Saturday, December 22, 2018

Cara membuat gambar pecah menjadi HD di hp android

Adakalanya berbagai jenis gambar yang kita dapatkan dari sosial media maupun situs-situs lain, misalnya dari hasil pencarian google. Gambar tersebut memiliki kualitas yang buruk, dengan ukuran yang kecil, berwarna kusam, buram, 8bit, ngeblur, tidak hd dan pecah-pecah (pixelnya kelihatan) 🤣.

Dan terkadang juga disaat kita mendownload suatu gambar dari internet, kemudian ketika anda ingin memperbesar atau meresize ukuran gambar tersebut. Eh, tak tahunya gambar tersebut malah menjadi buram atau pecah-pecah. Tentunya hal ini sangatlah tidak mengenakan di pandangan mata, bikin sakit mata gitu coy.

Cara membuat gambar pecah menjadi HD di hp android

Nah, menurut anda. Bagaimanakah cara memperbaiki kualitas gambar, atau cara untuk memperbesar dan merubah ukuran gambar agar tidak pecah di hp android ?. Atau yang paling sulit, bagaimanakah caranya agar gambar yang pecah bisa di ubah menjadi gambar yang HD ?. Langsung saja berikut tata caranya.

# Cara memperbesar gambar agar tidak pecah dan tetap HD di hp android

Saya rasa di hp android sudah banyak tersedia berbagai jenis aplikasi editing gambar yang baik. Dengan berbagai aplikasi editing gambar tersebut, kita dapat memperbesar ukuran gambar dengan mudah tanpa perlu kuatir dengan rusaknya kualitas gambar. Jadi ya tetap hd begitu saja.



Tapi, menurut saya sih. Jika gambar / foto yang anda dapatkan merupakan gambar berbasis pixel / piksel dan bukan gambar vektor. Maka disaat anda mengecilkan atau memperbesar ukuran gambar, pastinya ada saja penurunan dalam kualitas gambar tersebut.

Yap, kembali ke topik utama. Untuk memperbesar gambar agar tetap terjaga kualitasnya, agar gambar / photo tetap HD dan tidak pecah. Anda dapat menggunakan salah satu aplikasi editing gambar yang tersebut di bawah ini (cari sendiri di google play store).

1. Medibang paint
2. Picsart
3. Image size - photo resizer
4. Photo & picture resizer
5. Dan lain sebagainya

Untuk selengkapnya baca artikel yang satu ini - Cara memperbesar resolusi foto / gambar agar tidak pecah di hp android (tetap HD).

# Cara membuat gambar pecah menjadi HD di hp android di smartphone android

Nah, jika yang anda tanyakan adalah cara untuk merubah gambar atau foto yang pecah menjadi lebih berkualitas baik atau HD di hp android. Maka jawabannya cukup sulit, karena anda harus banyak menempuh berbagai cara dan tahapan. Nah, cara-cara tersebut diantaranya.

1. Mencari sumber gambar yang lebih baik

Cara yang paling ampuh, jika anda mendapatkan gambar atau foto pecah yang asalnya dari sosial media. Maka anda tinggal mencari foto lain yang serupa, dari sumber lain dan tentunya dengan kualitas yang lebih baik.

Anda dapat menanyakan asal gambar atau foto dari si pengupload gambar. Anda minta saja mentahan gambar atau foto kepadanya, atau paling tidak minta sumber foto atau gambar yang asli selain yang sudah ada di sosmed (misal di facebook, jika gambar di upload maka otomatis kualitas gambar akan menurun).

2. Merubah ukuran gambar

Biasanya gambar yang pecah, gambar atau foto tersebut sudah mengalami banyak penurunan kualitas gambar. Entah itu karena sering di upload dan di download secara berulang di media sosial. Atau mungkin malah sering diubah ukuran atau size gambarnya.

Untuk mengatasi masalah ini, coba saja gambar yang pecah tersebut anda rubah ukurannya. Perkecil atau perbesar ukuran gambar. Sampai anda mendapatkan gambar yang tidak pecah lagi.


3. Menambah efek pada gambar

Coba saja gambar yang pecah-pecah dan buram tersebut anda tambahkan efek. Efek yang ada pada aplikasi editing foto yang seperti tersebut diatas. Tambahkan saja efek pencahayaan, ketajaman, kontras, saturasi, dan sebagainya. Sampai gambar tersebut menjadi HD 😂.

4. Coloring

Cara yang paling akhir yakni dengan cara mewarnai gambar yang pecah secara manual. Tambahkan beberapa dot piksel pada gambar atau foto yang pecah dengan gradient warna yang sesuai. Sampai kiranya gambar atau foto tersebut tidak nampak ngeblur dan pecah lagi. Tentunya hal ini akan memakan banyak sekali waktu gan 😋.

Yap begitulah berbagai cara untuk merubah gambar yang pecah agar menjadi HD kembali dengan hanya bermodalkan hp android. Caranya cukup rumit, jadi saran saya sih pakai tahapan pada poin satu sajalah. Semoga bermanfaat . . .

Cara membuat gambar pecah menjadi HD di hp android
4/ 5
Oleh

Leave your comment