Tuesday, January 8, 2019

40+ Arti macam genre pada anime dan manga - penjelasan lengkap

Banyak sekali genre dan subgenre pada manga dan juga anime. Tentunya para wibu dan otaku di luar sana seringkali melihat genre dari manga atau anime yang akan mereka lihat.

Sebelum memutuskan untuk membaca manga atau menonton anime. Biasanya anda tentunya memfilter pilihan anda terlebih dahulu. Anda memilih manga mana yang kiranya enak untuk dibaca, dan anime apa yang akan ditonton nantinya.

Spirited away
Spirited away

Jangan sampai anda buta dengan yang namanya genre dalam manga atau anime. Karena jika salah memilih, ujung-ujungnya pasti anda kebingungan sendiri. Anda minta rekomendasi manga atau anime ke teman. Terutama di berbagai grup wibu & otaku di media sosial, pastilah mereka akan menyodorkan berbagai macam anime yang aneh-aneh. Misalnya seperti boku no pikolo akademia 😒. Sungguh sangat tidak mendidique..

Langsung saja berikut berbagai pengertian dan penjelasan singkat dari berbagai jenis genre dan subgenre pada manga dan juga anime.

# Daftar genre dan subgenre manga dan anime dari 0-A-Z

0

4 koma : 4 koma, atau bisa dibaca sebagai yonkoma. Merupakan sebuah manga yang digambarkan dalam format 4 panel. Biasanya berbentuk komik strip dengan format panel 1x4 atau juga 2x2. Isi dari manga ini biasanya cenderung mengarah ke dalam hal yang bernuansa komedi. Contoh dari manga dan anime yang diadaptasi dari manga 4 koma ini adalah anime pop team epic. Yang mana cerita komedinya cukup ngena dan agak absurd.



A

Action : Sudah kelihatan jelas dari namanya. Anime atau juga manga yang bergenre aksi. Kesemuanya tentunya didalam cerita atau adegan dalam anime. Kebanyakan mengandung berbagai jenis unsur aksi yang cukup menghibur atau malah menegangkan, bagi para penonton atau para pembaca.

Yang jelas didalam manga atau anime aksi ini. Plot dan ceritanya tergantung dari subgenre yang ada. Misalnya ada genre supernaturalnya, berarti ya itu anime atau manga yang bercerita tentang aksi yang masih berkaitan dengan hal-hal yang bernuansa mistis atau juga pseudosains, dll. Contoh anime bergenre action misalnya seperti Sao, Attack on titan, Hunter x hunter, drifter, dan sebagainya.

Adventure : Manga atau anime yang bergenre seperti ini. Berarti didalam ceritanya, sang mc, sang karakter utama yang terdapat didalam manga atau juga anime. Mereka kesemuanya mengalami yang namanya petualangan. Jadi mudahnya mereka mbolang dialam anime atau manganya tersebut. Mereka jalan-jalan atau melakukan misi yang menharuskan adanya suatu perjalanan dalam anime atau manga tersebut.

Contoh anime bergenre adventure misalnya seperti one piece, black clover, fairy tail, tensei shitara slime datta ken, konosuba, isekai smartphone, re:zero, dll.

C

Cooking : Manga atau anime yang memiliki genre ini. Berarti didalam ceritanya masih berhubungan dengan hal yang namanya masak dan memasak.

Comedy : Yang jelas yang namanya komedi pasti erat kaitannya dengan sesuatu yang lucu dan dapat membuat orang menjadi tertawa. Jadi sudah jelaslah, pada dasarnya anime dan manga yang bergenre comedy pasti berisi tentang komedi juga 🤣. Contoh mudah anime yang bergenre komedi misalnya seperti handa kun, barakamon, nijichou, Danshi Koukousei no Nichijou, dan sebagainya.

Crossdressing : Yap anime atau manga yang berhubungan dengan genre ini. Berarti didalamnya dipenuhi dengan trap atau juga reverse trap. Dimana ada saja karakter cowok yang manis, yang bergaya dan berpakaian seperti cewek, atau juga sebaliknya.


D

Demon : Manga atau anime yang memiliki genre demon. Berarti didalamnya ada sesosok makhluk, sosok karakter atau juga nuansa yang masih ada hubungannya dengan demon. Demon jika dalam bahasa indonesia lebih mengarah ke makhluk supernatural seperti jin, setan, iblis dan sebangsanya.

Dalam manga dan anime, karakter demon biasanya masih berhubungan dengan berbagai jenis monster, cewek monster, succubus, devil, makluk jahat bersayap & bertanduk dan sebangsanya.

Doujin / Doujinshi : Doujin merupakan sebuah manga yang di publish atau diterbitkan sendiri. Bisa dibilang sebagai manga fan made. Biasanya doujin banyak dijual oleh perorangan dalam berbagai event wibu dan otaku yang ada. Jadi doujin tidak mesti berkaitan dengan manga hentong ya 😣.

Drama : Yang jelas manga dan anime yang memiliki genre drama. Di dalam adegan atau plot ceritanya tentu berisi berbagai scene dan adegan yang dapat mempengaruhi emosi para pembaca atau penontonnya. Biasanya anime bergenre drama, masih erat kaitannya dengan hubungan konflik antar manusia. Sebut saja mudahnya tentang masalah percintaan, rebutan kekuasaan, dan sejenisnya.

E

Ecchi : Segala manga dan anime yang masih ada hubungannya dengan kata ecchi. Berarti didalamnya terdapat banyak scene dan adegan yang terbilang kotor dan tidak senonoh. Umumnya menampilkan berbagai jenis macam adegan aurot wanita yang diiringi dengan berbagai sensor semisal sinar dewa. Tanpa ada unsur untuk menunjukkan berbagai adegan skidipapap secara langsung.

Hard ecchi : Manga atau anime yang bergenre seperti ini. Bisa dibilang hampir 90% memasuki genre hentong. Cuma bedanya hanya tipis semata, beda sehelai rambut doang. Adegan yang ada dalam manga dan anime bergenre macam ini, sangatlah frontal dan terbilang tidak baik dilihat untuk bocah-bocah di bawah umur.

F

Fantasy : Anime dan manga yang bergenre fantasy tentunya masih berhubungan atau memiliki berbagai jenis tema yang tidak ada kaitannya dengan dunia nyata. Jadi bisa dibilang penuh dengan hayalan dan imajinasi tingkat tinggi. Contoh mudahnya seperti adanya konten yang berunsur magis, mecha, cyberpunk, teknologi masa depan (vr, dll), supernatural dan sebagainya.




G

Game : Anime atau manga yang memiliki genre game. Berarti didalam isi atau plot ceritanya, di dalamnya masih ada hubungannya dengan suatu game atau permainan. Baik itu permainan semisal video game, atau malah permainan jenis lainnya, semisal permainan survival dan sebagainya.

Contoh mudah dari anime yang ada genre gamenya misalnya seperti sao, overlord, no game no life, danganronpa, btoom, goblin slayer, dan semisalya.

Genderbender : Yang jelas di dalam manga atau anime yang bergenre gender bender ini. Didalamnya terdapat salah satu tokoh yang mana gender atau jenis kelaminnya diubah atau berubah karena suatu sebab. Misalnya seorang cowok mati, terus berenkarnasi jadi cewek dan sejenisnya.

H

Harem : Sudah jelas adanya. Dalam manga dan anime harem, si cowok, sang karakter utama akan dikelilingi banyak cewek didekatnya. Semua cewek yang hadir di manga atau dalam anime. Kesemuanya menyukai si cowok, ada rasa cinta dalam hatinya. Bisa jadi dalam anime atau manga harem, 1 cowok dapat menikahi lebih dari 4 cewek sekaligus. Begitu juga pada kasus anime dan manga reverse harem. Dimana ada cewek yang banyak dikelilingi oleh cowok yang menyukainya.

Historical : Anime dan juga manga yang bertema historical. Semuanya masih erat dengan pembahasan sejarah. Terutama dengan sejarah yang ada di jepang, atau mungkin sejarah lainnya yang ada di belahan dunia. Misalnya seperti sejarah di negara-negara eropa atau pas perang dunia.

Hentong : Ngak usah dibahas lah. Ente sudah tahu sendiri jawabannya.

Horror : Manga dan anime horror, berisi dengan berbagai scene dan adegan yang sangat menegangkan, menakutkan dan dapat membuat orang yang membaca atau melihatnya menjadi merinding, ngilu, meringis, bahkan berteriak dan menutup mata karena saking takutnya. Namanya juga horror gan, jadi ya wajar konten ceritanya menakutkan.

I

Isekai : Isekai, anime dan manga yang bergenre seperti ini. Kesemuanya menceritakan tentang alam atau dunia lain yang berbeda dengan alam atau dunia yang telah dihuni oleh si karakter utama sebelumnya.

