Friday, December 21, 2018

Cara mengatasi video youtube yang macet saat di putar di hp android

Beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas mengenai berbagai penyebab mengenai errornya app youtube di android, maupun berbagai jenis error pada situs youtube saat di buka melalui google chrome. Nah, kali ini kita akan membahas topik yang serupa. Yakni mengenai macetnya video youtube saat diputar di hp android, khususnya pada aplikasi youtube atau juga youtube go yang anda dapat dari google play store.

Cara mengatasi video youtube yang macet saat di putar di hp android

Nah pada dasarnya, penyebab macetnya video youtube saat diputar di hp android itu ada banyak. Namun yang sering menjadi penyebab utamanya yakni saya rasa hanya ada 3 penyebab saja. Diantaranya, :

1. Ada masalah dengan jaringan seluler / koneksi internet
2. Penuhnya kapasitas memori RAM dan cache
3. Adanya bug dalam aplikasi youtube

Yap, ke-3 Hal itulah yang paling sering menyebabkan video youtube menjadi ngelag, buffering, patah-patah, macet dan yang paling parah ya force close (keluar sendiri).



Nah, tentunya anda tidak ingin mengalami kejadian yang seperti itu bukan ?. Untuk mengatasi macetnya video youtube di hp android sebenarnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu melakukan berbagai langkah-langkah yang tertera di bawah ini.

# Cara mengatasi macetnya video youtube saat diputar di hp android

1. Pastikan kelayakan koneksi internet

Jika anda ingin streaming atau menonton video youtube dengan lancar. Wus-wus, tanpa perlu buffering, ngelag, loading, patah-patah, ngeblur dan macet-macet. Maka pastikanlah kelayakan koneksi internet yang anda pakai.

Pastikan jaringan seluler yang anda pakai memiliki sinyal yang baik. Dan juga pastikan untuk lebih mengedepankan jaringan internet berbasis 4G/Lte daripada jaringan internet dibawahnya. Sebut saja jaringan 3G/hsdpa, dan juga jaringan 2G/edge. Kalau perlu, pakai saja jaringan wifi. Agar streaming dan nonton video youtube menjadi semakin lancar.

2. Sering-sering bersihkan memori Ram dan temporary cache

Penyebab macetnya video youtube saat diputar. Misalnya anda sedang asik-asiknya nonton video, eh tiba-tiba saja video menjadi macet, semua fungsi app youtube tidak dapat di klik dan digunakan. Dan ujung-ujungnya app youtube berhenti menanggapi (force close).

Jika demikian adanya, pastilah penyebab utamanya ya ada pada masalah memori RAM dan temporary cache. Untuk menormalkan aplikasi dan pemutaran video youtube. Anda hanya perlu membersihkan memori RAm dan temporary cache yang sudah penuh saja. Maka semua masalah akan langsung terselesaikan.

3. Jangan melakukan proses multitasking

Jika anda sedang menonton video youtube dengan bantuan aplikasi semisal youtube go, atau app youtube yang lain. Maka janganlah anda membuka banyak aplikasi sekaligus. Misalnya, Membuka aplikasi dan memainkan game secara bersamaan. Hal ini dapat menyebabkan memori RAM anda cepat menjadi penuh. Sehingga menyebabkan app youtube menjadi macet dan force close.


4. Matikan proses sinkronisasi dan latar belakang

Proses sinkronisasi dan proses yang terjadi dilatar belakang sangat menganggu sekali. Kedua hal yang tersebut diatas dapat menyebabkan terbaginya jalan koneksi internet dan juga cepat penuhnya kapasitas memori RAM anda.

Jadi, jika anda ingin terbebas dari video macet saat sedang asik nonton video youtube. Maka matikan semua proses sinkronisasi dan juga berbagai aplikasi yang bekerja di latar belakang.

5. Rajin update versi aplikasi youtube

Mungkin saja didalam versi aplikasi youtube yang anda pakai sekarang ada bugnya. Untuk mengatasi semua masalah ini, tidak ada cara lain selain dengan cara mengupdate aplikasi youtube atau youtube go yang anda pakai.

Jika ada pembaruan dalam aplikasi youtube, langsung saja di update. Jangan menunggu lama, agar fenomena macetnya video saat diputar segera menghilang dari hp android anda.

Yap, cukup sekian dulu. Pada dasarnya untuk mengatasi macetnya video youtube di hp android memanglah sangat mudah. Tapi karena keterbatasan ilmu, terkadang orang awam sering menjadi panik sendiri 😂. Mereka berpikir yang aneh-aneh, misalnya seperti hpnya rusak lah, kena virus lah, dll. Setelah membaca sedikit artikel ini, semoga saja anda tidak akan menjadi panik lagi disaat mengalami masalah macetnya video dan aplikasi youtube pada hp android anda. Semoga bermanfaat . . ..

# Baca juga :

Penyebab youtube tidak menanggapi, macet, dan keluar sendiri (error / force close)
Cara ampuh mengatasi youtube yang tidak bisa dibuka di hp android
Cara mengatasi youtube yang tidak bisa di buka di google chrome

Cara mengatasi video youtube yang macet saat di putar di hp android
4/ 5
Oleh

Leave your comment