Saturday, March 30, 2019

Tidak punya teman, apa yang harus saya lakukan ?

Rasanya semakin bertambahnya tahun, semakin banyak juga para anak dan remaja yang memiliki masalah ini. Apalagi bagi mereka-mereka yang tinggal di kota. Rasanya yang namanya teman setiap hari semakin langkah. Dan banyak diantara mereka, entah karena berbagai sebab dan alasan. Memilih untuk tidak aktif dalam pergaulan, menarik diri dari pergaulan, dan ujung-ujungnya sampai tidak punya teman sama sekali.

Tidak punya teman, apa yang harus saya lakukan ?

Banyak sekali berbagai sebab yang melatar belakangi seorang anak yang tidak memiliki teman sama sekali. Salah satu penyebab utama tentu karena faktor lingkungan, dan yang paling berpengaruh adalah lingkungan keluarga. Yakni karena pengaruh dari orang tua dan keluarga dekat yang ada. Misalnya karena ketidak pedulian dari orang tua, orang tua yang overprotective dan sebagainya. Sehingga nantinya si anak, di masa depan nanti akan menjadi anak yang kuper, sulit bergaul, takut bergaul dan ujung-ujungnya ngenolep ngak punya teman.

Nah, jika hal ini terjadi pada anda. Anda tidak punya teman satupun, kira-kira apa yang harus dilakukan ?. Jawaban yang paling tepat tentu adalah mencari teman 😂. Nah, pertanyaannya adalah bagaimana caranya ?, Dan teman seperti apakah yang harus dicari. Tentu, anda sendiri yang lebih mengetahuinya.



Yang jelas, setidaknya carilah teman yang baik yang dapat membawa dampak atau pengaruh positif pada anda. Sehingga nantinya anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sekarang.

# Penyebab seseorang yang tidak memiliki teman

1. Kesalahan didikan dari orang tua
2. Anak korban bully
3. Anak yang memiliki trauma
4. Tidak ada teman sebaya
5. Pemalu
6. Minder, merasa rendah diri
7. Memiliki gangguan kecemasan sosial (fobia sosial)
8. Dan masih banyak yang lainnya

# Teman online

Ya, karena teknologi yang semakin canggih. Rasanya semuanya sudah dimudahkan begitu saja. Termasuk didalam hal ini adalah mengenai komunikasi. Dengan adanya gadget semisal hp dan smartphone. Dengan adanya teknologi komunikasi dan informasi semisal internet. Maka rasanya yang dekat semakin menjauh, dan yang jauh seringkali malah menjadi semakin dekat.

Orang-orang setiap hari disibukkan dengan gadgetnya. Mereka selalu aktif di sosial media. Aktif membuat pertemanan baru di media sosial, aktif bergaul dan bercanda tawa didalamnya. Namun, kenyataannya berbanding terbalik dengan keadaannya di dunia nyata. Karena banyak para aktivis online, orang yang sering online dan aktif di sosial media. Mereka pada umumnya diisi oleh orang-orang yang sama sekali tidak memiliki kehidupan di dunia nyata. Dalam artian tidak punya teman di real life. Sadboy, sadgirl, nak nolep, selalu kesepian, merasa sedih dan sendiri 😭. Ya, begitulah kenyataan yang ada, Sungguh ironi diatas ironi.

# Mencari penyebab masalah

Jika anda kesulitan dalam bergaul dan mencari teman. Coba dulu anda pikirkan, apakah kiranya yang menganggu dan menjadi masalah bagi anda ?. Mengapa anda takut untuk bergaul ?, Mengapa anda takut untuk berteman ?. Ada yang salahkah dengan diri anda ?. Atau anda memiliki trauma dan rasa tidak percaya terhadap orang lain ?. Yang jelas renungkan hal ini. Tanya pada hati kecil anda, mengapa kok saya bisa begini, bisa tidak punya teman ?.


# Mulai berubah

Jika anda sudah menemukan akar masalah dalam diri anda. Anda sudah mengenali diri anda sendiri. Anda sudah tahu penyebab utama mengenai anda yang tidak memiliki teman, atau malah tidak ingin berteman. Maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara untuk berteman, menemukan teman sejati, menemukan sahabat yang dapat diajak bercanda tawa bersama didalam suka dan duka ?. 😁

Nah, cara yang paling mudah tentu anda harus keluar dari zona nyaman anda terlebih dahulu. Coba kontak kenalan anda, kontak teman sekolah anda, kerabat dan tetangga dekat anda. Mulai jalin silaturahmi. Yang paling mudah misalnya dengan cara beribadah bersama. Semisal sholat berjamaah, dengan ini maka pintu silaturahmi dan kekeluaargaan akan semakin terbuka lebar.

Walaupun terasa sulit bagi sebagian orang. Tapi jika anda berusaha, pasti suatu saat semuanya akan berubah. Yang jelas, janganlah anda sampai ngenolep atau mengurung diri dirumah dan dikamar terus menerus saja. Carilah kebahagiaan hidup dalam diri anda. Semoga, saya dan anda semuanya para pembaca. Dapat mengatasi semua permasalahan ini, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi 😭. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . .

# Baca juga :

Ini dia 5 Cara mengatasi nolep / no life dengan cepat dan mudah
Apa itu arti Hikikomori dan NEET / HikiNeet ?
Apa itu broken home ? Arti, pengertian keluarga dan anak broken home
Kenapa saya jomblo ? Kenapa saya jones ? Ini dia jawabannya ?
Penyebab gugup, penyebab rasa gugup saat berbicara, di depan umum, dll

Tidak punya teman, apa yang harus saya lakukan ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment