Sunday, December 23, 2018

11 Cara agar baterai hp android awet, tahan lama dan tidak cepat habis

Banyak sekali penyebab borosnya baterai di hp android. Kemarin-kemarin saya sudah membahas mengenai berbagai penyebab boros dan panasnya baterai hp android. Salah satu penyebabnya diantaranya seperti karena ada masalah pada koneksi internet, karena keseringan bermain game, dan sebagainya.

Nah kali ini kita akan membahas berbagai cara agar baterai hp android, agar daya batre smartphone android anda menjadi lebih awet, tahan lama dan tidak cepat habis / boros. Langsung saja berikut langkah-langkahnya . . .

11 Cara agar baterai hp android awet, tahan lama dan tidak cepat habis

# Cara agar baterai android tidak cepat habis, tahan lama dan awet

1. Pastikan kelancaran koneksi internet

Salah satu penyebab utama borosnya baterai pada hp android adalah yang satu ini. Yakni karena buruknya kualitas jaringan seluler dan koneksi internet yang sedang anda gunakan.



Jika anda sedang streaming video, internetan, browsing, ngesosmed atau juga sedang bermain game online dalam kondisi koneksi internet yang tidak stabil. Maka hal ini akan membuat baterai hp anda cepat habis.

Jadi, jika anda mau internetan atau bermain game online. Pastikan dulu agar koneksi internet dan sinyal jaringan seluler yang anda pakai dalam kondisi yang baik. Jika tidak, ya otomatis baterai akan jadi boros dan cepat habis.

2. Bermain game yang biasa saja / tidak HD

Game-game yang berat, game yang memiliki graphic yang HD. Yang kiranya dapat memakan banyak kinerja cpu, gpu dan memori RAM. Maka otomatis game yang bertipe ini akan membuat baterai hp android anda menjadi cepat habis.

Untuk mencegah hal ini terjadi, anda hanya cukup memainkan game-game ringan atau game dalam mode minimal saja. Untuk mengurangi pemakaian daya baterai, ubah pengaturan game yang anda mainkan ke mode minimal. Mulai dari kualitas graphic atau gambar, suara, motion, partikel dan sebagainya. Setting dengan pengaturan yang serendah-rendahnya. Dengan ini maka anda tidak perlu lagi khawatir kehabisan daya baterai karena keasikan main game.

3. Matikan aplikasi yang bekerja di latar belakang

Aplikasi yang bekerja di latar belakang. Sebut saja seperti berbagai jenis widget, live wallpaper, launcher dan sebagainya. Mereka semua menyedot daya baterai hp yang anda miliki. Jadi untuk mencegah borosnya baterai hp android anda. Anda jangan pakai berbagai macam widget, tema beranimasi, live wallpaper, screensaver, launcher dan berbagai jenis app yang bekerja dilatar belakang (background) lainnya.

4. Hidupkan mode pesawat atau mode terbang

Solusi yang paling ampuh untuk menghemat daya baterai hp android adalah dengan menghidupkan mode pesawat atau mode terbang. Dengan tiadanya jaringan seluler dan koneksi internet. Maka pemakaian daya baterai akan ditekan dan dihabiskan seminimal mungkin.

Jika demikian adanya, maka pengeluaran daya baterai hp android anda akan jauh menjadi lebih hemat dan jauh dari yang namanya panas dan boros.


5. Hidupkan mode hemat baterai

Di hp xiaomi ada itu fitur hemat baterai. Jika anda menggunakan fitur ini, maka semua proses sinkronisasi akan dimatikan. Dan berbagai aplikasi yang bekerja dilatar belakang akan ditekan semaksimal mungkin. Sehingga nantinya baterai anda akan menjadi lebih hemat.

Untuk mengakses fitur ini, anda tinggal menuju pada aplikasi keamanan bawaan hp xiaomi. Lalu klik baterai - penghemat baterai - on / hidupkan fitur penghemat baterai.

6. Ubah pengaturan kecerahan layar

Tingkat kecerahan layar hp juga dapat mempengaruhi boros dan awetnya baterai hp. Jadi untuk menghemat baterai agar menjadi awet, redupkan cahaya layar anda. Ubah pengaturan kecerahan layar ke mode otomatis, atau redupkan saja pengaturannya biar tidak berubah-rubah sendiri pengaturannya.

7. Matikan bluetooth

Bluetooth yang tetap aktif walaupun tidak sedang digunakan. Hal ini dapat membuat baterai hp anda cepat habis. Untuk mencegah hal ini terjadi, ya matikan saja bluetooth pada hp android anda.

8. Matikan jaringan wifi

Sama halnya dengan bluetooth, untuk menghemat penggunaan baterai hp android. Ya matikan juga pengaturan wifi pada hp android anda. Dengan ini maka penghematan daya baterai akan berjalan lebih lancar.

9. Matikan GPS

Fitur gps dan maps pada hp android juga dapat memakan banyak daya baterai. Untuk itu, saya sarankan, jika anda ingin baterai hp android lebih bertahan lama, tidak cepat habis / awet. Ya matikan atau offkan juga menu gps pada smartphone anda.

10. Install aplikasi penghemat baterai

Entah benar atau tidak. Di google play store banyak sekali aplikasi penghemat baterai. Anda dapat memasukkan keyword atau kata kunci battery saver, maka disana akan ada banyak sekali aplikasi penghemat baterai yang tersedia.

Coba saja beberapa aplikasi penghemat baterai disana. Pilih aplikasi penghemat baterai yang memiliki rating dan testimoni / komentar pengguna yang baik. Mungkin saja nanti berhasil menghemat baterai hp android anda, who knows 🙄.

11. Matikan hp

Ini dia cara yang sangat ampuh untuk menghemat daya baterai anda. Dengan mematikan hp android, maka pengeluaran daya baterai hp android anda tentunya akan terhenti. Sehingga nantinya baterai anda akan menjadi sangat-sangat hemat, awet, tidak cepat habis dan tahan lama 😂.

Matikan hp dan mulailah bermain dan bersosialisasi di dunia nyata. Maka anda akan terbebas dari yang namanya hp android yang boros baterai. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat.

# Baca juga :

Penyebab hp cepat panas & boros baterai / batre cepat habis (smartphone android)
Kenapa hp android cepat panas saat main game / internetan ?
Kenapa Baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai ?
Cara mudah mengatasi hp cepat panas dan batre / baterai cepat habis (boros)

11 Cara agar baterai hp android awet, tahan lama dan tidak cepat habis
4/ 5
Oleh

Leave your comment