Sunday, January 27, 2019

Pengertian dan perbedaan antara vegetarian dan vegan

Vegetarian dan veganisme hampir memiliki kesamaan atau kemiripan. Kedua hal yang tersebut diatas, yakni vegetarian dan veganisme banyak sekali memicu perdebatan di seantero dunia. Ada yang pro dan ada juga yang kontra dengan gaya hidup para vegetarian dan veganisme ini.

Pengertian dan perbedaan antara vegetarian dan vegan

Nah, sebenarnya apakah yang membedakan antara vegetarian dan veganisme ini ?. Untuk jawaban selengkapnya mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

# Apa itu vegetarian ?, Arti dan pengertian vegetarian ?

Di KBBI sendiri, di Kamus Besar Bahasa Indonesia, anda dapat menemui arti dari kata vegetarian ini. Yakni vegetarian kurang lebih di dalam KBBI artinya adalah "Orang yang (karena alasan keagamaan atau kesehatan) tidak makan daging, tetapi makan sayuran dan hasil tumbuhan".



Nah kurang lebih begitulah arti dari kata vegetarian. Singkatnya para vegetarian ini lebih memilih untuk mengkomsumsi produk dari hasil olahan tumbuhan / tanaman dibandingkan memilih untuk memakan produk olahan hewan. Akan tetapi . . .

Para vegetarian tidak mutlak menolak untuk mengkomsumsi semua produk olahan hewan. Ada beberapa jenis vegetarian yang didalam kesehariannya masih mengomsumsi telur, madu, susu, ikan, unggas dan sebagainya.

- Jenis-jenis vegetarian

1. Semi vegetarian : Makan produk tumbuhan dan menghindari memakan produk olahan dari daging merah / daging hewan mamalia.

2. Lacto-ovo vegetarian : Makan produk olahan tumbuhan, menghindari semua jenis daging, namun masih mau makan telur dan produk olahan dari susu.

3. Lacto vegetarian : Makan produk olahan tumbuhan, menghindari semua produk olahan dari telur dan daging, namun masih mau jika mengkomsusmsi susu dan berbagai produk olahannya.

4. Ovo vegetarian : Hanya mau makan produk makanan dan minuman dari tumbuhan dan juga produk makanan dari telur.




5. Pesco vegetarian : Makan produk olahan tumbuhan dan juga ikan. Selain ikan tidak mau, misalnya seperti daging hewan ternak, susu, telur, madu, dll, semuanya tidak mau. Pokoknya dagingnya hanya ikan saja.

# Apa itu veganisme ?, Arti dan pengertian veganisme ?

Veganisme ini merupakan bentuk ekstrim dari para vegetarian. Para vegan, orang-orang yang mempraktekkan gaya hidup veganisme. Mereka menolak semua produk makanan yang asalnya atau berbahan dari hewan. Mereka hanya mau mengomsumsi makanan yang asalnya dari tumbuhan, jamur dan sejenisnya.


Jadi semua produk olahan hewan seperti daging, telur, susu, madu, lemak dan sebagainya. Pokoknya itu asalnya dari hewan / binatang, pasti mereka akan menolaknya atau tidak mau makan. Pokoknya mereka hanya mengomsumsi produk makanan dan minuman yang asalnya dari tumbuhan atau tanaman saja.

Nah begitulah kiranya pengertian dan perbedaan antara vegetarian dan juga veganisme. Perbedaannya hanya terletak pada hewan atau juga produk olahan hewan yang dikomsumsi saja. Jika para vegetarian masih mau makan daging dan juga produk olahan hewan tertentu. Sedangkan para vegan mutlak tidak mau mengkomsumsi makanan yang asalnya dari hewan.

# Baca juga :

Dampak buruk, efek negatif vegetarian bagi seluruh dunia

Artikel terkait

Pengertian dan perbedaan antara vegetarian dan vegan
4/ 5
Oleh

Leave your comment