Saturday, June 30, 2018

Apa itu arti no life, pengertian, ciri, penyebab anak menjadi nolife / nolep ?

Anda tentu sering menemui istilah nolep atau no life di sosial media. Terutama di berbagai grup nak wibu, otaku dan anak meme yang ada. Banyak diantara mereka yang seringkali membahas masalah nolep ini. Dan banyak juga diantara mereka yang bangga menjadi anak nolep ๐Ÿ˜. Hal ini terutama sering saya temui di berbagai grup wibu, otaku, anime yang ada di media sosial, Terutama di facebook.

Apa itu arti no life, pengertian, ciri, penyebab anak menjadi nolife / nolep ?

Nah, dari sini sebagai orang awam. Tentunya anda sedikit bingung dengan yang namanya istilah nolep / nolife ini. Dan dari pengertian bahasa inggris yang ada, anda mungkin sempat mengira istilah nolep ini asalnya dari sebuah game ?. Misalnya anda megira arti no life sama halnya dengan "tidak hidup". Dan hal yang identik dengan tidak hidup pastilah kematian. Dan orang mati alias orang nolep yang hidup cuma ada di dalam game. Semisal seperti para undead, zombie, mummy, dan sebangsanya yang ada didalam cerita horror atau juga di game-game rpg dan sejenisnya ๐Ÿ˜‚.

nolep / no life
Anggap saja anak nolep / no life

Nah, hal yang tersebut diatas tidak sepenuhnya salah, dan tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya berikut ini arti dan definisi dari nolep / no life.

A. Apa itu pengertian nolep / no life ?

Nolep pada dasarnya merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa gaul atau slang yang beredar luas di dunia maya. Nolep sendiri merupakan plesetan dari sebuah istilah yang bernama "No life". Dan nolife ini jika kita terjemahkan dari bahasa inggris kedalam bahasa indonesia, kita dapat mengartikannya secara kasar sebagai "Tidak hidup".



Nah kira-kira kondisi tidak hidup apakah yang dimaksud disini ?. Tidak hidup yang dimaksud disini tentu adalah orang-orang yang tidak memiliki kehidupan. Alias tidak menikmati hidupnya dengan baik, serasa mati, serasa jadi robot, atau mungkin jadi mayat ๐Ÿ˜ต ?. Dan dari sini, istilah nolep terbagi menjadi dua kubu. Kubu yang pertama adalah . . ..

1. Nolep atau nolife = fobia sosial

Pada dasarnya nolep / no life adalah sebuah kondisi dimana seseorang menutup diri dari pergaulan, membatasi diri dalam interaksi sosial. Sehingga dirinya menjadi terisolasi atau juga terjebak didalam zona nyamannya sendiri.

Nah, dari sini tentu akan tercipta suatu kondisi dimana si anak nolep, bocah nolep atau remaja nolep dan orang nolep lainnya menjadi merasa canggung atau bahkan ketakutan jika dihadapkan dengan interaksi sosial. Hal ini terjadi karena mereka sudah terlalu lama didalam menutup diri dan kurang berpengalaman didalam aktivitas sosial. Dalam artian mereka menjadi enggan untuk bertemu dengan orang lain, takut berada di keramaian, merasa risih didalam acara perkumpulan / kelompok, dan sebagainya.

Apa itu arti no life, pengertian, ciri, penyebab anak menjadi nolife / nolep ?
Potret nak nolep ketika disapa orang

Sehingga nantinya menciptakan berbagai perasaan yang tidak nyaman saat dihadapkan dengan kondisi yang demikian. Misalnya seperti badan gemetaran, muncul keringat dingin, sensasi ingin buang air kecil, merasa cemas, panik dan sebagainya.

Dari sini dapat kita simpulkan anak nolep ini mengalami gangguan kecemasan sosial, atau social anxiety disorder bin fobia sosial.

2. Nolep / nolife karena keadaan

Orang-orang yang setiap hari bekerja keras, bekerja nonstop 25 jam sehari ๐Ÿค”. Sehingga tidak ada waktu bagi dirinya untuk beraktivitas sosial. Semisal hanya untuk bermain dan tegur sapa dengan tetangga. Sebagai contoh seperti para programmer, dkk yang bekerja sendirian tanpa tim. Atau juga misal orang yang kerja, terus pulang langsung tidur, diam di kamar dan sebagainya.

Hal ini juga bisa dibilang sebagai orang yang nolep / no life. Orang-orang yang tidak memiliki kehidupan, orang yang tidak hidup. Waktu terbuang hanya untuk kerja dan kerja saja. Dan tidak terasa waktu telah berlalu diisi dengan kesendirian. ๐Ÿ˜ญ

Kurang lebih begitulah arti dan definisi dari istilah nolep / no life. Secara singkatnya orang yang nolep ini tidak memiliki kehidupan sebagai seorang manusia yang makhluk sosial. Jadi hari-harinya diisi kebanyakan dengan kesendirian saja. Jauh dari aktivitas sosial, jauh dari interaksi sosial, Selalu asik dan sibuk sendiri.

B. Ciri-ciri anak nolep / no life

Untuk ciri-ciri dari orang yang nolep sendiri, sebenarnya cukup mudah untuk dikenali. Yang jelas ciri utama dari mereka ini, mereka selalu saja sendiri gan ๐Ÿ˜‚, anggap saja jomblo. Untuk ciri yang lainnya ada di bawah ini.

Apa itu arti no life, pengertian, ciri, penyebab anak menjadi nolife / nolep ?
Potret nak nolep ketika begadang

1. Selalu asik sendiri.
2. Banyak menghabiskan waktu didalam ruangan, semisal di kamar atau di rumah sendirian.
3. Selalu terlihat online, banyak menghabiskan waktu di dunia maya. Baik itu untuk internetan, browsing, streaming, main medsos, main game online dan sejenisnya.
4. Nak nolep Kebanyakan didominasi oleh para wibu, otaku, anak introvert dan anak-anak broken home.
5. Jarang keluar rumah, jarang main di luar.
6. Sekalinya keluar rumah kalau ada perlunya saja.
7. Suka menundukkan kepala dan berjalan dengan cepat kalau sedang keluar rumah.
8. Sering menghindari kerumunan orang, memutar jalur hanya demi menghindari sekumpulan orang di jalan.
9. Mudah gemetaran di saat berbicara dengan lawan jenis atau orang asing yang tidak begitu dikenal.
10. Cara bicara yang terbata-bata, nada suara yang tidak beraturan, entah itu terlalu rendah atau keras disaat berbicara dengan orang lain.
11. Umumnya banyak yang pendiam dan pemalu.
12. Tidak berani menatap mata lawan bicara.
13. Menghindari pergaulan dan pertemanan dengan berbagai alasan.


C. Penyebab seseorang menjadi nolep

Orang yang nolep siapapun itu, tidak peduli usia, mau muda atau tua, baik itu anak-anak atau remaja. Kesemuanya yang nolep tidak mungkin ujug-ujug begitu saja jadi orang yang nolep. Karena pastinya ada saja penyebab yang menyebabkan orang tersebut menjadi seperti demikian.

Diantaranya, berbagai penyebab yang menyebabkan seseorang menjadi nolep misalnya adalah karena.

1. Pengalaman pahit / traumatis

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang menempuh cara hidup yang nolep ini. Diantaranya ya ini, yakni pengalaman buruk di masa lalu. Pengalaman hidup yang dapat membuat seseorang menjadi kehilangan rasa percayaan diri, maupun kehilangan kepercayaan terhadap orang lain / masyarakat. Hal ini misalnya terjadi pada . . . .

- Anak korban bullying.
- Anak yang hidup di keluarga broken home.
- Seseorang yang selalu di kacangin atau tidak dianggap dan dikucilkan.
- Orang yang sering dimanfaatkan teman / kenalan.
- Dan sebagainya...

2. Karena keadaan

Keadaan buruk didalam lingkungan pergaulan maupun lingkungan tempat tinggal juga dapat memaksa seseorang untuk menjadi nolep. Selain keadaan lingkungan pergaulan dan tempat tinggal, masalah pekerjaan juga dapat menjadikan seseorang menjadi no life.

Nah, untuk selengkapnya berikut penyebab seseorang yang menjadi nolep / no life karena keadaan.

- Sering pindah-pindah rumah
- Lingkungan pergaulan yang buruk, misalnya sekampung isinya bocah barbar semua.
- Pekerjaan yang memakan banyak waktu.
- Tidak punya uang, atau lagi bokek.
- Sedang bersembunyi dari seseorang / sesuatu ๐Ÿค”.
- Dan lain sebagainya.

3. Kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk yang dimanjakan juga dapat membuat seseorang menjadi nolep. Hal ini terutama sering terjadi pada orang-orang introvert yang selalu saja asik sendiri, kebanyakan menikmati waktu sendiri. Sehingga akhirnya kebablasan jadi nolep.

Untuk selengkapnya berikut penyebab seseorang menjadi nolep / no life karena kebiasaan buruk.

- Terlalu asik menikmati hobi, misalnya keasikan ngewibu, nonton anime, baca manga, baca novel, main game, ngemedsos, streaming video dan sejenisnya.
- Hobi tidur dan malas-malasan, setiap hari tidur lebih dari 12 jam.
- Kecanduan game, internet, gadget, anime dan sebagainya.
- Dan lain sebagainya.

4. Karena pilihan

Yang satu ini alasan klasik orang-orang nolep yang selalu denial. Mereka mengaku bangga menjadi nolep, karena katanya mereka menikmati hidup no life-nya. Katanya sih mereka jadi lebih tenang, terhindar dari busuknya dunia luar, dan sejenisnya. Tapi, menurut saya sendiri sih hal ini cuma omong kosong belaka, alias cuma penyangkalan semata. Didalam hatinya sendiri mungkin dia lama-lama juga berontak dan tidak ingin jadi nolep lagi. Whi knows ๐Ÿค—..

D. Perbedaan antara introvert, nak nolep dan hikikomori

Yang jelas ketiga istilah ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada dasarnya introvert ini merupakan kepribadian seseorang yang lebih menyukai kesendirian dan ketenangan, namun masih lancar saja kalau dihadapkan dengan interaksi sosial. Walaupun juga terkadang ada sedikit hambatan, misalnya merasa enek kalau terlalu lama di keramaian.

Sedangkan orang nolep ini di dominasi oleh orang yang mengidap fobia sosial. Sehingga mereka tidak terlalu menyukai yang namanya interaksi sosial atau berada di keramaian. Dan didalamnya didominasi oleh perasaan takut untuk bersosialisasi.

Sedangkan hikikomori ini merupakan tahap lanjutan dari nak nolep. Dimana mereka para hikikomori sudah sepenuhnya menyerah dengan kehidupan sosial, dan memutuskan diri untuk menutup diri dari segala aktivitas sosial. Hingga pada akhirnya mereka akan selalu berada didalam kamar / rumah. Tidak mau keluar darinya.

Cukup sekian dulu pembahasan mengenai arti dari nolep dan no life didalam bahasa gaul, serta berbagai ciri anak nolep maupun penyebab seseorang menjadi nolep. Untuk pembahasan lanjutan anda dapat membacanya di artikel bawah ini.

# Baca juga :

Ini dia 9 Jenis orang nolife / nolep, Termasuk tipe anak no life yang manakah kamu ?
Ini dia 5 Cara mengatasi nolep / no life dengan cepat dan mudah
5 Cara menjadi nolep / no life
Perbedaan antara introvert, nolep dan hikikomori
Tes apakah anda nolep atau tidak ? Cek disini

Artikel terkait

Apa itu arti no life, pengertian, ciri, penyebab anak menjadi nolife / nolep ?
4/ 5
Oleh

119 comments

July 9, 2018 at 7:31 AM delete

๐Ÿคฃ, ane juga nolife gan. Makanya bisa tahu ma pengertian, ciri n penyebab jadi anak nolep. ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
July 14, 2018 at 8:46 PM delete

w nolep udah lama nih min.
entah knp males bgt main d luar rumah
ga ada solusi gitu ?

Reply
avatar
July 15, 2018 at 7:56 AM delete

Turut berduka ane gan ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
July 15, 2018 at 8:00 AM delete

Semuanya berasal dari dalam hati gan ๐Ÿ˜’. Ane juga nolep, dah lama malahan. Ntahlah, mungkin dah nasib ๐Ÿ˜ซ๐Ÿ˜ญ.

Reply
avatar
July 15, 2018 at 2:37 PM delete

kalo gabisa bergaul males keluar rumah termasuk nolep kah '-

Reply
avatar
July 16, 2018 at 6:04 AM delete

Kuper, diem trus di rumah = nolep juga ๐Ÿคฃ

Reply
avatar
July 18, 2018 at 4:40 PM delete

Makasih min penjelasannya, awalnya gw binung byk postingan tntg "nolep" trnyata itu plesetan dri no life ya...
Dan gw jg ngerasa itu "lebih nyaman di kesepeian dri pd di keramaian"

Mampir min ke blog ane yg jarang update Nrechel.com

Reply
avatar
July 19, 2018 at 9:47 AM delete

Ya, setidaknya main2 keluar lah gan. Kalau di rumah trus ntar jadi bahan omongan tetangga ๐Ÿ˜ญ. N lama-lama juga bisa kena phobia sosial, kalau keterusan bersemedi di rumah.

Reply
avatar
Anonymous
July 19, 2018 at 9:49 AM delete

Gw juga nolep gan:')

Reply
avatar
July 24, 2018 at 8:18 PM delete

Gw jg nolep.. lama bgt sejak sd smp skrg.. udh punya ank.. msih males bgt kluar2 ngumpul. Ujug2 ngrumpi ngomongin org .males..

Reply
avatar
July 25, 2018 at 1:59 PM delete

Ane nolep dari lair tu gan

Reply
avatar
July 26, 2018 at 6:16 AM delete

Mana ada tuh nolep dari lahir. Palingan yang ada karena situ di suruh ortu diem trus dirumah. Misalnya kalau orangtuanya overprotective. Dan masih banyak penyebab lainnya.

Reply
avatar
July 28, 2018 at 9:23 PM delete

Mungkin saya juga termasuk nolep, males keluar rumah, phobia sosial karna gagal nikah, mungkin udah takdir lebih nyaman di kesepian๐Ÿ˜ค

Reply
avatar
July 29, 2018 at 3:09 PM delete

Wah ๐Ÿ˜ซ๐Ÿ˜ญ ngenes amat jalan hiduplu gan. Yang sabar aja. N jangan lupa move on...

Reply
avatar
July 29, 2018 at 3:11 PM delete

Nah ini juga bisa jadi penyebab utamanya gan. Gara-gara orang tua yang overprotective, si anak akhirnya jadi kesulitan bersosialisasi. Jadinya ntar dia kena phobia sosial, minderan n nolep dh.

Reply
avatar
August 14, 2018 at 11:40 AM delete

Disaat semua teman, anggota keluarga, tetangga, n semua orang dekat pada extrovert. N diri sendiri seorang introvert. Disitulah kehidupan seorang nolep bermula. -squidwerd tenpoles

Reply
avatar
August 14, 2018 at 4:57 PM delete

Ane nolep sejak dari SMP ... Sejak tau yg namanya game online ... Ane jadi sering main ke warnet ... Terus di beliin laptop sendiri ...sejak saat itu lah ane nolep ๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
August 17, 2018 at 9:53 PM delete

Gw juga nolep
malah parah, tiap hari meluk dakimakura husbu.
G suka masuk organisasi kampus.
solusinya apa min biar kagak nolep?
:(

Reply
avatar
August 18, 2018 at 7:39 AM delete

๐Ÿ˜ญ press F. Jadian ma ane j gimana ?. ๐Ÿ˜ซ

๐Ÿ˜ Coba ja main bareng ma teman yang sehobi. Misal sesama vvibu.

Reply
avatar
August 18, 2018 at 7:41 AM delete

Solusinya laptop nte sedekahin ke ane. Terus nte main ke warnet lagi.

Reply
avatar
August 18, 2018 at 4:42 PM delete

Gua no life udah 3tahun..
Dan segitu lamanya aja udah bikin gua takut masa depan gua, bagaimana dengan hari esok lusa dan seterusnya..
No life itu ada baik dan buruknya..
Baik bisa jauh dari pergaulan bebas, buruknya ya begitulah..

Reply
avatar
August 19, 2018 at 6:10 AM delete

Untung u baru 3 Tahun jadi nolep, lah bagaimana dengan yang dari kecil sampai gede jadi nolife ?.

Misalnya kayak si gaara ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
August 20, 2018 at 5:14 PM delete

Gw saking no life sampe lupa nama temen gw njir

Efek No left se taun

Dan jujur sampe sekarang gw madih aj gatau and ... Mager nanya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
August 21, 2018 at 2:53 PM delete

Press F ๐Ÿ˜‚ . Njir ggwp gan. Ane tebak pasti nte kalau panggil nama temen ngak pakek namanya, tapi pakek he, anu, situ, dll.

Reply
avatar
August 29, 2018 at 7:29 PM delete

Adakah grup chat sesama nolep?

Reply
avatar
August 29, 2018 at 7:30 PM delete

Sesorang tolong aku������

Reply
avatar
August 30, 2018 at 8:58 AM delete

Jadi ngak tega lihat komentar2 nak nolep ๐Ÿ˜ซ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
September 2, 2018 at 12:50 PM delete

Yg komen nolep smua haha ๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
September 2, 2018 at 1:55 PM delete

Haha ๐Ÿคฃ, nte juga ya gan ?

Reply
avatar
September 4, 2018 at 3:06 PM delete

keluar rumah cuman klo ada keperluan dan kadang kumpul/nongkrong bareng temen meskipun rada jarang (coz pada sibuk wkwkw) dan keluar rumah cuman buat beli makanan kadang suka nyapa tetangga juga. termasuk no life juga bukan ya bro? apa setengah no life setengah normal wkwkwk

Reply
avatar
September 4, 2018 at 3:48 PM delete

Kadang suka nyapa tetangga ya ?. Nyapanya kayak gimana ?. Senyum-senyum nyengir gitu kah ๐Ÿคฃ.

Entahlah, mungkin nte masih normal.

Reply
avatar
September 4, 2018 at 7:23 PM delete

gw nolep gan...malah gk biasa kalau ketemu orang baru๐Ÿ˜‚aneh aja gitu rasanya๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
September 5, 2018 at 1:58 PM delete

Aneh apa malu ?. Malu pa takut ? ๐Ÿ˜ถ

Reply
avatar
September 7, 2018 at 6:30 PM delete

Bang mampir di blog gue ya! Artikel ini rivalnya artikel saya ,sama sama mbahas nolep,, selamat karena sementara ini artikelnya page one nomor 1,,,

Reply
avatar
September 8, 2018 at 8:59 AM delete

Nurhape ya blognya ?. Mantep juga gan bisa pejwan ๐Ÿ˜ฎ.

Reply
avatar
September 8, 2018 at 10:51 AM delete

Nurhape :v, nuhapedia om
Btw, cara keterima adsense gmn yak?

Reply
avatar
September 8, 2018 at 2:21 PM delete

Kumohon selamatkan aku dari kenolepan ini ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข

Reply
avatar
September 8, 2018 at 2:24 PM delete

Kuylah. Biar bisa sharing ๐Ÿ˜ข

Reply
avatar
September 8, 2018 at 4:04 PM delete

Oot lu njr, jadi ngak ane jawab. Disini khusus buat nak nolep ja ya ๐Ÿ˜ท

Reply
avatar
September 8, 2018 at 4:05 PM delete

Coba cari komunitas introvert, psikologi, phobia sosial, dll di facebook. Kali ja disana da yang bisa bantu ๐Ÿ˜‰.

Reply
avatar
September 9, 2018 at 7:35 AM delete

gue dulu nolep gara2 dirumah ada wifi ๐Ÿ˜‚
pas main keluar sama temen aktifitasnya pun palingan cuma ke warnet main pb (dari pagi sampe malam klo lagi libur) sampe2 ada yg dibilang penjaga warnet :v

Reply
avatar
September 9, 2018 at 11:50 AM delete

Memang gitu dah teknologi zaman now ๐Ÿ˜‚, sekarang banyak gadget. Jadi tiap orang pada asik sendiri ma gadgetnya. Beda ma tahun 2000an ke bawah, di mana-mana banyak anak yang main diluar rumah.

Entah kayak main kelereng, petak umpet, gobak sodor, polisi2 an, layangan, dll. ๐Ÿ˜ซ Legend lah pokoknya.

Bandingkan ma zaman sekarang, bocah tk & sd ja dah pada asik main game di hpnya. Palagi dandanannya, modis, norak n sudah kenal ma yang namanya pacar2an. ๐Ÿ˜ญ Sering ngetoxic lagi, ...

Reply
avatar
September 10, 2018 at 5:04 PM delete

gue juga nolep gan :) nolep itu gaya hidup

Reply
avatar
September 11, 2018 at 5:17 AM delete

Ggwp mank, ๐Ÿ˜ฑ Hidup seperti larry.

Reply
avatar
September 13, 2018 at 8:03 AM delete

Gue jug nolep + introvert karna sering di kacangin mlas lbh baik hdup sndri

Reply
avatar
September 13, 2018 at 8:39 AM delete

Sabar gan, hidup itu memang keras. Kata patrick si, hidup itu terkadang tidak adil, jadi biasakanlah dirimu.

Reply
avatar
September 13, 2018 at 5:16 PM delete

Ya, karena pengalaman yg pahit
Seandainya gk terjadi pasti gk akn kyk gini

Reply
avatar
September 13, 2018 at 11:24 PM delete

Gue jadi nolep karna game&patah hati,gak percaya lagi gue ama perempuan

Reply
avatar
September 14, 2018 at 7:46 AM delete

Ane sering diceramahin sama cewe" di kost"an ane, katanya sering-sering keluar, biar bisa bergaul sama anak kost yg laen. Trs katanya lagi mahasiswa gak boleh hidup kayak gitu. ���� Tapi rasanya klo ane ketemu bnyak orang kok rasanya kek pusing gitu yah? Apa itu sebuah penyakit?

Reply
avatar
September 14, 2018 at 8:43 AM delete

Kok jadi serem ya ?. Nte masih normal kan ๐Ÿ˜ฑ. Btw, tiap hari kerjaannya mabar ya ?

Reply
avatar
September 14, 2018 at 8:45 AM delete

Mungkin fobia sosial gan. Ketakutan irasional saat dihadapkan dengan kerumunan, keramaian atau banyak orang. Bawaanya kalau di keramaian, atau pas ketemu orang asing jadi negatif thingking, minder, salting, dll.

Reply
avatar
September 14, 2018 at 9:28 PM delete

Ane nolife
Sejak kpan? Hmm mungkin 10tahun yang lalu, tapi ane bukan introvent.. Unik ekwk

Reply
avatar
September 15, 2018 at 8:07 AM delete

Ntu bukan unik gan, tapi lagi afa masalah ma pikiran nte. Da gangguan psikis, kayak phobia, minder, dll.

Reply
avatar
September 16, 2018 at 9:59 AM delete

Wkwkek gue nijikon cuma tertarik ama cowok 2D doang
masalahnya gw ga ada temen wibu disini

Reply
avatar
September 16, 2018 at 4:02 PM delete

Cantik-cantik sukanya ma 2D. Press F, resiko ditanggung penumpang.

Coba ja berontak, ubah gaya hidup. Keluar dari zona nyaman, dalam artian berhenti ngewibu. Walaupun dirasa sulit, entar juga bisa henshin. Sedikit2 jadi bukit, air setetes demi tetes dapat menghancurkan batu yang keras. Begitulah . .

Reply
avatar
September 17, 2018 at 5:11 PM delete

Anjrit we juga nolep min udah 4 tahun dari kelas2 SMP sampai kelas 3 stm...padahal dulu ane pernah ikut PBB disekolah Ama karang taruna didesa gue karena males keluar pengen krumah sendirian malah keterusan jadi pas ketemu temen di lingkungan rumah malah cannggung.....andai waktu bisa berputar. Anjir :v

Reply
avatar
September 17, 2018 at 7:12 PM delete

Gan, solusinya gimana ya biar ga nolep dan introvert? Ngebayangin masa depan tanpa teman serem juga njirr..

Reply
avatar
September 18, 2018 at 9:10 AM delete

Admin blog ini, alias ane sendiri juga nolep gan. Terus ane harus nanya siapa ? ๐Ÿคฃ Buat yang tanya-tanya diatas ane. ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
October 21, 2018 at 3:24 AM delete

Semuanya ada di gua,tapi w cuman ada satu temen, itupun kagak terlalu dekat juga sih,apa masih disebut no life?

Reply
avatar
October 21, 2018 at 9:37 AM delete

Ya gan, nte 95% nak nolep. Welcome to the club. ๐Ÿ˜Ž

Reply
avatar
October 30, 2018 at 9:19 PM delete

ane juga nolep udah lama gan dari SMP smpai skrg SMA , ane paling banyak punya temen di game kalau di luar sedikit..

Reply
avatar
October 31, 2018 at 6:03 AM delete

Kalo Begitu Blogger Termasuk Nolife Apa Bukan ya?

Reply
avatar
October 31, 2018 at 6:31 AM delete

Tergantung ๐Ÿคฃ. Kalau bloggernya diem terus di depan pc, laptop / hp ya sama ja nolep. Lah setiap saat selalu online.

Reply
avatar
November 4, 2018 at 5:45 PM delete

Gua nolep waktu kls 2smp karena d gadget akhirnya kebiaasan sih, andai waktu bisa d putar๐Ÿ™ƒ

Reply
avatar
November 5, 2018 at 7:10 AM delete

Sayangnya waktu terus berjalan gan ๐Ÿ˜ญ. Jadi berusaha aja yang terbaik buat memperbaiki diri.