Contoh mudahnya, si mc mati karena tertabrak truk di bumi. Terus dia reinkarnasi dan lahir kembali di sebuah planet yang sistemnya masih menggunakan pedang dan sihir / sword & magic. Nah, itulah yang disebut isekai.




J

Josei : Merupakan sebuah genre dari manga atau anime yang ditujukan kepada para wanita yang sudah dibilang dewasa. Lebih tepatnya pada usia 20-30 an tahun ke atas. Jadi bisa dibilang anime shoujonya para wanita dewasa lah. Penuh dengan adegan romance, dll yang hanya dimengerti orang dewasa.

M

Magic : Sudah jelas adanya, anime yang bergenre magic. Berarti didalamnya terdapat banyak konten atau nuansa yang bertema sihir dan penyihir. Entah itu magic ala game, ala eropa kuno, ala dunia fantasy, ala mahou shoujo dan sebangsanya. Yang jelas pasti ada unsur sihir-sihirannya.

Martial arts : Kalau genre manga dan anime yang satu ini. Semuanya masih erat dan kental dengan yang namanya dunia persilatan, dunia pertarungan antar pendekar dengan berbagai jenis jurus, jutsu, dan ketrampilan pertarungan dengan tangan kosong maupun dengan senjata lainnya.

Mecha : Anime dan manga yang bergenre mecha. Berarti didalam plot ceritanya, ada saja berbagai jenis robot. Baik itu robot yang bisa ditunganggi / mesin kendaraan, maupun berbagai jenis robot yang sentient atau memiliki pemikiran sendiri. Intinya manga dan anime perang robot-robotan lah.

Military : Anime dan manga ini masih erat hubungannya dengan dunia militer. Entah itu militer modern ala tank-tank an dan sejenisnya. Atau mungkin ala militer cyberpunk, magic dan sejenisnya. Pokoknya ada militer, tentara dan peperangannya.

Monster : Manga dan anime yang memiliki genre ini, berarti didalam ceritanya terdapat banyak monster. Banyak makhluk aneh yang bukan manusia hadir ditengah-tengah cerita. Entah itu karakter utama, side karakter, dan sebagainya. Yang jelas pastinya ada saja monster yang aneh-aneh didalamnya.

Music : Anime bergenre yang satu ini, didalamnya masih erat hubungannya dengan tema musik, lagu, idol dan sebangsanya. Contoh mudah dari anime ini misalnya seperti love live, love live sunshine, bang dream, zombieland saga, k-on, shigatsu wa kimi no uso dan sebagaiya.

Shigatsu wa kimi no uso
Shigatsu wa kimi no uso

Mystery : Anime dan manga yang bergenre misteri, semuanya masih erat hubungannya dengan sesuatu yang bernuansa misteri 🤣. Entah itu anime yang berjenis seperti detektif-detektifan seperti detektif conan, atau malah anime horror misteri seperti another dan mayoiga atau sejenisnya. Yang jelas semuanya masih menjadi misteri.

P

Parody : Anime dan manga yang ada genre parodi didalamnya. Berarti manga atau anime tersebut, didalam ceritanya ada suatu scene atau adegan yang memarodikan sesuatu didalamnya. Misalnya memparodikan manga atau anime lain, memparodikan suatu tokoh di dunia nyata dan sejenisnya. Contoh anime parodi yang cukup terkenal adalah gintama. Dalam anime ini banyak sekali scene atau adegan parodi yang cukup mengocok perut.



Psychological : Anime atau manga yang ada genre ini. Didalam plot atau cerita anime tersebut. Terdapat suatu kejadian yang dapat mempengaruhi mental, cara pandang atau perasaan seseorang. Misalnya sifat dan juga mental sang karakter utama yang tiba-tiba berubah karena kematian teman atau keluargannya. Contoh mudah dari anime dan manga yang ada genre ini adalah seperti tokyo ghoul dan juga parasyte.

Tokyo ghoul
Tokyo ghoul

R

Romance : Romance atau romansa, merupakan sebuah genre pada anime dan manga. Yang mana dalam plot ceritanya berisi seputar dunia percintaan. Dunia tentang para pemuda pemudi yang sedang dilanda kasmaran.

