Wednesday, January 23, 2019

Penyebab ruangan kamar bisa menjadi lembab

Ruangan, atau juga kamar yang lembab dapat mengakibatkan banyak sekali masalah. Misalnya seperti, tumbuhnya bakteri, jamur, lumut dan juga cepat rusaknya bangunan serta perabotan yang ada di dalamnya.

Kamar atau ruangan yang lembab jika dibiarkan tentunya hal ini sangat berbahaya. Karena selain banyaknya parasit yang mulai bermunculan, banyaknya serangga yang muncul tanpa di undang. Yang paling bahaya yakni tentang masalah kualitas udara yang ada di dalam ruangan tersebut.

Penyebab ruangan kamar bisa menjadi lembab

Udara yang ada didalam ruangan atau kamar yang selalu saja lembab. Sangat tidak baik sekali untuk dihirup, dan terkadang malah banyak menimbulkan penyakit jika anda selalu tinggal di lingkungan kamar yang lembab.




Nah, untuk mengetahui penyebab kelembaban pada kamar atau ruangan yang ada di dalam rumah anda. Maka simak saja penjelasannya di bawah ini.

# Penyebab ruangan kamar bisa menjadi lembab

Yang jelas, yang namanya kelembaban pastilah diawali dengan yang namanya air. Jadi mudahnya, jika ada kadar air berlebih dalam suatu ruangan. Maka karena berbagai proses, misalnya karena penguapan. Maka akan terciptalah yang namanya kelembaban pada udara yang ada di dalam ruangan tersebut. Untuk selengkapnya berikut penyebab kelembaban pada ruangan atau kamar.

1. Lantai dan tembok yang buruk

Lantai dan tembok yang dibuat secara asal-asalan. Apalagi jika musim penghujan datang. Maka lantai dan tembok tersebut secara otomatis akan menyerap kandungan air yang ada di dalam tanah. Sehingga nantinya muncullah berbagai fenomena kelembaban yang cukup sulit untuk dihilangkan.



Terkadang jika dibiarkan, maka tembok yang terus-terusan lembab. Akan ditumbuhi jamur dan lumut, yang dapat mempercepat proses pelapukannya. Sehingga tembok tersebut menjadi sangat rapuh dan mudah runtuh.

2. Genteng yang bocor

Genteng yang bocor dapat membuat banyak air yang akan masuk ke plafon rumah anda. Jika hal ini dibiarkan dalam waktu yang lama. Maka kandungan air tersebut secara perlahan akan menguap dan membuat udara didalam dan disekitarnya menjadi lembab.

3. Lantai yang basah / tidak bersih

Lantai yang terus-terusan basah, kesalahan dalam mengepel, dan sejenisnya. Apabila hal ini dibiarkan, maka dapat menyebabkan terjadinya kelembaban di dalam suatu kamar atau ruangan.

Jadi pastikanlah kebersihan lantai anda, jangan biarkan lantai anda terus-terusan menjadi basah. Apalagi jika anda sering menumpahkan minuman, air, dan sejenisnya. Hal ini malah akan menjadi pencetus kelembaban didalam ruangan / kamar anda.


4. Baju / pakaian basah

Jangan meletakkan baju yang basah didalam kamar anda. Karena baju yang basah ini apabila dibiarkan maka akan menyebabkan ruangan anda menjadi lembab. Hal tersebut terjadi karena banyaknya kandungan air yang mengalami penguapan di ruangan / kamar anda.

5. Bak mandi dan Aquarium

Bak mandi didalam kamar mandi, atau juga aquarium di ruangan yang tertutup. Hal ini juga dapat memicu kelembaban di dalam ruangan anda. Untuk mengatasinya mungkin didalam kamar mandi, cobalah menggantinya dengan shower saja. Karena bak mandi yang terisi air dapat memicu kelembaban di dalam kamar mandi tersebut.

6. Sirkulasi udara yang buruk

Nah, yang paling sering membuat kelembaban di dalam suatu ruangan ya karena masalah yang satu ini. Yakni karena buruknya sirkulasi udara didalam ruangan tersebut. Jika udara lembab dibiarkan berputar di dalam ruangan saja, tanpa dikeluarkan dan tanpa adanya udara baru yang masuk. Otomatis ruangan tersebut akan menjadi lembab, pengap, dan berbau tidak sedap.

Yap, ke-6 hal tersebutlah yang pada umumnya memicu kelembaban didalam suatu ruangan atau kamar. Pada intinya semua penyebabnya hanya pada kandungan air dan sirkulasi udara yang buruk saja.

Artikel terkait

Penyebab ruangan kamar bisa menjadi lembab
4/ 5
Oleh

Leave your comment