Thursday, January 24, 2019

Apa itu CV ? Arti cv, singkatan CV dalam perusahaan dan dunia kerja ?

Kata cv seringkali terdengar didalam dunia usaha atau bisnis. Begitu juga didalam dunia pekerjaan lainnya, yang umumnya menyangkut tentang masalah lamaran kerja. Nah, sebenarnya apa arti dari kata CV ini ?, Apa singkatan kata CV yang sebenarnya ?. Untuk selengkapnya simak saja pengertiannya di bawah ini.

Apa itu CV ? Arti cv, singkatan CV dalam perusahaan dan dunia kerja ?

# Apa itu CV ? Arti cv, singkatan CV dalam perusahaan dan dunia kerja ?

Seperti yang sudah tersebut pada intro diatas. Pada dasarnya kata CV didalam dunia bisnis dan usaha, dimaksudkan pada dua hal. Yakni diantarannya . ..

1. CV - badan usaha

Dalam dunia usaha, CV merupakan singkatan atau kependekan kata dari "commanditaire vennootschap", yang asalnya dari bahasa belanda. Dalam bahasa indonesia sendiri, kata cv lebih erat atau sering juga disebut sebagai "Persekutuan Komanditer" atau juga "Perseroan Komanditer".



Nah, cv merupakan salah satu jenis badan usaha yang mana badan usaha tersebut didirikan oleh dua orang atau lebih. Biasanya terdiri dari pemodal aktif dan juga pemodal pasif. Yang kemudian badan usaha tersebut disahkan oleh pengadilan negri setempat. Jadi tidak harus melalui persetujuan dari mentri seperti halnya perusahaan PT.

2. CV - daftar riwayat hidup

Nah, sedangkan cv yang satu ini merupakan singkatan dari kata "Curriculum Vitae". Atau anda lebih mengenalnya dengan istilah daftar riwayat hidup. Dimana biasanya cv ini seringkali digunakan untuk mendaftarkan diri dalam suatu pekerjaan.

Isi dari cv ini pada intinya merupakan sebuah gambaran mengenai kualifikasi dari seseorang. Cv berisi mengenai daftar riwayat pendidikan, ketrampilan, pengalaman kerja, dan juga berbagai data diri yang ada.


Biasanya isi dari cv / Curriculum Vitae ini terdiri dari :

- Data diri / biodata : Berupa foto profil, nama, tempat tanggal lahir, umur, status, jenis kelamin, alamat, nomor telepon, akun sosial media dan sebagainya.

- Riwayat pendidikan : Berisi seputar riwayat pendidikan yang sudah anda tempuh. Baik itu pendidikan formal semisal sekolah smp-sma dan kuliah. Maupun pendidikan nonformal seperti berbagai jenis khursus dan juga pelatihan yang ada.

- Pengalaman kerja : Berisi daftar riwayat pengalaman kerja anda. Berisi tentang keahlian anda dalam pekerjaan yang pernah dijalani di masa lalu. Berisi tentang daftar pekerjaan yang pernah anda kerjakan.




- Keahlian khusus : Daftar tambahan keahlian anda yang sekiranya bermanfaat atau berguna untuk pekerjaan yang sedang anda lamar.

Nah, begitulah arti dari kata cv dalam dunia usaha dan juga dalam dunia kerja. Artinya cukup simpel dan mudah dimengerti. Pada dasarnya untuk membuat daftar riwayat hidup tidak sesulit yang dibayangkan. Cuma karena masih belum berpengalaman, jadinya orang awam jadi sering kebingungan. Tapi saya kira contoh dari dokumen cv / Curriculum Vitae ini banyak sekali tersedia di google. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi, cukup sekian dulu. Semoga bermanfaat . .

Artikel terkait

Apa itu CV ? Arti cv, singkatan CV dalam perusahaan dan dunia kerja ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment