Friday, November 23, 2018

Kenapa hp android cepat panas saat main game / internetan ?

Hp android apapun jenis dan mereknya, terkadang di saat kita memainkan game atau berinternetan. Entah mengapa hp tersebut cepat menjadi panas, dan parahnya dapat membuat hp menjadi lemot dan boros baterai.

Nah, Kira-kira apa penyebabnya sehingga hp android menjadi cepat panas ?. Dan bagaimana cara mencegah serta mengatasinya ?. Langsung saja berikut jawabannya ...

Kenapa hp android cepat panas saat main game / internetan ?

# Penyebab hp android cepat panas saat main game / internetan

1. Mengecharge hp sambil main game / internetan

Jika anda sering mengecas hp sambil bermain game dan juga berinternetan. Maka hentikanlah kebiasaan buruk ini. Karena mengecas hp sambil memainkan smartphone android anda, hal ini dapat membuat baterai hp anda menjadi cepat panas. Dan jika diteruskan dalam jangka waktu yang lama, maka baterai hp anda akan menjadi cepat rusak.



Jadi bersabarlah, tunggu biar selesai ngecas hp, baru lanjut main game dan internetan lagi. Agar hp android anda tidak menjadi cepat panas. Dan juga, jangan lupa untuk menggunakan charger asli / original, agar baterai hp anda dapat bertahan lama atau awet.

2. Koneksi internet yang tidak stabil

Koneksi internet yang tidak stabil, koneksi internet yang selalu naik turun. Hal ini dapat memperberat kinerja hp, apalagi jika anda memaksakan diri untuk berinternetan atau bermain game online. Maka hal ini dapat membuat baterai hp anda terkuras habis dengan cepat.

Hal ini terjadi karena sistem hp berusaha keras untuk mencari sinyal / jaringan internet. Dan dari aktivitas ini, maka kinerja hardware otomatis meningkat, sehingga daya dari baterai pun menjadi cepat terkuras. Dan tentunya baterai akan menjadi tambah panas.

Untuk mengatasi masalah ini, jika koneksi internet di tempat anda sangatlah minim. Maka janganlah anda memaksakan diri untuk berinternetan / main game online.

3. Game yang terlalu berat

Game dengan graphic 3D yang HD dapat membuat hp anda menjadi cepat panas. Apalagi jika game yang anda mainkan merupakan game online. Maka makin menjadi-jadi juga hp anda. Jika ini terus dilanjutkan, apalagi jika spesifikasi hp anda masih termasuk ke dalam hp kentang. Maka jangan heran jika nantinya hp anda akan menjadi cepat panas, dan juga tentunya boros baterai.

Untuk mengatasi masalah ini, jika anda sedang bermain game. Misalnya bermain game pubg, aov (arena of valor) atau ml (mobile legends). Maka ubah pengaturan game menjadi bergraphic ringan, jangan centang pengaturan graphic hd dan sejenisnya. Agar nantinya hp anda tidak menjadi cepat panas, lemot dan boros baterai.

Cara lain yang paling ampuh, coba saja anda bermain game di depan kipas angin atau di ruangan yang ber-Ac. Dengan ini, maka hp anda dapat didinginkan dengan mudah.

4. Multitasking

Kegiatan multitasking, membuka aplikasi atau game secara bersamaan. Hal ini juga dapat membuat hp anda menjadi cepat panas. Karena jika anda banyak membuka game dan aplikasi sekaligus, maka kinerja hardware hp anda juga menjadi semakin berat. Akibatnya, ya hp android anda nantinya akan menjadi cepat panas.

Solusi untuk mengatasi masalah ini, ya jangan sering-sering melakukan multitasking pada hp android anda. Buka satu-satu saja aplikasi atau gamenya, jangan berlebihan.

5. Proses yang terjadi di latar belakang

Aplikasi yang bekerja di latar belakang, serta berbagai proses sinkronisasi yang terjadi di latar belakang. Hal ini juga akan membuat hp android anda menjadi cepat panas. Karena proses sinkronisasi dan proses di latar belakang ikut membebani kinerja hardware hp android anda. Jadi wajar saja jika hp menjadi cepat panas.

Untuk mengatasi masalah ini, disaat anda sedang internatan atau main game. Maka jangan lupa untuk mematikan semua proses sinkronisasi dan juga hentikan berbagai aplikasi yang bekerja di latar belakang.


6. Kondisi baterai yang sudah memburuk

Baterai yang sudah mulai rusak, baterai hp android yang sudah tua. Hal ini juga dapat menjadi penyebab cepat panasnya hp android anda.

Jika hal ini memang benar adanya, misalnya baterai hp android anda sudah mengembung. Maka jangan ragu lagi, cepat ganti baterai hp anda. Agar nantinya hp anda tidak menjadi cepat panas lagi disaat bermain game / berinternetan.

7. Casing hp

Casing hp yang berbahan metal juga dapat membuat hp android menjadi cepat panas. Apalagi jika casing tersebut di kombinasikan dengan pelindung luar yang menggunakan bahan yang berwarna hitam. Tambah menjadi-jadi lah panasnya suhu hp android anda.

Untuk mencegah hal ini terjadi, cobalah beli hp yang menggunakan casing yang tidak berbahan metal. Atau lebih mudahnya, coba ganti casing hp anda dengan bahan lain selain metal. Misalnya seperti silikon, dan sejenisnya. Agar nantinya hp anda tidak menjadi cepat panas disaat bermain game ataupun disaat internetan.

8. Spesifikasi hp android

Seperti yang sudah tersebut diatas. Jika hp android yang anda miliki berspek kentang, berspesifikasi rendah, dengan harga yang murah meriah. Maka hal ini wajar jika hp android yang anda miliki menjadi cepat panas disaat digunakan untuk internetan atau juga disaat digunakan untuk ngegame.

Solusi untuk mengatasi masalah ini ya dengan cara mengganti hp android yang berspek kentang ini dengan hp android baru yang agak mendingan. Istilah gaulnya sih, ya di lem biru (lempar beli baru).

9. Cuaca

Cuaca, suhu udara yang panas juga dapat mempengaruhi kondisi suhu hp android yang anda miliki. Jika cuaca diluar sangatlah panas, maka jika anda bermain game dan juga internetan diluar. Otomatis hp anda juga ikut-ikutan menjadi cepat panas.

Untuk mengatasi masalah ini, anda hanya perlu ngadem saja. Cari tempat yang sejuk, tempat yang ber-Ac. Lalu anda bisa dengan bebas main game dan internetan disana.

Ya begitulah beberapa penyebab yang menyebabkan cepat panasnya hp android disaat main game ataupun internetan. Cukup sekian dulu, dan semoga bermanfaat.

# Baca juga :

Kenapa Baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai ?
8 Cara agar hp tidak cepat panas saat main game dan internetan
Kenapa hp lemot padahal aplikasi sedikit ? Penyebab & cara mengatasinya !!
Cara mendinginkan hp android yang panas karena internetan & main game (xiaomi, samsung, asus, lenovo, sony, dll)
Cara mudah mengatasi hp cepat panas dan batre / baterai cepat habis (boros)
Penyebab hp cepat panas & boros baterai / batre cepat habis (smartphone android)
8 Penyebab game lag di android dan cara mengatasinya
9 Cara agar hp android tidak lemot saat internetan - 100% berhasil

Kenapa hp android cepat panas saat main game / internetan ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment