Tuesday, January 22, 2019

6 Cara mengatasi ruangan, kamar, rumah yang lembab agar tidak muncul jamur dan lumut

Banyak orang yang bertanya "Mengapa ruangan kamar tidak boleh lembab ?". Jawabannya tentunya sangatlah bervariasi, yang jelas kesemuanya mengarah kepada masalah yang membahas tentang ketahanan suatu bangunan dan juga mengenai masalah kesehatan.

Jika rumah, ruangan atau kamar terus-terusan menjadi lembab. Maka akan banyak sekali dampak buruk yang dihasilkan. Diantaranya misalnya seperti.

6 Cara mengatasi ruangan, kamar, rumah yang lembab agar tidak muncul jamur dan lumut

# Dampak buruk dari ruangan / kamar yang lembab

1. Mudahnya bakteri, jamur dan lumut untuk tumbuh di ruangan / kamar.
2. Udara menjadi tidak sehat, penuh dengan penyakit, jadi bau dan tidak enak untuk dihirup.
3. Tembok dan peralatan rumah menjadi cepat rusak karena serangan dari jamur dan karat.
4. Banyak serangga dan hama yang berkeliaran di tempat lembab. Misalnya seperti kelabang, cacing, lipan, siput bercangkang, maupun yang tidak bercangkang. Bahkan mungkin ada pacet yang akan bersarang 😶.
5. Dan lain sebagainya.



Nah, maka dari itu. Untuk mengatasi kelembaban yang ada di ruangan yang ada di rumah. Anda diharuskan untuk melakukan langkah-langkah yang tersebut di bawah ini.

# Cara mengatasi ruangan, kamar, rumah yang lembab agar tidak muncul jamur dan lumut

1. Mencari sumber kelembaban

Ruangan atau juga kamar yang lembab, tentunya kesemuanya tidak ujug-ujug jadi lembab begitu saja. Pastilah ada penyebabnya, yang jelas yang namanya kelembaban itu diawali oleh adanya air, atau kandungan cairan yang berlebih didalam suatu ruangan.

Misalnya penyebab kelembaban yang ada di dalam kamar / ruangan rumah adalah :

- Lantai yang basah
- Menggantung baju basah di dalam kamar / ruangan
- Buruknya sirkulasi udara
- Genteng yang bocor
- Tembok rumah yang dibuat dengan tidak baik (basah karena banyak menyerap air)
- Dan lain sebagainya

2. Memperbaiki dan membersihkan sumber kelembaban

Setelah anda mengetahui darimana asal kelembaban itu bermula. Maka selanjutnya anda tinggal memperbaiki gaya hidup anda, mulai rajin membersihkan diri dan lingkungan anda. Bersihkan lantai, baju, dll dengan baik dan benar. Buang sampah pada tempatnya, buka jendela kamar, cat dinding dengan cat yang tahan air, perbaiki atap yang rusak, Dan lain sebagainya.


Dengan memperbaiki masalah kelembaban di ruangan kamar atau rumah anda. Maka semua masalah tentang kelembaban. Baik itu tembok yang berjamur, tembok yang berlumut, banyak munculnya jamur, udara yang berbau apek, dan sebagainya akan dapat segera teratasi.

3. Gunakan Exhaust fan

Exhaust fan digunakan untuk mengatur proses sirkulasi udara yang ada di dalam suatu ruangan. Dengan menggunakan exhaust fan, anda bisa dengan cepat membuang udara yang lembab keluar dari ruangan. Sehingga nantinya ruangan kamar yang ada di dalam rumah anda tidak akan menjadi lembap lagi.

4. Gunakan serbuk / alat penyerap kelembaban

Banyak sekali jenis alat atau benda produk siap pakai yang digunakan untuk menyerap kelembaban didalam suatu ruangan. Ada yang bentuknya seperti serbuk, ada yang berupa gel, ada yang berbentuk padat dan sejenisnya. Ada yang alami, ada juga yang buatan. Semuanya tergantung selera anda.

Menurut beberapa sumber, arang terbukti ampuh untuk menyerap kelembaban dan juga untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada ruangan.




5. Menggunakan Dehumidifier

Dehumidifier merupakan suatu alat khusus yang dibuat untuk tujuan mengatur suatu kelembaban didalam ruangan. Jadi dengan alat ini anda dapat membuang banyak kelembaban di dalam udara yang ada di suatu ruangan. Sehingga nantinya banyak air yang akan dibuang dari udara, dan pada akhirnya udara yang ada di dalam ruangan akan menjadi normal kembali. Menjadi tidak lembab lagi.

6. Menanam tanaman yang dapat menyerap polusi udara

Ada beberapa jenis tanaman yang dapat menyerap polusi udara. Termasuk didalamnya yakni masalah kelembaban udara. Contoh mudahnya adalah seperti tanaman lidah mertua. Banyak sumber yang mengatakan, tanaman yang satu ini dapat menjadi penyaring udara yang baik didalam suatu ruangan.

Karena tanaman lidah mertua ini mampu menyerap polusi dan racun yang bertebaran di udara sekitarnya. Termasuk juga didalamnya mengenai bau yang tidak sedap dan juga radiasi beberapa macam perangkat elektronik.

Nah, dengan ke-6 cara yang tersebut diatas. Semoga saja kamar atau ruangan yang ada di dalam rumah anda tidak menjadi lembab lagi. Semoga bermanfaat . .

Artikel terkait

6 Cara mengatasi ruangan, kamar, rumah yang lembab agar tidak muncul jamur dan lumut
4/ 5
Oleh

Leave your comment