Tuesday, January 1, 2019

Berapa lama sebaiknya ngecas hp baru ? Xiaomi, samsung, oppo, huawei, asus, dll ?

Sebaiknya berapa jam kita harus mengecas / charging hp baru ?. Baik itu smartphone android atau juga iphone, kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ngecas baterai sampai full ?. Apakah baterai hp android bisa rusak, melendung dan meledak jika dicas semalaman atau terlalu lama ?. Berikut jawaban selengkapnya.

Berapa lama sebaiknya ngecas hp baru ? Xiaomi, samsung, oppo, huawei, asus, dll ?

Berapa lama waktu cas hp baru ?

Waktu ideal, panjang waktu untuk mengecas hp android maupun iphone. Kesemuanya tergantung dari jenis, kapasitas baterai dan juga charger yang digunakan.



Semakin besar kapasitas daya baterai, maka akan semakin lama juga waktu pengecasan hp. Begitu juga dengan jenis chargernya, jika charger hp yang anda beli tidaklah original, atau ada rusak-rusaknya sedikit. Maka otomatis daya yang dihasilkan dari charger tidak akan dapat diserap baik oleh baterai hp android anda. Hal inilah yang menyebabkan proses pengecasan batre hp menjadi lebih lama dari biasanya.

Nah, biasanya baterai litium android di zaman sekarang. Didalam proses pengecasan cukuplah cepat. Untuk mengecas baterai dari yang sebelumnya terisi hanya 5% misalnya, jika anda mengecasnya sampai full / 100%. Maka biasanya waktu yang dibutuhkan kurang lebih hanya berkisar antara1.5-3 jam'an saja. Jadi cukup relatif cepat lah.

Apakah jika terlalu lama ngecas hp, baterai hp bisa meledak ?

Baterai hp android di zaman sekarang berbahan dasar dari litium. Dan juga pada bagian pengisian daya di dalam hp, terdapat berbagai macam chipset dan sirkuit yang mengatur jalan masuknya daya listrik dari charger ke dalam baterai hp android / iphone anda.

Jadi singkatnya, jika kapasitas daya baterai sudah penuh 100%, maka otomatis rangkaian sirkuit dan chipset yang ada di hp anda akan memutus arus listrik. Sehingga nantinya walaupun hp didiamkan dan di cas semalaman, daya baterai hp masih tetap diangka 100%, Dan tidak akan terus terisi lagi. Sehingga nantinya tidak akan ada kasus hp yang meledak karena dicas semalaman.


Dampak buruk ngecas hp terlalu lama / semalaman

Jikalau anda seringkali mengecas hp semalaman atau juga dalam jangka waktu yang lama. Maka hal ini dapat memperpendek masa hidup baterai hp android anda. Karena walaupun daya baterai sudah terisi 100%, suatu waktu karena berbagai hal. Misalnya karena aktifnya internet, sinkronisasi dan app yang bekerja di latar belakang.

Maka disaat itu akan terjadi pengurangan daya pada batre hp android anda. Yang tadinya terisi 100%, maka akan berubah menjadi 99%. Kemudian karena daya baterai pada hp berkurang, otomatis charger akan bekerja lagi untuk mengisi daya baterai hp anda sampai 100% lagi.

Jika hal ini terus berulang dan terjadi terus menerus, maka usia baterai hp anda akan berkurang. Karena biasanya masa hidup baterai hp dihitung dari seberapa banyak orang sudah mengisi dan menghabiskan daya pada baterai hp tersebut. Imho - koreksi saya jika salah 😂

Yap, cukup begitu saja pembahasan mengenai lamanya waktu pengecasan hp baru. Semoga bermanfaat . .

# Baca juga :

Kenapa Baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai ?
Penyebab hp cepat panas & boros baterai / batre cepat habis (smartphone android)
Kenapa hp android cepat panas saat main game / internetan ?
8 Cara agar hp tidak cepat panas saat main game dan internetan
Cara mudah mengatasi hp cepat panas dan batre / baterai cepat habis (boros)
Cara mendinginkan hp xiaomi yang panas dengan cepat dan mudah

Berapa lama sebaiknya ngecas hp baru ? Xiaomi, samsung, oppo, huawei, asus, dll ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment