Monday, January 21, 2019

6 Tips agar kos-kosan aman dari maling / pencurian

Yang namanya maling pastilah mereka Pintar dalam bidangnya. Jika ada maling yang bodoh, pastilah mereka akan langsung tertangkap disaat baru pertama kali melakukan aksinya. Singkat cerita, pastilah yang namanya maling / pencuri selalu memperhatikan berbagai faktor sebelum melakukan aksinya.

6 Tips agar kos-kosan aman dari maling / pencurian

Hal yang biasanya diperhatikan oleh maling atau pencuri adalah :

1. Target atau calon korban
2. Barang-barang yang ditargetkan
3. Letak kost-kostan
4. Suasana kost-kostan
5. Waktu yang tepat untuk melancarkan aksi



Nah, ke-5 hal tersebutlah yang biasanya dipikirkan dan dikerjakan secara matang oleh para maling atau pencuri di luar sana. Untuk mengamankan barang yang ada di kos-kosan. Untuk mencegah anda ditargetkan oleh maling. Tentunya semuanya harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Paling tidak anda harus memperhatikan beberapa hal yang tersebut dibawah ini.

# Cara agar kos-kosan aman dari maling / tindak pencurian

1. Pemilihan tempat ngekos

Carilah kos-kosan yang letaknya strategis. Letak strategis yang saya maksud adalah letak kos-kosan yang dekat dengan berbagai fasilitas umum dan tidak sepi. Dalam artian berada di suatu tempat yang kiranya banyak orang yang aktif beraktivitas di sekelilingnya.

Misalnya kost-kostan yang dekat dengan kawasan pertokoan, dekat dengan instansi pemerintahan, dekat dengan sekolahan, berada di tengah perkampungan yang ramai, dan sebagainya.

Hal ini sangat diutamakan guna untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Karena biasanya maling selalu mencari aman dengan cara menargetkan kost-kostan yang sepi, sedikit saksi, sedikit orang sekitar yang berlalu lalang.

2. Jangan sombong / menampakkan kekayaan

Janganlah anda keluar atau main di luar kost-kostan dengan menampakkan kekayaan anda. Misalnya main keluar dengan berpakaiaan mewah, pakai perhiasan lengkap, bawa motor yang bagus dan sebagainya. Karena hal ini dapat menjadikan anda sebagai korban atau target dari tindak kejahatan. Apalagi jika anda seorang wanita, tambah parah lagi resikonya.

3. Tidak semua teman dapat dipercaya

Hati-hati juga dengan penghuni kos yang lainnya. Karena bisa jadi tindak pencurian atau kejadian kemalingan masih melibatkan orang-orang yang ada di sekitar area kost-kostan. Jadi anda harus tetap waspada, kunci kamar kos jika anda sedang keluar. Jangan mudah percaya dengan teman kos yang lain jika anda masih belum benar-benar mengenalnya.


4. Letakkan barang-barang berharga anda di tempat yang aman

Letakkan berbagai barang berharga anda, entah itu uang, hp dan sebagainya di tempat yang tidak terduga. Yang sekiranya tempat tersebut hanya anda sendiri yang mengetahuinya.

Jangan mengikuti berbagai tempat penyimpanan uang atau benda berharga yang sudah tersebar di internet. Karena para maling juga sudah pasti tahu lokasi tempat penyimpanan tersebut 😂. Karena mereka juga sama seperti anda, sama-sama baca-baca dan mainan internet.

5. Saling membantu antar teman sekos

Jika anda sudah akrab dengan teman kost-kostan anda. Maka buatlah suatu aturan, misalnya untuk selalu bersama menjaga kos-kosan agar aman dari maling. Jika anda sedang keluar, minta bantuan teman kost yang lain untuk menjaga kamar kos anda.

Walaupun kamar kost anda sudah dikunci, setidaknya anda minta teman untuk menjaga agar kiranya tidak ada orang yang mencurigakan yang mencoba masuk ke kamar kos anda.

6. Berdoa

Ya, setelah berusaha dengan keras. Jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan yang maha esa. Lagipula tidak ada yang tahu kejadian yang akan terjadi di hari esok / masa depan. Jadi untuk lebih menenangkan hati anda. Untuk mencegah was-was yang ada, maka serahkan saja semua masalah yang ada pada yang diatas. Berdoa saja agar kos-kosan yang anda tempati aman, aman dari ancaman maling, pencuri dan sejenisnya.

Ya begitulah gan, dengan ke-6 tips yang tersebut diatas. Maka semoga saja anda sekalian yang sedang ngekos, dapat aman dari yang namanya kemalingan. Aman dari maling, tindak pencurian dan berbagai tindakan kriminal lainnya.

Artikel terkait

6 Tips agar kos-kosan aman dari maling / pencurian
4/ 5
Oleh

Leave your comment