Monday, December 17, 2018

Kehabisan ide ngeblog ? Ini dia solusinya

Ya seringkali para blogger kesulitan didalam menentukan tema atau artikel apa yang ingin ditulisnya. Tapi tentunya hal ini hanya berlaku pada blogger yang benar-benar blogger. Jika anda copaser, tentunya hal ini tidak berlaku bagi anda semua. Karena anda cuma modal copas doang, makan duit haram 😠.

Kehabisan ide ngeblog ? Ini dia solusinya

Yap, kembali ke topik utama kita. Nah, jika anda seringkali kehabisan ide. Mau nulis postingan apa dan kayak gimana ?. Maka coba saja ikuti berbagai solusi yang tersebut dibawah ini.

# Solusi mencari ide buat postingan / artikel blog

1. Pahami niche blog yang anda punya

Pahami tema atau niche blog yang anda kelola. Jika pada blog anda membahas tentang android, maka ya bahas saja atau tulis saja apapun yang ada bau-bau androidnya. Entah itu tentang review hp, game android, tips-trik android dan sebagainya.



Buat konsep tentang apa-apa yang mau anda post. Cari keyword yang anda ingin tulis di google, lihat turunan keyword dan tulis saja semua artikel yang bernuansa atau sejalan dengan niche blog anda. Pokoknya asal ada embel-embel androidnya, tulis sajalah 😂.

2. Buat blog gado-gado

Nah, kalau blog gado-gado pastinya masalah kehabisan ide buat postingan sangat jarang ditemui. Hal ini karena si pemilik blog bebas menentukan tema atau topik apa yang akan ia tulis hari ini.

Blog gado-gado tidak terikat dengan aturan yang ketat, misalnya seperti niche dan sebagainya. Pokoknya ada ide, langsung tulis saja 😂. Yang paling baik, ya blog gado-gado yang masih mengarah atau membahas dalam lingkup satu keyword atau niche saja.

Misalnya anda menembak keyword flu. Nah, anda dapat membahas seputar penyakit flu, game yang ada judul flu, influencer, bla-bla bla, pokoknya ada flunya lah 🤣. Ini namanya blog gado-gado tapi bukan sembarang gado-gado. Hybrid gitu coy.

3. Main-main ke grup dan forum blogger

Untuk menerima info dan update terbaru seputar dunia blogging. Alangkah baiknya jika anda bergabung di berbagai grup dan forum blogger yang tersebar di sosial media dan internet.

Masuk dan gabung di sana, ikut nimbrung dan ngespy / ngestalk. Lihat apa yang dipost member (misal ada yang promo blog). Lalu amati, tiru dan modifikasi 😂. Asal jangan copas saja ya 😠.


4. Aktif di sosial media

Nah, di sosial media juga banyak sekali hal viral yang sedang ngetren disana. Cari grup atau komunitas yang sekiranya ramai. Lalu buat blog atau postingan yang kiranya sesuai dengan tema grup dan komunitas yang anda temui.

Lalu, tinggal mampir di grup dan promo saja disana. Dijamin blog anda auto ramai dengan serbuan pengunjung. Tapi, ya anda harus hati-hati juga dengan ancaman jingling dan sebagainya.

5. Sering update berita / news

Di media berita juga banyak hal viral yang dibahas disana. Jika anda kehabisan ide, coba saja cari beberapa topik yang menarik di berbagai media online yang ada. Jika sudah ketemu, langsung saja tulis artikel yang mantap jiwa.

6. Gunakan google trend

Buka google trends indonesia atau dunia. Masukkan keyword yang anda incar, dan langsung saja tulis apa-apa yang sekiranya ramai dan sering dicari oleh pengunjung.

Anda juga dapat mencari referensi tentang topik apa saja yang sering dicari orang dalam kurun waktu tertentu di google trend ini. Jadi dengan ini, saya rasa ide untuk menulis artikel blog akan menjadi unlimited atau tidak ada habisnya.

7. Rewrite artikel

Nah, cara yang terakhir. Jika anda pusing mau menulis apa. Cari saja blog yang sekiranya sesuai dengan niche yang anda punya. Lalu minta ijin sama yang punya blog, ijin untuk merewrite artikelnya. Kalau tidak ijin, ya mungkin anda bisa menyertakan sumber referensi pada artikel anda.

Dengan ini maka, semua masalah mengenai kehabisan ide ngeblog tidak akan terjadi lagi pada hidup anda. Yosh, semoga bermanfaat. See you later . . .

Kehabisan ide ngeblog ? Ini dia solusinya
4/ 5
Oleh

Leave your comment