Tuesday, December 11, 2018

6 Cara keluar dari zona nyaman dengan cepat dan mudah

Setelah beberapa waktu yang lalu, saya membahas mengenai pengertian, ciri, contoh dan dampak buruk dari orang yang terjebak di zona nyaman. Maka kini saatnya kita membahas mengenai berbagai cara agar bisa keluar dari yang namanya terjebak di zona nyaman.

6 Cara keluar dari zona nyaman dengan cepat dan mudah

Nah, zona nyaman memang sudah menjadi bagian dari tiap diri manusia. Setiap orang pasti mempunyai kondisi dimana ia akan merasa nyaman dan aman dengan sesuatu. Namun kadar kenyamanan dari setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang masih dalam tahapan normal, dimana orang tersebut dapat mengontrol perilaku dan pola pikirnya. Ada juga yang sudah masuk ke tahap terjebak 😂, dimana orang tersebut sudah tidak mampu lagi terlepas dari yang namanya zona nyaman tersebut.



Nah, sebenarnya bagaimanakah cara yang paling ampuh untuk keluar dari zona nyaman ?. Langsung saja berikut berbagai tips-trik dan cara untuk keluar dari zona nyaman.

# Cara keluar dari zona nyaman

1. Niat dan tekad yang kuat

Ya, sekali lagi semuanya kembali kepada niat. Dengan niat dan tekad yang kuat untuk berubah, pastinya semua halangan dan rintangan yang ditempuh untuk keluar dari jebakan zona nyaman ini akan semakin mudah untuk dilalui.

Begitu juga sebaliknya, jika anda malas, ogah-ogahan, tidak serius untuk mencoba merubah diri. Tidak serius untuk keluar dari comfort zone / zona nyaman. Maka jangan harap anda dapat keluar dari zona nyaman anda. Karena semua itu hampir mustahil untuk dilakukan.

2. Berpikir positif

Karena biasanya orang yang sudah terjebak di zona nyaman ini selalu saja berkilah dan mencoba mencari alasan untuk mempertahankan zona nyamannya. Sehingga nantinya ia selalu saja berprasangka buruk, selalu berburuk sangka terhadap sesuatu, orang lain dan pendapatnya. Maka dari itu, seharusnya pola pikir yang seperti ini harus segera di rubah.

Positive thinking, berpikiran positif, dapat membantu anda untuk dapat keluar dari zona nyaman. Buanglah semua angan-angan dan segala kemungkinan buruk yang terbayang dipikiran anda. Pikirkan saja hal yang baik dan positif, pikirkan segala kemungkinan positif dan buang jauh-jauh segala pemikiran negatif.

Jika hal ini dilakukan, maka lambat laun. Anda pun pasti akan dapat dengan mudah melangkah dari zona nyaman anda. Entah itu dalam hal pekerjaan, pasangan, hobi, bersosial, dan sebaginya. Pasti semuanya dapat dilalui dengan mudah.

3. Menerima masukan dari orang lain

Ya bisa dibilang, orang yang mempertahankan zona nyamannya secara mati-matian, Mereka adalah orang yang keras kepala. Misalnya saja jika anda suka menyendiri di kamar, ngegame terus, ngewibu terus, anda ngak mau keluar rumah, bersosialisasi dan bekerja. Pastinya ini adalah hal yang merepotkan.

Maka dari itu, cobalah anda untuk merubah diri anda. Jangan terlalu menutup diri, dengarkan saran dan masukan dari orang lain. Misalnya saran dari teman, orang tua, dan sebagainya. Pokoknya jangan memaksakan pola pikir anda yang tertutup lah.

4. Melihat kedepan

Pikirkan baik-baik tentang masa depan anda. Janganlah anda mempertahankan dan membesarkan ego anda, sampai-sampai harus mengorbankan berbagai peluang emas di kehidupan anda. Hal ini tentunya sangat tidak baik bagi diri anda sendiri, dan orang-orang di sekeliling anda.


Cobalah merubah diri, ubah pola pikir dan tingkah laku anda. Semangatlah, anda tidak sendiri, masih ada tanggung jawab yang harus anda penuhi.

5. Memaksakan diri

Memaksakan diri untuk berubah terkadang memang harus dilakukan ketika hal tersebut sangat mendesak, dan berdampak positif bagi diri anda dan bagi orang disekeliling anda yang anda cintai.

Maka dari itu, keluarkan semua apa yang anda punya untuk berubah. Keluar dari cangkang anda, anda itu bagaikan berlian yang terkubur di tanah berlumpur. Tinggal dicari dan dipoles sedikit, maka anda akan menjadi orang yang hebat.

Lagipula semua manusia itu sama, si A makan nasi, si B makan roti. Ujung-ujungnya juga sama jadi kotoran. Semuanya bisa dilakukan asal ada kemauan dan usaha yang keras untuk menggapainya.

6. Berdoa

Yang terakhir adalah doa, jika anda merasa sudah tidak mampu lagi untuk menangani semua masalah yang melanda. Entah itu karena ke introvert-an anda yang sudah berevolusi menjadi nolife, atau juga ada masalah dalam pekerjaan, percintaan, kemalasan dan sebagainya.

Maka dengan berdoa, semuanya akan menjadi semakin mudah. Yang penting anda sudah berusaha, maka semua urusan dan hasilnya ya serahkan saja sama Tuhan yang diatas.

Berdoa saja agar segala usaha yang sudah anda lakukan dapat segera membuahkan hasil. Dengan demikian, dengan bertawakal, pastinya hidup anda akan menjadi jauh lebih tenang.

Cukup sekian dulu, begitula berbagai tips untuk keluar dari zona nyaman. Semoga bermanfaat ..

# Baca juga :

Apa itu zona nyaman ?, Arti zona nyaman dan dampak buruknya
5 Contoh zona nyaman & ciri-ciri orang yang terjebak di zona nyaman

6 Cara keluar dari zona nyaman dengan cepat dan mudah
4/ 5
Oleh

Leave your comment