuanya pernah mengalami yang namanya rasa malas ini. Misalnya saja seperti perasaan malas dalam belajar, malas bekerja, malas beraktivitas dan sebagainya. Parahnya, bahkan ada orang yang sampai kebablasan membiarkan kemalasan yang ada di dalam dirinya. Sehingga nantinya ia malah menjadi seorang yang pemalas.

Nah, sebenarnya apasih yang menyebabkan seseorang menjadi merasa malas ?. Kenapa diri kita dapat merasakan rasa malas terhadap sesuatu ?. Berikut jawabannya . . .

# Penyebab munculnya rasa malas dalam diri

1. Terlalu berlebihan dalam melakukan sesuatu

Jika seseorang sudah berlebihan dalam melakukan sesuatu. Misalnya setiap hari selalu melakukan yang itu-itu saja. Maka sudah wajar suatu saat seseorang yang melakukan kegiatan yang monoton, lama-kelamaan mereka akan merasa bosan. Dan ujung-ujungnya pasti akan merasa malas.



2. Terlalu cinta dengan sesuatu

Jika orang sudah terlampau cinta dengan sesuatu. Maka pekerjaan yang lainnya akan sangat malas untuk dikerjakan. Misalnya jika ada orang yang sudah kecanduan dengan game. Disaat ia sedang main game, Maka jangan heran, mereka akan enggan untuk melakukan apapun selain ngegame. Mereka jadi malas dengan kegiatan lainnya, baik itu belajar, bekerja, dan sebagainya.

3. Kurangnya motivasi diri

Kurangnya motivasi diri, kurangnya semangat dalam hidup, juga dapat menyebabkan seseorang menjadi merasa malas. Jika didalam diri tidak ada semangat hidup, maka apapun yang mau dilakukan pasti akan menjadi berat. Bahkan akan merasa malas untuk melakukan apapun.

4. Tidak punya tujuan hidup yang jelas

Sama seperti yang diatas, jika seseorang tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Ia tidak punya cita-cita yang ingin di wujudkan. Maka orang yang seperti ini akan cenderung lebih malas daripada kebanyakan orang yang memiliki tujuan dan cita-cita dalam hidupnya.

Bayangkan saja seseorang yang ingin bercita-cita menjadi seorang guru. Pasti ia akan sering belajar dan giat berusaha untuk menggapai impiannya. Hal ini sangat berbeda dengan orang yang tidak punya tujuan hidup dan kurang motivasi diri. Pasti mereka ujung-ujungnya main terus, tiduran terus, nganggur ngak jelas.

5. Terlalu pasrah dalam kehidupan

Seseorang yang terlalu pasrah dalam hidup juga dapat menyebabkan diri menjadi malas. Mereka menganggap apa yang sudah terjadi adalah takdir dari yang diatas, tanpa perlu berusaha untuk merubah atau menggapai takdir yang lebih baik. Jadinya, orang yang terlalu pasrah, ujung-ujungnya ya malas berusaha dalam hal apapun.

6. Kurang disiplin

Kurangnya rasa disiplin juga dapat menyebabkan seseorang menjadi merasa malas. Kata pepatah sih, "semakin anda menunda melakukan sesuatu, maka semakin malas pula anda mengerjakan sesuatu tersebut".

Jadi, jika anda sering menunda-nunda sesuatu, sering ngaret, pasti ujung-ujungnya ya jadi malas.

7. Masa bodoh / kurang kesadaran diri

Seseorang yang acuh tak acuh dan terlalu masa bodoh dengan sesuatu. Hal ini juga dapat memicu munculnya rasa malas dalam diri. Misalnya jika anda tidak peduli dengan apapun, anda sering bermalas-malasan di rumah, tiap hari online terus, ngewibu terus. Ya pasti ujung-ujungnya jadi tambah malas.

8. Sudah menjadi kebiasaan

Seperti yang sudah tersebut diatas. Apabila anda sudah terbiasa dengan kemalasan, maka kemalasan tersebut akan menjadi tabiat atau perilaku yang melekat pada diri anda. Jadi, jika anda sudah terjebak di zona nyaman, anda sudah terbiasa nyantai dan bermalas-malasan. Maka wajar jika setiap hari rasanya anda akan menjadi malas untuk melakukan sesuatu.


9. Kondisi tubuh yang kurang fit

Kondisi tubuh yang tidak fit juga dapat mempengaruhi kondisi psikis seseorang. Orang yang jarang berolahraga misalnya, mereka akan sering merasa lemas, letih dan lelah. Bawaannya pengen duduk nyender, ingin tiduran, dan ujung-ujungnya bermalas-malasan.

10. Terlalu banyak ngemil

Terlalu banyak makan dan ngemil juga dapat menyebabkan seseorang menjadi merasa malas. Jika perut sudah kekenyangan, maka otomatis mata akan menjadi ngantuk. Dan bisa ditebak akhirnya, pasti kalau ngak tiduran, ya bawaannya badmood, ngak mau melakukan apapun / malas.

11. Terlalu banyak tidur

Terlalu sering tidur juga dapat menyebabkan seseorang menjadi merasa malas. Jika anda seringkali tidur atau tiduran, lama kelamaan tubuh anda akan menjadi lemas. Tubuh merasa tidak enak jika tidak tiduran. Jadinya ya gitu, ujung-ujungnya jadi malas.

Ya begitulah ke-11 penyebab utama munculnya rasa malas dalam diri. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat.

# Baca juga :

22 Cara menghilangkan rasa malas dalam bekerja - [pengangguran masuk]
Cara mudah mengatasi & menghilangkan rasa malas belajar - Dijamin sukses dan ampuh
Cara melawan, mengatasi, menghilangkan rasa malas (pada anak, belajar, bekerja, beribadah)
Cara menghilangkan kebiasaan susah bangun pagi
Mau ngeblog tapi males | penyebab, solusi & cara mengatasi rasa malas dalam ngeblog (menulis artikel)
Kata kata malas lucu, kata sindiran dan motivasi untuk orang pemalas

Ini dia 11 penyebab rasa malas yang sering muncul dalam diri
4/ 5
Oleh

Leave your comment