Saturday, January 19, 2019

6 Cara mengatasi agar kamar tidur tidak pengap dan lembap

Kamar tidur, kamar kos yang pengap, berbau tidak enak dan kadang malah lembab. Hal ini tentunya dapat menganggu anda dan juga keluarga maupun orang disekitar anda (misalnya teman sekost 🤣).

Kamar yang pengap dan lembap dapat mengundang banyak sekali masalah, mulai dari hadirnya nyamuk, hawa kamar yang panas, bau yang tidak sedap sampai jamurpun bisa tumbuh dimana-mana (misalnya jamur iler dibantal).

6 Cara mengatasi agar kamar tidur tidak pengap dan lembap

Nah, untuk mengatasi masalah ini, untuk mencegah kamar tidur atau kamar kos anda menjadi pengap dan juga lembab. Tentunya anda harus mengetahui berbagai penyebabnya terlebih dahulu, yakni penyebab yang dapat menyebabkan kamar anda menjadi pengap dan juga lembab.

# Penyebab kamar tidur / kamar kost menjadi terasa pengap

1. Kurangnya ventilasi udara pada kamar
2. Sempitnya ukuran kamar
3. Banyaknya barang yang berserakan di kamar
4. Ada sesuatu yang bersuhu panas didalam kamar (misalnya setrika atau juga hp dan komputer yang panas)
5. Anda sedang kecapekan atau kelelahan karena aktivitas yang berat



# Penyebab kamar menjadi terasa lembap

1. Adanya kandungan air berlebih di dalam kamar (misalnya lantai yang basah, baju basah, kasur yang basah, dll)
2. Keringat
3. Sirkulasi udara yang buruk
4. Kamar yang kotor / jarang dibersihkan, penuh sampah

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab diatas. Yakni penyebab yang dapat membuat kamar tidur, kamar kost maupun kamar lainnya menjadi pengap dan lembap. Sekarang saatnya untuk membahas mengenai berbagai cara untuk mencegah dan mengatasi kamar yang pengap dan juga lembap.

# Cara agar kamar tidur, kamar kos, dll tidak menjadi pengap

1. Rapikan kamar

Jika anda memiliki kamar yang sempit. Maka wajar saja kamar anda akan mudah menjadi pengap. Untuk mengatasinya, maka anda diharuskan untuk selalu merapikan dan membersihkan kamar anda. Buat kamar anda serapi mungkin, jangan penuhi kamar anda dengan barang yang tidak berguna. Yang nantinya dapat membuat kamar anda menjadi penuh dan sesak.

2. Jangan menaruh barang elektronik di kamar yang sempit

Barang elektronik yang saya maksud adalah segala jenis barang elektronik yang dapat menghasilkan panas. Misalnya seperti hp, setrika, komputer dan sejenisnya. Kesemua barang yang tersebut diatas dapat mempengaruhi suhu yang ada di dalam kamar anda.

3. Atur ventilasi udara

Atur juga ventilasi kamar anda. Jika kamar anda tidak ada ventilasi udara atau juga jendela, maka wajar jika kamar anda akan menjadi pengap. Maka dari itu, jebol saja tembok kamar anda dan buat / pasang jendela dan ventilasi udara yang baik 😂. Agar nantinya aliran udara dapat berjalan dengan lancar, sehingga nantinya kamar anda tidak menjadi pengap lagi.


Selain itu, jika anda sering menutup jendela atau ventilasi udara tanpa adanya alat pengontrol keluar masuknya udara, misalnya seperti AC dan sejenisnya. Maka hal ini juga dapat menyebabkan kamar anda menjadi pengap. Nah, dari sini, maka anda dapat mencoba untuk sering membuka jendela kamar anda jika anda sedang berada di kamar. Agar nantinya aliran udara dapat berjalan dengan lancar.

4. Tambahkan tanaman

Untuk mengatasi pengap, anda juga dapat memasang satu pot tanaman hias yang kiranya tidak akan membahayakan anda. Letakkan satu pot tanaman hias di dekat jendela kamar anda, agar alur pertukaran oksigen dan karbondioksida di dalam kamar anda tidak terganggu.

Karena pada dasarnya kebanyakan tanaman disiang hari akan menghasilkan oksigen, dan dimalam hari mereka akan sedikit menyerap oksigen yang ada di sekitarnya.

Mungkin juga anda dapat mencoba untuk menanam tanaman lidah mertua. Karena tanaman ini dapat menyerap polusi udara yang ada disekitar anda.

5. Jangan tidur di kasur jika anda berkeringat

Jika anda sedang kelelahan karena telah melakukan berbagai aktivitas yang berat. Misalnya seharian habis bekerja dan sebagainya. Maka anda jangan langsung saja masuk ke kamar dan tidur di kasur. Karena hal yang demikian dapat membuat kamar anda menjadi pengap dan lembap.

Hal tersebut diakibatkan karena suhu tubuh anda yang sedang panas, dan juga keringat anda yang terserap di bantal atau juga di kasur.




# Cara agar kamar tidur, kamar kos, dll tidak menjadi lembap

Ya kelembapan di dalam kamar anda disebabkan karena adanya kandungan air yang ada di dalam kamar. Hal ini entah disebabkan oleh lantai yang basah, baju basah atau baju yang belum kering yang anda gantung di kamar, kasur yang penuh keringat, sampah makanan yang berserakan, sirkulasi udara yang kurang baik dan sebagainya.

Untuk mengatasinya, untuk mengatasi kelembapan di kamar anda. Maka anda diharuskan untuk menjauhi berbagai penyebab kelembapan yang ada di kamar anda, seperti apa yang sudah tersebut diatas.

Dengan menjaga kamar anda agar tetap kering, dan sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Maka masalah kamar yang pengap dan juga lembap pastinya akan mudah sekali untuk diatasi.

Artikel terkait

6 Cara mengatasi agar kamar tidur tidak pengap dan lembap
4/ 5
Oleh

Leave your comment