Wednesday, January 2, 2019

Cara memperbaiki baterai hp android yang ngedrop / cepat habis

Saya rasa kini smartphone sudah menjamur di seluruh dunia. Smartphone yang dahulu hanya bisa dibeli oleh orang yang kaya saja. Kini semuanya, semua orang dan kalangan sudah dapat membeli dan memiliki smartphone dengan mudah.

Mengapa bisa demikian adanya ?, Karena pada dasarnya harga hp android di pasaran sudah banyak yang murah-murah dan bisa dijangkau oleh semua orang.

Cara memperbaiki baterai hp android yang ngedrop / cepat habis

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana jika batre / baterai hp android yang anda miliki tiba-tiba ngedrop atau cepat habis tanpa sebab ?. Apakah baterai hp android anda sudah saatnya diganti ?. Atau ada cara lain untuk memperbaiki baterai hp yang sudah drop ini ?. Langsung saja simak penjelasannya. .

# Ciri-ciri baterai hp yang rusak

Biasanya baterai hp yang rusak memiliki ciri yang sangat mudah untuk dikenali. Misalnya seperti mengembungnya bentuk fisik baterai hp (removable). Selain itu, baterai hp yang memiliki riwayat buruk. Misalnya hp anda pernah kerendam atau terjatuh di air, hp pernah kebanting dan sebagainya. Hal ini juga dapat merusak baterai hp maupun komponen pendukung yang berubungan dengan baterai tersebut. Misalnya seperti berbagai jenis sirkuit, chipset, socket dan sebagainya yang menyambung pada baterai.



Nah, jika baterai hp android anda sudah rusak. Maka tidak ada cara lain untuk memperbaikinya selain dengan cara me lembiru. Lembiru = lempar beli baru.

# Cara memperbaiki baterai hp android yang lemah, cepat habis / ngedrop

Terkadang ada kesalahan pembacaan daya pada sistem atau aplikasi yang terkait dengan baterai di hp android anda. Nah hal ini dapat menyebabkan hp menjadi terlihat suka mati sendiri dengan alasan baterai yang ngedrop. Padahal batre hp anda sama sekali tidak rusak.

Untuk mengatasi hal ini, anda dapat memperbaiki masalah ngedropnya baterai hp android dengan cara mengkalibrasi baterai hp android anda.

Cara A - Cara mengkalibrasi baterai hp android :

1. Habiskan daya baterai yang ada pada hp android anda. Gunakan hp android anda untuk menonton video, main game, internetan dan sebagainya. Pokoknya gunakan sampai hp jadi ngedrop dan mati sendiri. Sehingga nantinya nampak baterai yang sisa 0%.

2. Hidupkan kembali hp anda yang sudah mati / off sampai mati sendiri lagi.

3. Dalam kondisi hp yang sudah off atau mati. Charge, cas atau isi daya hp sampai penuh, sampai menunjukkan angka 100%.

4. Cabut charger / cas-casan. Kemudian hidupkan hp anda.

5. Lihat kapasitas baterai hp android anda, pasti akan turun ke angka selain 100%, misalnya 98-80-70% dll. Lalu langsung saja cas hp anda dalam kondisi hidup sampai kapasitas daya baterai menunjukkan angka 100%.

6. Cabut cas-casan hp anda, kemudian Restart hp anda. Lihat tinggal sisa berapa % daya baterai anda. Jika belum 100 %, langsung cas lagi saja. Ulangi langkah ini sampai kapasitas daya baterai menunjuk pada angka 100%, tanpa harus memasang cas-casan.

7. Habiskan lagi daya baterai hp anda sampai 0%.

8. Charge atau cas hp sampai batrenya penuh. Maka baterai anda akan sukses terkalibrasi dan akan menjadi normal seperti baru beli.


Cara 2 - Cara mengkalibrasi batre / baterai hp android dengan bantuan aplikasi

1. Masuk ke google playstore.
2. Cari aplikasi dengan keyword atau kata kunci "calibrate battery".
3. Download aplikasi yang terbaik, memiliki rating baik dan memiliki testimoni yang baik serta jumlah download yang banyak.
4. Gunakan hp android anda sampai sisa kapasitas baterai tinggal sedikit. Katakanlah misal sisa 10%.
5. Langsung buka aplikasi battery calibration yang sudah anda install.
6. Cas atau isi daya baterai hp android anda.
7. Aktifkan proses kalibrasi pada aplikasi, Dan tunggu semua proses kalibrasi sampai selesai.

Yap, dengan berbagai cara yang tersebut diatas. Maka semua masalah yang ada pada baterai hp android anda akan mudah teratasi. Jadi, jika baterai hp anda masih baik-baik saja dan tidak mengalami kerusakan fisik. Maka masalah baterai hp yang mudah ngedrop dan cepat habis akan segera diperbaiki dan terselesaikan.

# Baca juga :

Penyebab hp cepat panas & boros baterai / batre cepat habis (smartphone android)
Kenapa hp android cepat panas saat main game / internetan ?
8 Cara agar hp tidak cepat panas saat main game dan internetan
Cara mendinginkan hp android yang panas karena internetan & main game (xiaomi, samsung, asus, lenovo, sony, dll)
Cara mudah mengatasi hp cepat panas dan batre / baterai cepat habis (boros)
Berapa lama sebaiknya ngecas hp baru ? Xiaomi, samsung, oppo, huawei, asus, dll ?

Cara memperbaiki baterai hp android yang ngedrop / cepat habis
4/ 5
Oleh

Leave your comment