Friday, February 15, 2019

Tidak sengaja minum air mentah, apa akibatnya ?

Ya sekedar iseng-iseng lagi. Mungkin anda secara tidak sengaja pernah minum air mentah ?. Entah itu karena tidak sengaja tertelan waktu kumur-kumur, waktu berenang, dan masih banyak penyebab lainnya. Nah, jika hal ini sudah terjadi, kira-kira adakah dampak buruk dari meminum air mentah ini ?.

Tidak sengaja minum air mentah, apa akibatnya ?

Untuk jawabannya sendiri tergantung dari banyak faktor. Misalnya seperti sumber air mentah, daya tahan tubuh, dan juga seberapa banyak anda menelan atau meminum air mentah tersebut.

Jika air mentah yang anda minum sangatlah bersih, dan juga air yang mengalir. Misalnya air dari sumber mata air, saya rasa hal ini tidak terlalu berbahaya. Yang berbahaya justru adalah air yang diam, atau genangan air semisal kolam renang dan sejenisnya. Karena dalam air yang tergenang tersebut, tentunya banyak sekali terkandung berbagai jenis makhluk hidup semisal bakteri, mikroba, plankton dan sejenisnya yang dapat membuat anda menjadi sakit. Misalnya yang ringan ya mencret atau diare.



Akan tetapi semuanya kembali kepada anda sendiri. Yang jelas manusia adalah makhluk yang sangat baik dalam berdaptasi. Misalnya jika anda terjebak di hutan dalam waktu yang lama. Tentunya lambat laun anda akan terbiasa mengonsumsi yang namanya air mentah.

Yang jelas, yang perlu diperhatikan untuk kesehatan anda tentunya ya ketiga hal yang tersebut diatas tadi. Yakni . .

1. Sumber air
2. Daya tahan tubuh
3. Kadar air yang tertelan

Untuk akibat dari meminum air mentah sendiri, paling-paling ya cuma sakit perut doang. Kalau kebablasan ya bisa sampai membuat mencret atau diare. Untuk mengatasi masalah ini, ya anda tinggal minum obat diare saja.

Jika dalam waktu tertentu penyakit anda tidak kunjung membaik, ya langsung saja hubungi dokter. Cukup simpel dan mudah dimengerti 😊

Artikel terkait

Tidak sengaja minum air mentah, apa akibatnya ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment