Wednesday, January 9, 2019

Kumpulan kata / Bahasa gaul sosmed & chat Tahun 2019

Banyak sekali istilah kata gaul yang bermunculan dan ngetren di sosmed / media sosial. Dari tahun ke tahun ada saja kosa kata baru yang tercipta. Nah, kebetulan kali ini saya akan menulis berbagai macam kata gaul beserta singkatan berbagai kata lainnya yang sedang ngetren dan tenar di internet, sosmed, game online, dan chattingan. Tepatnya mulai dari awal tahun 2018 sampai tahun 2019 awal.

Kumpulan kata / Bahasa gaul sosmed & chat Tahun 2019

# Kumpulan kosa kata bahasa gaul yang tren tahun 2018-2019 dari A-Z

A

AKMJ : AKMJ merupakan singkatan dari sebuah kata yang cukup kotor dan tidak mendidik. Sebut saja sebagai *sensor*. 😂

AOV : AOV merupakan kependekan nama dari sebuah game yang bergenre MOBA. Nah, singkatan dari kata AOV ini adalah "Arena Of Valor".

AFK : AFK merupakan kependekan kata, atau singkatan dari kalimat "Away From Keyboard". Yang artinya kurang lebih tidak sedang online.

Auto : Auto artinya ya sama saja dengan otomatis. Misalnya auto dead, berarti ya otomatis mati. Auto win, berarti ya otomatis menang, auto lose sama saja dengan otomatis kalah, dan seterusnya.

B

Bucin : Bucin merupakan singkatan kata atau kependekan kata dari "Budak Cinta", alias pemuja cinta, cinta buta.



Buff : Buff sama saja artinya dengan memperkuat. Misalnya saya ambil buff, jadi ya artinya ingin ambil buff buat memperkuat hero yang di pakainya.

Bug : Suatu kesalahan, kecacatan pada program atau sistem. Misalnya bug pada game, berarti ada error dan kesalahan kode, dll dalam pembuatan game tersebut.

Bukan kaleng-kaleng : Artinya sama saja dengan bukan sembarangan, bukan main-main, bukan abal-abal, dan sejenisnya.

By one : Ajakan untuk berduel satu lawan satu dalam sebuah game online.

C

Cringe : Sesuatu yang menjijikan, memalukan yang dapat membuat orang yang melihat kejadian cringe menjadi salah tingkah, dan malu sendiri.

Cod : Cod merupakan singkatan dari kata "Cash On Delivery". Yang artinya sama saja dengan bayar barang ditempat / ketemuan langsung antara si penjual dan pembeli.

E

Endorse : Sistem pemberian dukungan, atau mengiklankan suatu produk dan jasa pada sosial media. Khususnya pada instagram.

Edgy : Berlaku sok cool, sok keren, memaksakan diri walaupun asilnya ancur dan memalukan / gagal total.

Elitis : Kalangan orang terpandang, orang kaya. Sok elitis = Sok jadi orang kaya dan terpandang, padahal sebenarnya tidak.

Epic comeback : Mampu membalikkan keadaan, dimana sebelumnya dalam sebuah pertandingan. Dalam umumnya yakni pada game moba seperti mobile legend dan aov. Dimana yang pada awal mulanya tim sudah hampir kalah dalam pertandingan. Namun karena berbagai hal, bisa membalikkan keadaan sehingga dapat menang.



F

F / Press F : Tanda turut berduka cita, turut bersedih, ikut respect.

Ferguso : Ferguso atau aslinya pulgoso, pulguso. Merupakan nama anjing dalam seri telenovela marimar. - Tidak semudah itu ferguso 😎

G

Gabut : Gabut memiliki banyak arti, salah satunya yang paling tren ya gaji buta atau juga galau buta.

GWS : GWS versi meme artinya sama saja dengan Gak Wafat Sekalian.

GG : GG versi anak-anak mobel lejen artinya sama dengan Gak Guna.

H

Harbolnas : Harbolnas merupakan singkatan dari "Hari Belanja Online Nasional".

