Friday, January 18, 2019

Tips & Cara mengatasi agar lensa kacamata tidak cepat berembun

Ada banyak sebab atau penyebab yang dapat menyebabkan lensa kacamata yang anda pakai menjadi kotor, buram maupun berembun. Bisa jadi ada banyak noda di lensa kacamata anda, hal ini umumnya disebabkan oleh beberapa hal yang tersebut dibawah ini.

Tips & Cara mengatasi agar lensa kacamata tidak cepat berembun

# Penyebab kotor dan buramnya lensa kacamata

1. Debu
2. Minyak diwajah
3. Keringat
4. Kelembaban udara
5. Uap air dari hasil pernafasan
6. Bekas sidik jari
7. Tangan yang tidak bersih

Nah, ke-7 hal tersebut diataslah yang pada dasarnya seringkali membuat lensa kacamata menjadi buram dan kotor. Kalau masalah lensa yang berembun, hal ini sangat erat kaitannya dengan kelembaban udara yang ada disekitar anda.

Misalnya di pagi hari, dan di malam hari, anda asik berjalan-jalan naik sepeda motor kesana-kemari. Tentunya karena suhu udara yang dingin, dan diiringi kelembaban udara yang mendukung. Perlahan tapi pasti akan muncul setitik demi setitik embun pada lensa kacamata anda.



Begitu juga ketika anda sedang memakai masker dan sejenisnya. Hasil uap air dari proses pernafasan, hal ini juga dapat mempercepat proses pembentukan embun pada lensa kacamata anda.

Nah, solusi untuk mengatasi lensa yang berembun ini cukuplah mudah. Anda hanya perlu mencegah ke-7 penyebab diatas dengan semaksimal mungkin. Misalnya . . .

# Cara agar lensa kacamata tidak cepat kotor dan berembun

1. Menghindari tempat-tempat yang berdebu.

2. Rawat kebersihan wajah anda, agar tidak mudah mengeluarkan minyak berlebih.

3. Atur aktivitas anda agar tidak mudah berkeringat tanpa sebab dan situasi yang tidak jelas. Misalnya rasa panik dan takut dapat memicu reaksi tubuh untuk berkeringat berlebih. Dan lain sebagainya...

4. Hindari berpergian di pagi dan malam hari dengan menggunakan motor atau kendaraan terbuka.

5. Pakailah masker dengan baik dan benar. Jangan sampai kiranya banyak udara hasil pernafasan yang malah terbuang atau mengalir kearah mata anda.

6. Jangan terlalu sering memegangi lensa kacamata anda tanpa alasan yang jelas.

7. Pastikan jaga kebersihan diri dan tangan anda.

Nah, dengan ke-7 hal simpel yang tersebut diatas. Saya rasa masalah lensa kacamata yang mudah berembun akan sangat mudah untuk diatasi.


Dan jangan lupa, jika anda ingin membersihkan lensa kacamata anda. Gunakanlah cara yang baik dan benar, misalnya...

# Cara membersihkan lensa kacamata

1. Hindari membersihkan lensa kacamata dalam keadaan lensa yang kering. Karena hal ini dapat membuat goresan yang tentunya dapat merusak lensa kacamata anda.

2. Teteskan sedikit demi sedikit air pada lensa kacamata anda. Kalau perlu gunakan cairan khusus untuk membersihkan lensa kacamata. Jika anda tidak memiliki cairan pembersih lensa kacamata. Anda dapat menggantinya dengan larutan air + sabun cuci piring yang cair.

Jika lensa kacamata anda sedikit berminyak, coba teteskan sedikit larutan air + sabun cuci piring yang cair. Alirkan air sedikit demi sedikit, sampai kiranya lapisan minyak dan kotoran tersebut menghilang.

3. Lap secara perlahan kacamata anda dengan menggunakan kain mikrofiber, kain khusus untuk mengelap / membersihkan lensa kacamata.

4. Jika punya, anda dapat menambahkan semprotan anti fog / anti embun dan kabut pada lensa kacamata anda.

5. Selesai.

Cukup begitu saja, mudah dan simpel. Dengan cara menghindari dan juga mencegah penyebab terjadinya embun pada lensa kacamata, seperti beberapa tips yang tersebut diatas. Maka resiko lensa kacamata yang cepat berembun akan segera teratasi dengan mudah. Semoga bermanfaat ..

Tips & Cara mengatasi agar lensa kacamata tidak cepat berembun
4/ 5
Oleh

Leave your comment