Thursday, December 27, 2018

8 Cara menyegarkan pikiran agar otak tetap fresh

Ditengah kehidupan dunia, di tengah hiruk-pikuknya kehidupan. Di dalam kegiatan belajar mengajar, sekolah, bekerja, berkeluarga, bermasyarakat dan sebagainya. Terkadang dari berbagai aktivitas yang kita lakukan tersebut dapat membuat otak kita menjadi lesu, tidak semangat, bawaannya ngantuk, lemes, dan terkadang malah jadi pusing dan stres.

8 Cara menyegarkan pikiran agar otak tetap fresh

Nah, pertanyaannya adalah. Bagaimanakah caranya agar pikiran kita selalu segar, tetap fresh di segala situasi dan kondisi ?. Berikut jawabannya.

# Cara menyegarkan pikiran agar otak tetap fresh

1. Selalu berpikiran positif

Ya, langkah awal agar otak kita selalu fresh, dan pikiran kita agar selalu sehat dan segar. Yakni dengan cara yang satu ini, dengan cara berpikiran positif.

Buang semua pikiran negatif yang ada di dalam pikiran anda. Jalani hidup anda dengan penuh kebahagiaan. Pikirkan yang baik-baik atau positifnya saja. Segala kemungkinan terburuk, bayangan negatif dan sebagainya, sebisa mungkin anda tekan. Dalam artian tetap dipikirkan tapi tidak perlu terlalu di anggap serius.

Dengan cara ini, maka hari-hari anda akan dipenuhi dengan segala hal yang positif dan membahagiakan.



2. Selalu bersyukur

Rasa syukur kepada apa-apa yang sudah diberikan Tuhan kepada kita. Semua nikmat yang dilimpahkan kepada kita. Mulai dari anggota tubuh yang lengkap. Semua indra yang berfungsi, kemampuan bernafas, merasa, makan, minum, berjalan dan sebagainya. Syukuri semua apa-apa yang terjadi dalam kehidupan anda.

Karena dengan bersyukur, maka nikmat pun akan ditambahkan dan dicurahkan lagi dan lagi kepada anda. Jadi jalani hidup anda dengan penuh rasa syukur, jangan mengeluh terus. Maka pikiran anda akan menjadi selalu sehat dan segar, Jauh dari yang namanya pusing dan stres.

3. Relaksasi

Relaksasi apapun itu caranya. Yang penting masih masuk kedalam ranah hal yang positif. Misalnya seperti istirahat sejenak, ngopi sejenak, rekreasi ke berbagai tempat yang indah, bermain bersama hewan peliharaan, dan sebagainya.

Pokoknya rehat sejenaklah dari segala aktivitas kehidupan anda. Baik itu aktivitas belajar, bekerja, dan sebagainya. Maka otak anda nantinya pasti akan menjadi lebih segar dan fresh. Pikiranpun akan menjadi tenang dan damai, jauh dari beban kehidupan.

4. Menjalankan hobi

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menyegarkan pikiran adalah dengan cara menjalankan hobi yang anda suka. Misalnya jika anda suka main bola, main game, main futsal, badminton dan sejenisnya.

Maka disaat pikiran anda sedang ngedown dan tidak segar 😂. Alangkah baiknya anda mengalihkan perhatian dari semua masalah hidup anda dengan cara menjalankan hobi yang anda suka.

Setelah pikiran kembali menjadi fresh dan segar. Maka kembali lagi pikirkan cara untuk menghadapi semua masalah yang anda punya. Dan begitu seterusnya....


5. Bermain bersama teman

Bercengkrama, bersosialisasi bersama teman juga cukup ampuh untuk menghilangkan rasa stres dan beban pikiran yang ada di dalam diri anda. Sekali-kali rehat sejenak dari aktivitas kehidupan anda. Sempatkan waktu untuk silahturahmi dan bermain bersama teman. Agar pikiran anda tidak buram, keruh dan dipenuhi dengan masalah kehidupan.

6. Mandi

Yap, dengan mandi. Saya rasa segala jenis pikiran yang buruk. Kondisi badan dan pikiran yang sedang kacau akan dapat didinginkan saat itu juga. Dengan membasuh muka dan mandi sekalian. Maka sedikit banyak beban yang ada didalam pikiran anda akan berkurang. Sehingga nantinya badan dan pikiran anda akan kembali menjadi fresh, segar dan bugar.

7. Menyendiri / merenung / tafakur

Menyendiri terlalu lama memang tidaklah baik. Namun jika anda sudah merasah lelah dengan aktivitas di kehidupan, lelah beraktivitas. Maka tidak ada salahnya anda menyendiri sejenak, menikmati waktu me time yang anda punya.

Renungkan dan pikirkan apa-apa yang terjadi pada diri anda. Mengapa semuanya bisa terjadi, dan bagaimana solusinya ?. Jika hal ini malah membuat anda menjadi semakin pusing. Maka renungkan apa-apa yang sekiranya bermanfaat atau segala sesuatu yang positif saja.

8. Beribadah

Ya, cara yang paling ampuh untuk menyegarkan otak ya dengan cara yang satu ini. Cara ini sangat terbukti ampuh, khususnya bagi anda orang-orang yang beriman.

Jika hati mulai gelisah, pikiran menjadi kacau ngak jelas. Maka kembali saja kepada Tuhan. Berdzikir, ibadah, sholat, puasa, membaca al-quran, mendengarkan ceramah, sedekah. Kesemuanya ini dapat menjadi obat hati yang sangat ampuh bagi diri kita semua.

Ya begitulah gan. Lakukan satu atau beberapa cara yang tersebut diatas. Maka semua masalah dan beban pikiran anda akan berkurang. Anda akan terhindar dari stres, dan pikiran pun akan menjadi lebih tenang dan damai. Otak menjadi fresh, segar dan bugar. Hidup pun akan menjadi lebih bahagia. Semoga bermanfaat . .

8 Cara menyegarkan pikiran agar otak tetap fresh
4/ 5
Oleh

Leave your comment