S

Sci fi : Sci-fi merupakan singkatan atau kependekan dari kata science fiction. Jadi anime atau manga yang mengangkat tema sci-fi. Pasti didalam ceritanya mengandung unsur yang bernuansa fiksi sains. Misalnya seperti adanya game vrmmo, adanya paradoks waktu, adanya makhluk lain di luar angkasa / alien, dan sebagainya.

School life : Yang jelas dari artinya saja sudah diketahui. Pada intinya anime school life membahas masalah seputar dunia anak sekolahan. Entah itu sekolah smp, sma, kuliah dan sebagainya.

Seinen : Hampir mirip seperti manga dan anime bergenre josei. Pada dasarnya anime dan manga yang bergenre seinen ini, menargetkan pasar kepada para pemuda. Para laki-laki dan pria dewasa yang sudah tidak sekolah lagi (sma, dll). Jadi cerita dari anime bergenre seinen ini agak berat untuk dicerna oleh para remaja.

Walaupun konten anime seinen pada dasarnya hampir sama dengan anime shounen. Tapi ya plot yang disajikan lebih dalam, dengan penampakan graphic, gambar dan tema anime atau manga yang agak serius dan berat. Contoh dari anime yang bergenre seinen misalnya seperti inuyashiki, bungo stray dog, parasyte / kiseijuu, gangsta dan sebagainya.

Shoujo : Shoujo merupakan sebuah genre anime atau juga manga yang menargetkan pemasarannya pada para remaja wanita. Jadi anime dan juga manga shoujo lebih cenderung berisi seputar sesuatu yang kiranya disukai oleh para remaja putri. Misalnya seperti sebuah cerita romansa, percintaan dan sebagainya.

Shounen : Shounen merupakan sebuah genre anime dan manga yang menargetkan pemasarannya pada para remaja laki-laki. Jadi isi atau plot cerita pada anime shounen ini penuh dengan aksi dan juga pertarungan. Sebut saja contoh mudahnya seperti anime legendaris dragon ball, naruto, one piece dan lain sebagainya.

Slice of life : Anime dan manga yang bergenre satu ini lebih mengedepankan tema kehidupan nyata, atau tema kehidupan sehari-hari. Jadi dalam plot cerita manga dan anime slice of life ini berisi seputar keseharian karakter utama dan juga para karakter sampingan. Contoh dari anime slice of life misalnya seperti hyouka, clannad, barakamon, gin no saji, yuru camp, dan sebagainya.

Gin no saji / silver spoon
Gin no saji / silver spoon

Sports : Anime dan manga bertema sport atau olahraga, tentunya isinya ya masih membahas seputar dunia olahraga. Contoh anime bergenre sports ini misalnya adalah seperti anime legendaris kapten tsubasa.

Supernatural : Cerita dalam anime dan manga supernatural masih berhubungan dengan sesuatu yang bersifat ghaib atau diluar akal sehat, sains dan nalar. Misalnya sesuatu yang berkaitan dengan hantu, dewa, kekuatan mistis, kekuatan sihir dan sebangsanya.

Superpower : Anime dan manga yang bergenre satu ini mengedepankan kekuatan yang luar biasa hebat dan dahsyat. Kekutan tersebut hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Entah dengan cara apa mendapatkannya, yang jelas karakter dalam anime dan manga yang bergenre superpower memiliki kekuatan yang diluar batas manusia normal. Contoh dari anime yang bergenre superpower ini misalnya seperti saitama, boku no hero academia, dan sebagainya.

T

Tragedy : Yang namanya tragedi, pasti melibatkan sesuatu kejadian di masa lalu yang cukup suram dan dapat membuat seseorang menjadi trauma. Jadi bisa dibilang, anime dan manga yang bergenre ini masih ada hubungannya dengan anime yang bergenre Psychological.

V

Vampire : Dari namanya saja sudah jelas, yang jelas dalam anime dan manga yang bergenre vampire. Pasti karakter utamanya, atau mungkin cerita yang diangkat masih ada hubungannya dengan dunia vampire. Dunianya makhkuk malam, makhluk penghisap darah ini.

Yap, cukup sekian dulu. Begitulah beberapa jenis genre dan subgenre yang biasanya ada dalam manga dan juga anime beserta arti atau penjelasannya. Untuk berbegai jenis genre dalam anime dan manga yang ada di nekocoy dan sebagainya tidak saya bahas. Mengapa demikian ?, Ya jelas lah karena hentong njir. Semoga bermanfaat.

40+ Arti macam genre pada anime dan manga - penjelasan lengkap
4/ 5
Oleh

Leave your comment