Tidak ada kata terlambat untuk berubah

Reply
avatar
November 25, 2018 at 10:01 AM delete

Gw nolep jg tiap hari online main game trus jarang keluar

Reply
avatar
November 25, 2018 at 11:07 PM delete

Klo di pikir pikir ane baru nyadar setelah kenal arti kata nolep,ane jg sadar penyebab ane noleb gmn waktu kecil ane sama ortu selalu pindah rumah,ane jg dikurung terus dirumah,sd pun ane jg gk tau cara gaul,kata ibu klo main jgn sm anak gitu(tetangga ane) dulu bisa di katain bandel semua jdi ya gitu ane gk tau gaul..ketemu cewek atau ngobrol dri sd sampe baru lulus sma jg malu,gak brani natap wajah,klo ngomong sama orang lain jg ane gk liat wajah ny + ane gagal sbmptn...tpi yah gmn yaa binggung ane jg gk tau harus apa lgi,ane mau berusaha sekeras apa yang ane bisa jg.ane msih binggung buat apa itu teman?apa gunanya?cmn orang egois yng mau menang sendiri kah?ane mikir lebih baik sukses sendiri aja deh,kerja buat hobi aja gk usah nikah kalo mati tinggak sewa pembantu aja toh semua cewe jg egois,ngerepotin,bawel dan sampe sekarang itu msih ada di pola pikir ane...tpi gan ane itu gmn yah susah jg,ane jg punya ambisi walaupun nolep tpi ane punya cita cita yng mau di kerjar,ane berusaha cri kerja setiap malem ane masukin lowongan online(walau belum dapet),klo udah dpt gaji jg gk ane pake buat foya" ane mikir buat kuliah atau ane coba STAN tahun depan ny dan duitnya sama di tabung,mungkin ane pikir klo udh kerja,ane pikir klo udh kerja ane bisa sembuh dri nolep?jujur itu pola pikir ane sekarang,dan entah kenapa dri sd sampe baru lulus sma sekarang ane biasa" aj sama cewe kalo pun suka diem dem aja,moga moga ajaa ane berhenti dri nolep ane jg mau bangkit udh bosen diremehin mulu,tapi kapan ?berjuang jg susah butu waktu gk sehari itu juga..yng ane rasain gk ada temen itu 1 susah buat nyari koneksi lowongan kerja ,2 klo ane di panggil interview gk ush sendirian lgi,3 cari kerja jalan sendiri gk ada temen jdi gmn yahh..binggung jelasin ny..ya moga moga aja lo yng ada disini gk kayak gua dah..smoga beruntung

Reply
avatar
November 26, 2018 at 7:18 AM delete

Reply blogger lagi error nih. Jadi ngak bisa di reply.

@drafael. Ya memang gitu gan, pokoknya masa kecil ntu masa-masa keemasan anak manusia. Orang mau jadi apa, mau jadi seperti apa, semuanya ya karena faktor didikan sedari kecil. Kata orang sih, anak kecil tu bagaikan buku yang masih kosong. Kalau salah ngisi, ya bisa repot jadinya.

Kasus nte, kayaknya hampir sama ma ane. Cuma ane anak korban broken home. Jadi gitu deh, nolep ngak jelas, pemalu, dll, Jadi bingung sendiri. Mau ngerubah juga bingung n susah. Kayak ada yang ngeblokir otak / pikiran gitu. Ujung-ujungnya ya ngenolep lagi dan lagi. Tapi ya ane masih punya cita-cita juga ๐Ÿ˜‚.

Kalau masalah duit ane dapat dari kegiatan online gan. Kayak ngeblog misalnya ๐Ÿคฃ.

Reply
avatar
December 1, 2018 at 9:53 PM delete

W nolep gan Dari sd ampe sma kelas 1 jarang interaksi, bahkan temen smp sengkatan gw aja gak tau kalo aku dari smp yg sama. Uda no life no love pula :(

Reply
avatar
December 2, 2018 at 11:10 AM delete

Sad njir, ngak tahu mau komen apa ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
December 3, 2018 at 8:13 PM delete

Saya juga nolep☺ tiap hari maen game trs ��

Reply
avatar
December 17, 2018 at 3:41 AM delete

Nolep ada baiknya juga
Tp hakikatnya manusia adalah makhluk sosial

Reply
avatar
December 18, 2018 at 10:04 AM delete

ane ga tau nolep apa engga... ane paling sering ngabisin waktu di kos doang.. tpi ane tetap kuliah sama keluar rumah aje.. yah keluar di wifi sih ga ketempat lain. .temen ane banyak yg main ke kos tpi jarang ngumpul gitu di luar klo ngegame jelas tpi ane lebih sering baca novel sih maka nya janrang keluar kuliah 4 hari sisa nya ane di kos doang ga keluar. jadi bingung juga sihh teman sering bilang ane nolep ya udah ane terima aja sekalian bercanda juga.. maksih min repersi nya

Reply
avatar
December 18, 2018 at 10:09 AM delete

Reply blogger error gan, jadi mbalesnya ya di komen aja ๐Ÿ˜ญ. @reza ok & yang lain selamat berjuang ๐Ÿ˜ซ.

Reply
avatar
bay
December 21, 2018 at 9:28 PM delete

kalo gue misalnya pulang dari sekolah terus langsung ke warnet nolep ngak?

Reply
avatar
December 22, 2018 at 8:17 AM delete

@bay, kayaknya ngk deh. Lu kan di warnet main bareng temen. Ngegame bareng, canda bareng, dll.

Reply
avatar
December 27, 2018 at 4:30 PM delete

Gua sering ngegame bro di rumah,temen juga ada banyak si,gue juga sering diajak maen tapi jarang join si.. gk ada duit soalnya wk dan kalau ada acara sosial kayak kumpul remaja gua juga ikutan,cuman gue emang lebih suka dirumah bro... Apakah saya nolep?

Reply
avatar
January 13, 2019 at 7:05 PM delete

Nolep itu kebanyakan wibu ye gak?

Reply
avatar
January 18, 2019 at 3:50 AM delete

Salam aku pembaca baruu. .
Makasi yaa infonyaa

Sekian aja cakep nulis ๐Ÿ˜
Hahahaha

Reply
avatar
January 18, 2019 at 9:54 AM delete

Ye gan, banyak yang vvibu ๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
January 23, 2019 at 7:37 PM delete

Mau cerita dikit nih ,awal nya saya kerja tpi karna kerja nya kurang, ga ke harti (kalo kata sunda nya ) ,terus ane resign ,nah sejak keluar ,gw lebih sering diem di rumah ngerem ,lanjut di komen berikutnya

Reply
avatar
January 23, 2019 at 7:42 PM delete

Gw lebih suka/sering ngerem di rumah ,keluar rumah kadang ,keluar rumah juga klo ada keperluan beli makanan ,olah raga atau ada acara .gw benci keramaian ,karna gw ngerasa canggung dalam keramaian ,damai dalam kesepian .kadang aku gabung juga bersosial tpi dalam acara (acara masyarakt,lingkungan sekitar)

Reply
avatar
January 23, 2019 at 7:51 PM delete

Keseharian gw sekarang malem begadang main game ,pagi nya tidur ,habis tidur makan buka lgi hp sosmed ,sorenya klo ada main bola kadang ikut main .besoknya gitu lgi .di keluarga jarang ngobrol di luar apalagi jrang bgt .
Tpi klo urusan ibadah ya alhamdulillah sholat ngaji lancar ,karna itu sudah kewajiban ,kalo ada acara lingkungan sekitar suka ikutan ,nah sekarang aku mau nanya ,apakah saya termasuk nolep kah ?

Reply
avatar
January 24, 2019 at 11:37 AM delete

@san gaming. Mungkin lu cuma introvert doang. Jadi ya wajar aja sih.

Reply
avatar
February 9, 2019 at 11:57 AM delete

Mandimakan>Kerja>cek anime/game>tidur balik lagi ke awal apa ane termasuk nolep? ane teknisi disalah satu gedung di jakarta kalo kegiatan sosial di kerjaan si ada tp kalo di rumah ane dieman maen ke tetangga aja jarang :v kecuali solat jamaah apa termasuk nolep bre?

Reply
avatar
February 10, 2019 at 11:43 AM delete

Kayaknya si masuk ya pak eko ๐Ÿ˜‚^

Reply
avatar
March 12, 2019 at 1:27 AM delete

Gan tanya aku si punya banyak temen temen main temen sekolah dll. Tapi kalo lagi sama temen² kayak gk enak gitu bagi ane lebih enakan sendiri
Apakah termasuk nolep

Reply
avatar
March 12, 2019 at 9:43 AM delete

@luki efendi mungkin situ kena pengaruh ma anime. Jadi auto oshiete-oshiete yo, n gue banget ๐Ÿ˜‚.

Misalnya niru kaneki, hachiman, n oreki.

Reply
avatar
April 29, 2019 at 6:33 AM delete

Aku memang orang yang berkepribadian introvert. Aku meles banget keluar rumah, benci keramaian, kalau udah masuk kamar itu udah bagai masuk istana, rasanya lebih nyaman. Aku pindah rumah sejak kelas 1 smp dan sampe sekarang aku ga kenal nama tetangga (kira" udah 6.5 tahun) paling kalo keluar trus papasan senyum aja sekedar formalitas. Kalo keluar rumah disuruh ortu mau aja sih tapi selalu pake masker biar ga keliatan, soalnya kalo ga pake masker atau penutup gitu rasanya ga nyaman seperti kayak ada yang terus merhatiin gitu. Semenjak lulus sma gagal snmptn dan sbmptn juga jarang keluar rumah, mungkin kalo keluar rumah itu bisa dihitung berapa kali. Apakah aku juga termasuk nolife/nolep?(aku suka anime juga btw tapi bukan wibu)

Reply
avatar
April 30, 2019 at 2:54 PM delete

@atas ane/mika. Ya nolep juga kayaknya. Dari introvert ber-evolusi jadi hiki-neet, yang takut ma keramaian / pobia sosial ?.

Reply
avatar
May 1, 2019 at 11:33 PM delete

Gw nolife gan ,karena kurang percaya diri,trauma tersakiti ceue :(

Reply
avatar
May 1, 2019 at 11:34 PM delete

Nanya gan ,saya kurang percaya diri saat ngechat cewe dan g pernah keluar rumah apa ini nolife ?

Reply
avatar
May 23, 2019 at 4:23 PM delete

Ane simpulkan bahwa ane juga no life. Padahal baru sembuh pas SMA. Gara-gara udah jatuh, tertimpa tangga pas kuli-ah smt 2 sekarang, penyakitnya kambuh lagi. Interaksi sama temen (kuliah) juga jadi canggung. Ane berasa menjadi orang yang terbuang disana. Padahal smt 1 kemarin, ane masih bisa interaksi sm tmn-tmn kuliah ane. Kalo ga ada tragedi (mah), ane gakan kek gini. Ane suka berfikir kalo ane gini terus masa depan mo gimana jadinya. Ane berasa ditembak 2 peluru dari dalem dan dari luar. Pingin curhat ke temen SMA, tapi mereka malah nyeritain bertapa indahnya masa kuliah mereka. Agak sakit sih, mangkanya jadi nolep ๐Ÿ˜” pingin gitu adain gc antar anak nolep ๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
May 25, 2019 at 4:50 PM delete

๐Ÿ˜‚, gc paan ya ?. Kopdar sesama nak nolep kah ?. Kalau di sosmed sih kayaknya banyak komunitasnya gan. Kalau di dunia nyata ntahlah. Coba aja adain, kali aja bisa nemu solusinya.

