Friday, January 25, 2019

11 Penyebab ruangan kamar yang pengap dan panas

Banyak orang yang berpikir, bahwa ruangan kamar, rumah seseorang yang terasa pengap dan panas, merupakan akibat dari gangguan setan. Atau lebih mudahnya mereka percaya ada fenomena mistis yang terjadi didalam ruangan tersebut. Katanya jika ada setan yang berdiam di suatu ruangan. Maka otomatis suasana ruangan / kamar tersebut akan menjadi suram. Menjadi seram, pengap dan panas. Ya begitulah pemikiran orang yang lebih mengedepankan hal-hal mistis / supranatural daripada mengedepankan akal sehatnya.

11 Penyebab ruangan kamar yang pengap dan panas

Nah, sebenarnya apa saja yang dapat menyebabkan suatu ruangan atau kamar yang ada di dalam rumah sehingga menjadi pengap dan juga panas ?. Berikut jawaban selengkapnya.

# Penyebab ruangan kamar jadi terasa pengap dan panas

1. Ruangan yang tertutup

Ruangan yang tertutup dapat menjadi pemicu munculnya suasana yang kurang menyenangkan pada kamar atau ruangan yang ada di rumah. Jika kamar ditutup terus tanpa memperhatikan siklus sirkulasi udara yang memadai. Maka akan timbul berbagai masalah kedepannya.

Misalnya seperti munculnya bau yang tidak sedap. Ruangan jadi terasa lembab, pengap dan seringkali malah terasa panas. Karena jeleknya kualitas udara yang ada didalam ruangan tersebut.



2. Sirkulasi udara yang buruk

Jika jendela, ventilasi udara, dan berbagai perangkat penunjang pertukaran arus keluar masuk udara. Sebut saja misalnya seperti exhaust fan tidak dihidupkan dan diabaikan begitu saja. Maka hal ini juga dapat menyebabkan ruangan menjadi pengap dan juga panas. Apalagi ketika cuaca, suhu udara disekitar rumah sedang panas-panasnya. Maka tambah pengap dan panaslah ruangan tersebut.

3. Ruangan yang sempit

Ruangan yang sempit merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab pengapnya suatu kamar atau juga ruangan yang ada di rumah. Jika ukuran kamar terlalu sempit, dan anda berdiam disana dalam kurun waktu yang relatif lama. Maka sudah pasti adanya, nanti kamar tersebut perlahan akan menjadi terasa pengap dan panas.

4. Atap rumah yang bermasalah

Atap rumah yang tidak terawat, genteng yang bocor dan sebagainya. Jika ada cahaya matahari yang masuk secara langsung. Hal ini juga dapat menyebabkan kamar menjadi terasa panas. Apalagi jika musim penghujan tiba, maka kamar tersebut pastinya akan kebasahan dan menjadi lembab karena banyaknya air disana.

5. Banyaknya barang yang berserakan

Barang yang berserakan, sampah bekas makanan dan sejenisnya. Hal ini juga dapat menyebabkan kamar menjadi pengap dan panas. Apalagi jika kamar anda berukuran kecil / sempit, kemudian ditumpuk dan diisi dengan berbagai jenis barang dan perabotan. Pastinya kamar tersebut akan menjadi penuh sesak, pengap dan tidak nyaman untuk ditinggali.




6. Cat dinding yang berwarna gelap

Cat dinding yang berwarna gelap, seperti warna hitam misalnya. Warna cat yang gelap lebih banyak menyerap panas dibandingkan warna cat yang terang. Jika warna hitam menyerap panas, maka kebalikannya, cat yang berwarna terang seperti warna putih akan memantulkan radiasi panas tersebut.

Sehingga nantinya kamar atau ruangan yang dicat dengan warna yang gelap akan lebih terasa pengap dan panas dibandingkan dengan kamar yang dicat dengan warna yang lebih terang.

7. Plafon rumah terlalu rendah

Plafon rumah yang terlalu rendah dari biasanya. Hal ini juga dapat mempersempit ukuran kamar anda. Plafon rumah yang tingginya dibawah angka 2,5/3 meter. Hal ini dapat membuat ruangan atau kamar tersebut menjadi lebih cepat panas. Daripada rumah yang memiliki plafon dengan tinggi 2.5 - 3 meteran keatas.

8. Kurangnya tanaman

Jika disekeliling rumah anda dipenuhi dengan bangunan beton, penuh aspal dan semen tanpa adanya pepohonan dan tanaman hijau. Hal ini juga dapat memicu keadaan panas dan pengapnya ruangan kamar anda. Hal ini terjadi karena tidak adanya penyerap alami di sekitar lingkungan anda tinggal. Sehingga semua radiasi panas akan dipantulkan oleh beton, dan aspal ke rumah anda. Dan maka terjadilah yang namanya kamar yang panas dan pengap.

9. Paparan sinar matahari

Sebelum membangun rumah, perhatikan dulu design orientasi penempatan rumah anda. Apakah kamar anda jendelanya atau posisinya sering terpapar sinar matahari secara langsung ?. Jika iya hal ini juga dapat menyebabkan kamar menjadi cepat terasa panas.


10. Material bangunan

Atap bangunan yang terbuat dari seng memang wajar jika nantinya kamar atau ruangan yang ada di bawahnya akan menjadi panas. Hal ini berbeda dengan rumah yang beratap genteng. Karena genteng yang terbuat dari tanah liat dapat menyerap panas dengan baik. Sehingga ruangan yang ada dibawahnya tidak akan terasa begitu panas.

Begitu juga dengan material lainnya, seperti lantai, tembok dan sebagainya. Jika lantai rumah anda terbuat dari kayu ala rumah bergaya eropa. Hal ini juga dapat membuat rumah anda menjadi cepat panas. Karena rumah berlantai kayu tidak terlalu cocok dengan iklim tropis yang ada di indonesia. Yang notabene seringkali terpapar hujan dan juga cuaca panas.

11. Sumber panas lainnya

Suhu tubuh, suhu barang elektronik yang terlampau panas. Kesemua hal tersebut juga dapat mempengaruhi keadaan suhu yang ada didalam kamar anda. Jika anda habis berlari-lari dan suhu tubuh anda meningkat drastis. Anda lalu tiduran dikamar tanpa adanya pendingin seperti AC atau juga kipas angin dan juga ventilasi udara yang memadai. Hal ini juga akan membuat kamar anda menjadi terasa panas. Begitu juga dengan cpu yang panas, hp yang panas dan sejenisnya. Kesemuanya dapat mempengaruhi suhu yang ada di dalam kamar / ruangan anda.

Yap, begitulah ke-11 penyebab yang dapat menyebabkan ruangan atau kamar menjadi terasa pengap dan juga panas. Jadi sama sekali tidak ada hubungannya dengan yang mistis-mistis.

Artikel terkait

11 Penyebab ruangan kamar yang pengap dan panas
4/ 5
Oleh

Leave your comment