Monday, December 10, 2018

Apa itu mafia ? Arti mafia, mafia sepakbola, mafia peradilan, dll

Mafia, rasanya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Di film-film laga, film hollywood, film aksi dari seluruh dunia. Terutama yang berhubungan dengan organisasi kejahatan rahasia. Pasti seringkali nama mafia ini sering disebut dan dijadikan sebagai tema utama pembuatan film tersebut.

Selain mafia, anda mungkin juga mengenal dengan yang namanya yakuza dan triad ?. Ya ke-3 organisasi tersebut memang sangat terkenal di seluruh dunia.

Apa itu mafia ? Arti mafia, mafia sepakbola, mafia peradilan, dll

Nah, sebenarnya Apa itu mafia ?, Siapa itu mafia ?, Apa peranan mafia dalam segala hal ?, Dan apa itu mafia sepakbola ?. Berikut penjelasannya.

1. Sejarah mafia

Singkat saja ya, menurut wikipedia, sebenarnya mafia merupakan sebuah konfederasi yang didirikan sejak abad pertengahan, tepatnya di salah satu wilayah sisilia yang ada di italia sana.



Konfederasi tersebut didirikan guna untuk membuat perlindungan ilegal, untuk melakukan transaksi dan kesepakatan yang ilegal, penegakan hukum dengan aturan organisasi sendiri, dan juga pengorganisasian kriminal.

Ya, bisa dibilang mafia ini merupakan sebuah kelompok yang bergerak dalam dunia hitam. Bergerak dalam dunia kriminal, organisasi kejahatan yang sudah terkenal sejak masa lalu hingga saat ini.

Namun dewasa ini, sepertinya pengertian mafia ini sudah meluas. Jadi sebutan mafia tidak lagi hanya diperuntukan bagi organisasi mafia yang berasal dari italia saja. Namun sudah meluas kepada seluruh organisasi, atau sindikat yang bergerak dibidang kejahatan.

2. Arti mafia menurut KBBi (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBi sendiri, arti mafia adalah "Perkumpulan rahasia yang bergerak dibidang kejahatan (kriminal)".

Ya artinya kurang lebih seperti itulah. Misalnya juga ada istilah yang namanya mafia peradilan. Di kbbi juga arti dari mafia peradilan ini adalah "kelompok advokat yang menguasai proses peradilan sehingga mereka dapat membebaskan terdakwa apabila terdakwa dapat menyediakan uang sesuai dengan jumlah yang diminta mereka".

Bisa dibilang mafia ini merupakan sebuah organisasi, gangster, perkumpulan, dll yang bergerak dibidang kejahatan, persekongkolan dan perlindungan kejahatan.


3. Mafia sepakbola

Didalam olahraga dan pertandingan sepakbola, ada itu istilah yang namanya mafia sepakbola. Nah, sebenarnya apa itu mafia sepakbola ?.

Sebenarnya jawabannya sangat mudah, sama seperti pengertian mafia yang tersebut diatas. Pada dasarnya mafia sepakbola adalah sekumpulan orang atau suatu organisasi yang dapat memanipulasi jalannya pertandingan sepakbola tersebut. Misalnya saja seperti pengaturan skor, menentukan tim mana yang harus menang, dan tim mana yang harus kalah, dan sebagainya.

Dengan adanya pengaturan skor, siapa yang harus menang atau juga siapa yang harus jadi juara di kejuaraan sepakbola, dll. Hal ini tentunya sangat berperan penting didalam tindak kejahatan yang berkaitan dengan sepakbola. Misalnya seperti jud* bola, pengaturan penjualan tiket, dan sebagainya.

Apa itu mafia ? Arti mafia, mafia sepakbola, mafia peradilan, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment