Tuesday, January 29, 2019

Arti kata sobat gurun, sobat miramar dan sobat sunagakure di media sosial

Ketiga kata tersebut, yakni sobat gurun, sobat miramar dan juga sobat sunagakure sedang ngetren-ngetrennya di sosial media. Banyak orang, para netizen yang menggunakan kata ini tanpa memikirkannya terlebih dahulu, Asal ceplos dan ikut-ikutan trend saja. Padahal ketiga kata tersebut cukuplah berbahaya.

Pada dasarnya ketiga kata yang tersebut diatas, artinya sama saja. Yakni mengacu kepada sebutan sobat gurun atau sahabat gurun. Untuk penjelasan lengkapnya simak saja di bawah ini.

Miramar
Miramar

Sunagakure
Sunagakure


# Apa itu arti sobat gurun / sahabat gurun ?

Secara geografis, di jazirah arab sana keseluruhan daratannya kebanyakan di dominasi oleh gurun atau padang pasir yang tandus. Nah, dari sinilah awal kata sobat gurun ini bermula.

Jadi pada dasarnya istilah sobat gurun ini ditujukan kepada orang-orang atau para netizen yang terlalu fanatik terhadap agama. Khususnya pada agama islam, yang notabene diturunkan di jazirah arab sana.



Nah, sebutan sobat gurun ini ditujukan kepada para netizen yang fanatik terhadap agama, namun tanpa didasari dengan ilmu agama yang baik dan mendalam. Sehingga didalam pergaulan di sosial media, banyak kita temui orang-orang yang salah didalam menafsirkan sesuatu.

Misalnya, contoh mudahnya adalah tidak semua yang dituliskan dalam bahasa arab adalah ayat Alquran. Nah, terkadang para netizen yang tidak mengetahui ilmu agama malah menganggap baju, sandal, tas, dan lain sebagainya yang ada tulisan arab sama saja dengan menghina alquran. Padahal sebenarnya tidaklah demikian.

# Arti Sobat miramar

Sama seperti sobat gurun yang tersebut diatas. Arti dari sobat miramar ini ya sama saja. Pada dasarnya, miramar merupakan nama salah satu map yang ada di dalam game PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) yang didalamnya di dominasi oleh gurun yang tandus.

# Arti sobat sunagakure

Sunagakure merupakan salah satu nama desa yang ada didalam serial animasi dan manga naruto. Dan kebetulan, desa sunagakure ini didalam daerahnya juga didominasi oleh gurun / padang pasir.



Sunagakure sendiri memiliki arti, desa yang tersembunyi dibalik pasir, atau juga desa pasir tersembunyi. Jadi di sosial media atau di sosmed, arti dari sobat sunagakure ini ya sama saja dengan sobat gurun dan juga sobat miramar.

# Fanatisme terhadap agama

Saya rasa di era ini, fanatisme terhadap agama sudah menjadi sebuah istilah konotasi yang negatif. Orang yang fanatik terhadap agama malah dibully habis-habisan.

Fanatik buta terhadap agama tanpa didasari ilmu agama yang mendalam, taklid buta dan sebagainya tanpa ilmu. Hal ini sudah jelas mengarah ke fanatisme yang negatif.

Namun, jika ada orang yang menjalankan agamanya dengan taat, dalam hal ini agama islam. Mereka yang anda katakan sebagai sobat gurun, yang menjalankan ajaran agamanya. Sesuai dengan ilmu agama yang terdapat dalam Alquran dan hadist yang dipahami dengan pemahaman para sahabat dan ulama terdahulu yang benar-benar lurus / sesuai syariat.


Mereka menjalankan agamanya, mereka mencoba menasehati anda. Eh malah anda malah balik membalas dengan kata-kata mutiara sok suci, sobat gurun, sobat miramar dan sejenisnya. Maka yang salah dan terlihat konyol disini adalah anda.

- Contohnya :

Si A : Oi gan, jangan upload pp yang ngumbar aurot. Entar bisa kena dosa jariyah.
Si B : hilih sobat gurun, Sok suci lo, urusin hidup orang terus.

Dinasehati kok ya tidak mau 😫, sungguh terlalu. Sesama muslim kok saling ejek, Ingat Nabimu asalnya darimana ?. Jangan sampai anda menghina orang, berkata sepele malah tak tahunya mendapat dosa besar yang dapat menggiring anda jatuh ke neraka.

# Penutup

Ya saya rasa stop lah berbagai istilah aneh yang dapat memecah belah kerukunan antar warga, kerukunan bangsa, kerukunan antar umat beragama. Lebih baik damai saja, kalau gelut ya di game saja. War di game moba, di game battle royale, senang-senang bersama, tanpa keluar kata-kata kotor dan sejenisnya. Hal ini tentu lebih berfaedah daripada saling ejek dan hina di dunia maya.

Selalu cek terdahulu segala informasi yang ada di internet, khususnya yang ada di sosial media. Cek kebenaran beritanya, jangan sampai anda kemakan hoax dan mudah keroast begitu saja. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat.. 🙂 btw, kalau ada salah monggo dikoreksi dengan cara komentar yang baik dan membangun.

Artikel terkait

Arti kata sobat gurun, sobat miramar dan sobat sunagakure di media sosial
4/ 5
Oleh

Leave your comment