Mungkin Sesama nolep pastilah mengerti suka duka bersama. ๐Ÿค— Jadi sekalian bisa nyari temen sesama nolep. Biar ntar ngak jadi nolep lagi, karena dah banyak temannya.

Reply
avatar
June 1, 2019 at 8:19 PM delete

Aku baru ngerti stlh baca ini, dn mnurutku itu seperti aku jga๐Ÿ˜… dari penyebab knp bsa jdi gini trutama broken home dri kecil selalu dikekang itu jg termasuk membuat stress, bullying, minder, prnh dpt pristiwa gaenak contohnya kekerasan krn ayahku dr kecil suka main tangan๐Ÿ˜…dn juga pindah² skolah dn akhirnya lbih suka menyendiri,suka sndiri dn mncari kesenangan trsendiri yaitu Main game, dn skrng sering diajak tmn maen slalu bosen dn rindu suasana kamar dn mnurutku lbh enak dikamar sndirian maen game.aduh maaf jdi curhat haha๐Ÿ˜‚ krn kebiasaan itu temenku ngajak mainpun aku sering nolak dn gmna ya cara ngilangin kebiasaan trsebut rasanya susah bgt skrng ๐Ÿ˜…

Reply
avatar
June 3, 2019 at 4:07 PM delete

@atas ane, 11-12 ma admin blog ini gan. Alias kasusnya hampir mirip dengan saya ๐Ÿ˜ญ.

Reply
avatar
June 6, 2019 at 3:13 PM delete

Gw sih selau di kacangin mulu...
Gw jadi kek gk guna gitu...

Reply
avatar
June 11, 2019 at 11:50 AM delete

Gan ane kan punya banyak temen di luar desa (temen akrab karena pernah sekelas di smp dan sma) dan ane gak pernah akrab sama anak anak di desaku sendiri karena di kampungku gak ada temen cowok gan, adanya cewek semua, jadi ya gue jaranglah kumpul ama lawan jenis soalnya ane sukanya ngumpul sama sesama jenis buat ngehindarin fitnah karena bukan mukhrim, saya tidak pernah ikut kegiatan remaja desa gan soalnya gak terlalu akrab ama anak desa sendiri, akrabnya cuma sama temen temen mantan sekelas, apakah ane nolep gan, dan bisa kasih solusi gan?

Reply
avatar
June 11, 2019 at 3:51 PM delete

@ferrel, tergantung situ sih. Kalau kamu merasa jarang gaul dan interaksi dengan teman sebaya, tetangga, n masyarakat sekitar. Dengan gini, kamu juga termasuk nolep gan. Lah sehari-hari main di rumah terus. Lagian, teman sekolah kalau dah lulus juga punya kehidupan sendiri-sendiri.

Kalau cara mengatasi nolep sih tergantung kamu sendiri. Kalau solusi lain, diatas sana, dibawah artikel ini kan ada link menuju aetikel mengenai solusi mengatasi nolep. Baca aja, moga membantu.

Reply
avatar
July 7, 2019 at 5:22 PM delete

gua juga nolep..
males banget keluar rumah..

Reply
avatar
August 14, 2019 at 11:29 PM delete

Gw nolep simply krn kmaren pas gw berusia 17 thn di 2016, gw depresi. Gw udh nyerah bersosialita di RL. F those ppl around me in RL.

Reply
avatar
September 11, 2019 at 3:04 PM delete

Saya juga nolep dan baru tau arti kata nolep dari sini. Gimana ya caranya enggak jadi nolep lagi? Awalnya sih biasa-biasa aja jadi nolep, tapi semenjak lulus SMK sekarang jadi bosen diam di rumah mulu. Pengen gitu punya teman yang bisa ngertiin. Saya punya teman aja bisa dihitung jari, malahan aslinya mah mungkin saya gak punya teman sama sekali๐Ÿ˜ž. Baru sadar setelah lulus sekolah betapa pentingnya punya teman. Kalau gak ada teman, nyari kerjaan susah. Tapi kalau ada teman, mau ngobrolnya itu agak canggung. Saya nolep semenjak pindah rumah saat lulus SD. Tapi dari kecil saya emang agak nolep gitu, soalnya jarang punya teman. SD saya pendiam, SMP pendiam banget, SMK sih sudah mulai berubah cuman jadi kayak Introvert gitu. Saya sekarang mau ngobrol aja susah/bingung mau ngobrolin apaan, termasuk sama keluarga. Jadinya setiap hari di dalam kamar mulu. Keluar rumah hanya kalau ada urusan, itupun mager keluarnya. Solusinya gimana ya cara ngehilangin nolep?๐Ÿ™

Reply
avatar
September 12, 2019 at 9:31 AM delete

@master ahli. Emang sulit lah ngobatin nolep ini gan. Solusinya cuma ada didalam hati kecil lu sendiri. asal niat dan nekat buat berubah. Sedikit-sedikit pasti bisa jadi ngak ngak nolep lagi.

Coba baca-baca artikel yang ada diatas, kan ada tuh 5 cara buat mengatasi nolep.

Reply
avatar

Leave your comment