Monday, December 17, 2018

Kehabisan uang diperantauan ? Ini dia solusinya

Merantau, hal yang satu ini dirasa cukup mengerikan bagi sebagian orang. Namun bagi sebagian orang yang lain, merantau adalah salah satu jalan untuk memperoleh suatu kemuliaan di dalam hidup.

Akan tetapi semua tidak seindah seperti yang dibayangkan. Jika seseorang kurang persiapan dan kurang memiliki ilmu atau wawasan seputar dunia perantauan. Apalagi orang tersebut tidak memiliki teman seperantauan, rasanya hal ini sangat menyulitkan dan menyedihkan.

Kehabisan uang diperantauan ? Ini dia solusinya

Bayangkan saja jika anda seorang diri nekat pergi ke kota, pergi ke suatu wilayah yang asing untuk mencari rejeki dan penghidupan. Pastinya hal ini sangatlah berat dan penuh tantangan. Terlebih lagi dengan masalah finansial, masalah keuangan anak rantau yang sebagian besar cukup pas-pasan. Hal ini tentunya sangatlah menyedihkan 😭.



Dari sini tak jarang banyak orang yang mengalami masa-masa sulit di perantauan. Yakni mereka kehabisan uang, kehabisan modal hidup di perantauan. Nah, untui mengatasi masalah ini, coba saja simak penjelasannya di bawah ini.

# Cara bertahan hidup di perantauan, solusi saat kehabisan modal, dan uang

1. Aktif bersosialisasi

Jika anda berada di tanah perantauan. Maka anda wajib itu yang namanya aktif bersosialisasi, cari teman yang baik-baik sebanyak mungkin. Jangan hidup sendirian / nolife.

Dengan adanya teman seperantauan, teman di dalam suka dan duka. Maka anda dapat membagi beban hidup anda bersama-sama dengan teman anda.

Misalnya seperti patungan buat ngontrak atau ngekost, patungan buat biaya makan dan sebagainya. Hal ini tentunya dapat meringankan beban anda dan juga teman-teman seperantauan anda juga.

2. Pinjam uang ke teman

Jiia anda sedang bokek, kehabisan uang, belum gajian. Tidak ada salahnya jika anda meminjam uang ke teman anda. Jangan sampai anda berbuat yang tidak-tidak, misalnya pinjam uang ke bank atau ke rentenir. Karena hal ini akan sangat merugikan diri anda sendiri.

3. Ubah gaya hidup

Ubah gaya hidup anda, hemat pengeluaran anda semaksimal mungkin. Jangan hidup bermewah-mewah di tanah perantauan. Anda disana mencoba untuk mencari rejeki, mencari penghidupan. Bukan untuk main-main dan menghabiskan uang.

Jika uang anda habis ditanah perantauan, ya bisa repot jadinya. Selain dengan jalan minjam uang ke teman, anda tentunya harus mengatur gaya hidup dan pengeluaran atau sistem keuangan anda. Yang penting bisa makan dan minum sudah cukup. Buang tuh rokok, dan sebagainya. Agar anda dapat bertahan di perantauan, dan menjadi sukses di sana.


4. Terus berusaha dan bersabar

Jika anda kehabisan modal. Maka janganlah anda bersedih, selama anda berusaha dan terus bersabar. Pastilah nanti ada saja jalan. Jadi terus semangat saja bekerja dan untuk sementara anda bisa mengandalkan teman seperjuangan 😭.

5. Berdoa

Yap, salah satu yang wajib dipertahankan di tanah perantauan ya yang satu ini. Apapun kondisinya, baik itu susah atau senang. Maka anda tetap harus ingat kepada Tuhan.

Perlu diingat juga, jangan berdoa saja ketika anda sedang ditimpa kesedihan atau kesusahan. Anda juga harus ingat kepada Tuhan ketika anda menerima kebaikan atau kebahagiaan.

Jika anda terus dan banyak bersyukur, pasti nikmat yang dicurahkan kepada anda akan terus bertambah. Jika anda ingat kepada Tuhan diwaktu senang, tentunya Tuhan juga tidak akan melupakan anda diwaktu anda sedang kesusahan.

6. Sedekah

Dengan sedekah semua masalah dapat terselesaikan. Lah, pertanyaannya bagaimana caranya sedekah tanpa uang ?. Tentunya anda dapat menyedekahkan ilmu, pikiran, tenaga atau juga dengan ibadah semisal shalat duha.

Jadi sedekah tidak perlu mesti dengan harta atau uang. Dengan membantu teman anda disaat kesusahan, itu juga termasuk sedekah. Dengan memberi makan hewan yang kelaparan itu juga sedekah. Dengan membantu semut yang hanyut atau tenggelam di air itu juga sedekah. Dengan menanam tanaman dan pepohonan itu juga sedekah, Dan sebagainya.

Dengan sedekah dan berbuat kebaikan. Pastilah suatu saat semua masalah anda akan dapat terselesaikan. Jika semuanya sudah komplit, ada usaha, ada doa, ada sedekah, sosialisasi yang baik. Pastinya segala usaha anda di tanah perantauan akan menjadi semakin mudah dan dilancarkan oleh Tuhan. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Cara hemat ala anak kos, cara mengatur uang saku bulanan mahasiswa anak kost agar tidak cepat habis
Persiapan yang wajib dilakukan sebelum merantau (bekal perantauan)

Kehabisan uang diperantauan ? Ini dia solusinya
4/ 5
Oleh

Leave your comment