Saturday, December 29, 2018

Apa itu vendor ? Arti vendor pernikahan, vendor game, street vendor, dll

Istilah vendor banyak sekali disebutkan diberbagai kesempatan. Khususnya diberbagai bidang perdagangan dan yang ada hubunganya dengan kegiatan jual beli / bisnis lainnya. Contoh mudahnya saja di dalam dunia game. Ada itu yang namanya vendor game, sebut saja misalnya seperti gameloft, ea mobile, glu mobile, dan sebagainya.

Apa itu vendor ? Arti vendor pernikahan, vendor game, street vendor, dll

Di zaman dulu, khususnya di jaman game java dan hp keypad / batangan sedang berjayanya. Pasti disetiap aplikasi dan game yang diinstall. Pasti ada saja informasi mengenai vendor game yang ada. Informasi tersebut terdapat pada file .jad dan juga manifest.mf.

# Apa itu vendor ?

Untuk mengetahui arti dari kata vendor secara jelas. Kita harus menyelediki terlebih dahulu asal muasal kata vendor ini. Kata vendor pada dasarnya terdapat dalam bahasa inggris. Walaupun asalnya berasal dari bahasa prancis kuno (vendeor) dan dari bahasa latin.

Di dalam kamus bahasa inggris (cambridge dictionary), kata vendor sendiri memiliki arti.

1. Arti kata vendor secara formal

Artinya sama saja dengan "someone who selling something", atau bisa diterjemahkan kedalam bahasa indonesia sebagai seorang penjual, penjaja barang. "Orang yang menjual sesuatu", anggap saja seller.



2. Arti kata vendor dalam dunia bisnis

- Seseorang atau perusahaan yang menjual barang, benda, produk maupun jasa tertentu
- Penjual makanan di pinggir jalan
- Seseorang yang menjual sesuatu, misalnya properti

Nah begitulah arti kata vendor yang ada di dalam kamus bahasa inggris. Sedangkan didalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Vendor sendiri memiliki arti atau makna "orang yang menjual rumah, tanah, dan sebagainya; penjual".

# Apa itu vendor pernikahan ?

Dari berbagai pengertian yang tersebut diatas, tentunya arti dari kata vendor pernikahan sudah terbayang jelas di pikiran anda. Yap, pada dasarnya vendor pernikahan adalah orang-orang yang menjual atau menyediakan jasa yang berkaitan dengan pernikahan itu sendiri. Misalnya masih berkaitan dengan :

1. Perias pengantin
2. Pengatur tempat pernikahan
3. Dekorasi
4. Hiburan dalam acara pernikahan
5. Tukang Foto dan video dokumentasi pernikahan
6. Dan sebagainya

Ya bisa dibilang vendor pernikahan ini sama saja dengan penyedia jasa wedding organizer dan sejenisnya.


# Apa itu vendor game ?

Vendor game, istilah vendor didalam game biasanya merujuk kepada perusahaan yang bergerak didalam bidang penjualan game. Atau juga perusahaan yang mempublikasikan game tersebut ke masyarakat umum. Bisa dibilang sebagai publisher atau penjual game begitulah.

Tapi kebanyakan dan kenyataannya, banyak juga perusahaan pengembang game yang merangkap juga sebagai penjual game yang sudah dibuatnya. Nah, begitulah kurang lebih definisi dari vendor game.

# Apa iti street vendor ?

Didalam berbagai deskripsi yang tertera diatas, sudah jelas adanya mengenai pengertian dari street vendor ini. Jadi pada dasarnya street vendor adalah para penjual, atau penjaja barang, souvenir atau juga makanan yang ada di pinggir jalan.

Tapi kebanyakan street vendor yang ada pasti mereka menjajakan atau menjual makanan di pinggir jalan. Hal ini banyak ditemui di berbagai negara yang ada, khususnya di berbagai kota di negara-negara yang maju di luar sana.

Contoh dari street vendor misalnya seperti para penjual es krim, burger, hotdog dan lainnya. Kalau di indonesia sih, mungkin sama halnya dengan para pedagang kaki lima.

Ya begitulah penjelasan singkat mengenai berbagai jenis vendor yang ada. Pada dasarnya kata vendor ini artinya ya sama saja dengan penjual, baik itu mereka menjual barang maupun jasa. Entah itu dilakukan secara perorangan, kelompok, maupun oleh perusahaan besar yang ada. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . .

Apa itu vendor ? Arti vendor pernikahan, vendor game, street vendor, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment