Saturday, December 1, 2018

5 Dampak positif dan negatif hoax - Manfaat dan kerugian berita hoax

Anda tentunya sudah mengetahui tentang apa itu hoax ?. Lebih simpelnya hoax ini adalah berita palsu, berita bohong yang tidak jelas sumber atau asal usulnya. Nah, tahukah anda sebenarnya berita bohong bin hoax ini sangat merugikan ?. Dan tahukah anda bahwa sebenarnya hoax ini juga menguntungkan ?.

5 Dampak positif dan negatif hoax - Manfaat dan kerugian berita hoax

Untuk selengkapnya, berikut dampak negatif dan positif dari adanya berita hoax.

# Dampak negatif dari berita hoax / Kerugian dari adanya hoax

1. Merugikan orang atau pihak tertentu

Sudah jelas adanya, jika berita palsu, berita bohong, ujaran kebencian yang ditujukan kepada seseorang, kelompok, organisasi atau sesuatu (misal produk makanan, minuman, barang, dll). Semuanya dapat membuat orang, kelompok, atau sesuatu yang tertuduh menjadi terlihat buruk di mata banyak orang / masyarakat.



Reputasi seseorang, pihak tertentu atau sesuatu akan menjadi hancur akibat dari adanya berita hoax ini. Jika anda turut serta menyebarkan berita yang tidak jelas asal-usulnya. Maka sudah dapat dipastikan, anda akan menjadi seorang pemfitnah. Seorang yang berperan dalam meruntuhkan reputasi seseorang, reputasi suatu kelompok, maupun seseorang yang berperan dalam membuat perpecahan di tengah-tengah masyarakat. (Baca juga : Apa itu hoax ? pengertian, ciri, contoh, dan tujuan penyebaran berita hoax (hoaxs, hoak, hoaks))

2. Fakta tidak lagi dipercaya

Jika berita hoax sudah menyebar sedemikian luasnya. Apalagi di era digital ini, dimana dengan mudahnya berita hoax mudah menyebar dengan hanya bermodalkan sekali klik dari hp dan akun sosmed anda.

Maka sudah bisa di tebak, jika kebohongan sudah menyebar, kebohongan sudah dianggap biasa, maka kebohongan itu juga yang akan menjadi suatu kebenaran. Sehingga berita atau info yang benar adanya, info yang sesuai fakta tidak akan lagi dipercaya. Tidak akan lagi mau didengarkan oleh masyarakat luas di luar sana.

3. Terjadi perpecahan

Jika berita hoax sudah menyebar luas. Masyarakat menjadi terpecah belah. Ada yang mendukung kubu ini, ada yang mendukung kubu itu. Akhirnya bisa ditebak, perpecahan pasti terjadi dimana-mana.

Bisa anda lihat di sosial media. Banyak sekali berbagai jenis orang yang saling mencaci maki karena membela sesuatu atau pemahaman yang sesuai dengan hati dan pola pikirnya. Tanpa peduli dengan kebenaran berita yang mereka terima. Mereka langsung saja saling menghujat, saling baku hantam, dan ngotot dengan apa-apa yang dipahaminya.

4. Masuk penjara

Ya, hal ini memang benar adanya. Jika anda memiliki akun sosial media (facebook, instagram, twitter, dll). Anda aktif internetan, anda suka chattingan di wa, dll. Janganlah anda mudah untuk ngeshare info yang ngak jelas asal-usulnya.


Jika anda menemui berita yang bernada share, like, amin dan sejenisnya. Jangan langsung diterima mentah-mentah begitu saja. Baca dan pahami dulu isi dari berita yang anda temui. Cek dulu sumber kebenaran beritanya.

Jika anda sembarangan menyebar info yang ngak jelas. Maka jangan heran, suatu waktu anda mungkin dapat terciduk, anda dapat ditangkap oleh pak polisi. Karena anda sudah ikut andil di dalam menyebarkan berita hoax, berita palsu, ujaran kebencian yang membahayakan bagi seseorang atau pihak tertentu.

# Dampak positif berita hoax / Manfaat berita hoax

Saya rasa berita hoax ini lebih banyak dampak buruknya alias sangat merugikan. Yang mendapatkan untung dari adanya berita hoax ini, palingan hanya segelintir orang saja. Misalnya reputasi seorang rival akan naik, seseorang dapat uang haram dari tebar berita hoax, sebagian pengusaha jadi untung besar, dll.

Ya pada dasarnya hal ini, yakni berita hoaks adalah seseuatu yang sangat merugikan. Jadi anda harus berhati-hati dalam menerima info atau berita. Sebelum menerima informasi atau sesuatu, jangan lupa untuk dicek dulu kebenarannya. Agar nantinya anda tidak menyesal di kemudian hari. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . ..

5 Dampak positif dan negatif hoax - Manfaat dan kerugian berita hoax
4/ 5
Oleh

Leave your comment