Hey tayo : Hey tayo dalam bahasa filiphina atau bahasa tagalog artinya sama saja dengan hai kita. Sedangkan dalam bahasa korea artinya sama saja hey mau naik kendaraan ? (Bus).

I

I don't speak . . . : Artinya sama dengan saya tidak bicara. Misalnya I don't speak 555. Artinya sama saja dengan "saya tidak bicara dengan bahasa thailand".

J

Japri : Japri merupakan singkatan dari kata jalur pribadi. Misalnya seperti pesan privat, sms, telepon dan sejenisnya.

L

LOL : LOL dalam versi anak moba, anak pemain mobile legend artinya sama saja dengan "tolol".

M

ML : ML merupakan singkatan dari game Mobile legend

N

Negara berflower : Negara berkembang, sindiran untuk menyebut kelakuan rakyat indonesia yang sudah melampaui batas. Misalnya seperti kebodohan yang dibanggakan, kepansosan, kealayan, kecringean para netizen indonesia di dunia maya, di sosial media dan sejenisnya.

Negara +62 : Sama artinya dengan yang tersebut diatas. Btw, +62 kan kode telepon internasional untuk indonesia. Jadi artinya didalam dunia meme, negara +62 ini artinya 11-12 lah dengan penduduk negara berflower.

Nerf : Sebuah penurunan stat, peforma, atau penurunan kekuatan dari sebuah karakter atau sistem dalam sebuah game.

Normies : Orang-orang yang merasa dirinya sangat normal. Percaya dengan opini atau pendapat kebanyakan orang. Tanpa memikirkan kebenaran atau kesalahan dari pendapat banyak orang tersebut. Ya bisa dibilang mudah terpengaruh lah.


Noob / nub : Pemula, masih baru belajar.

Nolep : No life, tidak memiliki kehidupan sosial, tidak memiliki teman, hidup di rumah terus, ngamar terus.

P

Pap tt : PAP merupakan singkatan dari kalimat "Post A Picture", yang artinya sama dengan minta posting foto atau gambar. Pap tt = minta gambar oppai / payudara.

Pap 99 : Pap 99 = pap nine nine

R

Rekber : Rekber merupakan singkatan dari kalimat rekening bersama. Dalam artian penyedia jasa, pihak ketiga yang menjadi pemegang dana sementara yang dititipkan oleh pihak pembeli. Untuk selanjutnya diteruskan ke pihak penjual.

Receh : Lawakan receh, lawakan garing, sudah umum, tidak unik.

Resolusi : Ukuran pixel pada gambar atau foto. Atau juga keputusan yang akan diambil. Misalnya resolusi tahun 2019, artinya ya keputusan atau rencana yang akan dilakukan di tahun 2019.

S

Skidipapap : Artinya sama dengan ena-ena / eueee.

Skidipapap sawadikap biskuit ahoy : Sekedar meme ngak jelas. Sawadikap = Ucapan salam khas thailand. Ahoy = Ucapan halo atau kata sapaan ala pelaut inggris.

T

Tayo : Dalam bahasa filiphina atau tagalog, tayo artinya sama saja dengan kami atau kita. Sedangkan dalam bahasa korea artinya sama dengan menaiki kendaraan.

V

Vcs : VCS merupakan singkatan dari kalimat "Video call skidipapap / ena-ena 😂"

W

Wagelaseh : Wa gila sih ?

Y

Youtuber : Para pekerja online, konten kreator yang memanfaatkan media video dan streaming video di youtube untuk mendapatkan uang dari sejumlah iklan adsense yang ditayangkan.

Yap, begitulah berbagai kosa kata atau bahasa gaul yang sedang ngetren dan tenar pada tahun 2018-2019 sekarang. Semua kata-kata gaul yang tersebut diatas, seringkali muncul dalam berbagai kesempatan di sosial media dan juga di berbagai situs dan aplikasi chatting lainnya. Misalnya seperti di facebook, instagram / ig, wa / whatsapp dan sebagainya. Semoga bermanfaat...

Kumpulan kata / Bahasa gaul sosmed & chat Tahun 2019
4/ 5
Oleh

Leave your comment