Friday, March 29, 2019

Pengertian dan perbedaan antara warga digital dan warganet

Dunia maya atau internet merupakan sebuah sarana atau media komunikasi dan informasi yang sangat pesat sekali perkembangannya di dekade ini. Banyak sekali segala sesuatu yang sudah didigitalisasi, dan di onlinekan. Atau istilah mudahnya, banyak hal yang sudah bisa dilakukan dengan cara online. Berbeda dengan beberapa puluh tahun yang lalu, sekarang Hanya dengan sekali klik saja, langsung dapat yang kita butuhkan.

Pengertian dan perbedaan antara warga digital dan warganet

Misalnya seperti belanja online, berita / media online, hiburan online, sosial media dan masih banyak yang lainnya. Semuanya sudah serba canggih, didigitalisasi dan juga sudah menggunakan teknologi internet yang sangat mudah dijangkau oleh semua kalangan.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai warga digital dan juga warganet. Kedua istilah ini memiliki satu hubungan yang saling terkait antara yang satu dengan yang lainnya.



# Apa itu warga digital ?

Warga digital adalah individu atau orang yang mampu menilai sesuatu yang baik dan juga mampu menilai sesuatu yang salah didalam dunia digital. Dalam hal ini, sebut saja mereka sudah tahu dan ahli dalam bidang teknologi informasi / TI. Termasuk didalamnya mengenai internet, media sosial, dan segala jenis variannya.

Para warga digital ini sadar diri dan cukup handal didalam memanfaatkan teknologi yang ada. Mereka bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Dan mereka sanggup untuk mempertanggungjawabkan semua tindakan yang diperbuatnya. Dalam artian memiliki perlindungan hukum. Misalnya seperti masalah hak cipta dan sejenisnya.

# Apa itu warganet ?

Seperti yang sudah sering saya bahas pada postingan-postingan yang lainnya. Pada dasarnya netizen atau warganet ini adalah orang-orang yang sering aktif di dunia maya. Mereka adalah para pengguna internet dan sosial media yang aktif didalamnya. Misalnya mereka aktif didalam pergaulan di sosial media, aktif mencari informasi di internet, aktif mencari hiburan di dunia maya, dan seterusnya. Bisa dibilang warganet atau netizen ini ya sama saja artinya dengan warga internet.


# Perbedaan antara warga digital dan warganet

Pada dasarnya orang yang bisa disebut sebagai warga digital, mereka juga tentunya cukup aktif didalam menggunakan teknologi internet ini. Dan mereka paham betul dengan segala aksi yang dibuatnya. Dalam artian bisa memilah dan memilih mana informasi yang baik atau juga yang salah, semisal hoax dan sejenisnya.

Sedangkan warganet, tidak semuanya termasuk kedalam warga digital. Karena banyak warganet yang gaptek dengan teknologi. Dan juga banyak warganet yang mudah sekali tertipu dengan hoax dan sejenisnya.

Ya, cukup simpel sekali didalam membedakannya. Namun, umumnya para warga digital ini merupakan kalangan elit yang memiliki berbagai jenis ilmu seputar teknologi dan internet. Semisal seorang penulis blog, ceo toko online, para pebisnis online, para programmer, web dev, artist (pembuat ilustrasi / gambar digital), dan masih banyak yang lainnya.

Pengertian dan perbedaan antara warga digital dan warganet
4/ 5
Oleh

Leave your comment