Saturday, February 2, 2019

7 Cara beradaptasi di tempat kerja yang baru dengan baik dan mudah

Berada di tempat atau lingkungan kerja yang baru memang terasa agak sedikit canggung bagi sebagian orang. Namun hal ini juga tidak terlalu bagi sebagian orang juga. Apalagi jika anda adalah orang yang cenderung memiliki tipe kepribadian ekstrovert, suka berteman, ramah dan supel. Pastilah anda akan sangat mudah untuk beradaptasi di lingkungan yang baru. Dalam hal ini tentu dalam lingkungan kerja yang anda tempati.

7 Cara beradaptasi di tempat kerja yang baru dengan baik dan mudah

Hal ini tentunya akan sedikit sulit bagi mereka-mereka yang memiliki kecenderungan kepribadian introvert. Apalagi jika keintrovertannya sudah berada dalam tahap akut, misalnya introvert + phobia sosial. Wah, pasti ini sangat sulit untuk dijalani. Akan tetapi jika anda cuma introvert saja tanpa adanya gangguan anxiety atau kecemasan yang lain. Pasti dengan berjalannya waktu anda akan mudah bergaul dan beradaptasi dengan teman-teman yang ada di tempat kerja anda.

Nah, kembali ketopik utama kita kali ini. Jadi, bagaimanakah cara untuk beradaptasi di lingkungan kerja yang baru ?. Untuk selengkepnya lihat saja penjelasannya di bawah ini.

# Cara beradaptasi di tempat kerja yang baru

1. Kenali lingkungan tempat anda bekerja

Langkah pertama untuk beradaptasi di lingkungan kerja yang baru adalah dengan cara mengetahui dimana anda bekerja. Kenali jenis perusahaan apa atau tempat kerja apa yang anda tempati. Kenali tugas-tugas yang harus anda kerjakan.



Dengan ini maka anda akan tahu dengan visi dan misi yang ada di perusahaan / tempat kerja anda. Jika tujuan dibentuknya suatu perusahaan, badan usaha maupun tempat kerja sudah anda ketahui. Maka didalam bergaul, perkenalan diri, maupun bekerja di lingkungan kerja yang baru. Anda tidak akan lagi merasakan yang namanya bingung.

2. Jaga penampilan

Ya di era saat ini saya rasa penampilan sangatlah penting untuk mendapatkan suatu pekerjaan di suatu perusahaan dan sebagainya. Hal ini terbukti dengan adanya syarat dalam lowongan pekerjaan, misalnya seperti berpenampilan menarik, dan sejenisnya.

Nah, dengan menjaga penampilan agar enak dilihat. Maka anda juga tentunya tidak akan malu-malu lagi didalam bergaul bersama teman atau rekan kerja lainnya. Sehingga nantinya anda dapat dengan mudah menjalankan tugas anda di perusahaan atau tempat kerja yang anda tempati.



3. Ramah dan sopan

Tutur kata yang baik, volume suara yang pas, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu keras. Hal ini juga berpengaruh didalam pergaulan di dunia kerja. Coba saja anda bayangkan jika raut muka anda masam, baju urak-urakan, gaya bicara ala preman pasar. Pastinya rekan kerja anda, atau karyawan lainnya akan ketakutan dan andapun menjadi terasingkan di tempat kerja. Bisa-bisa malah satu hari langsung dipecat 😂.

4. Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan lingkungan tempat anda bekerja merupakan hal penting didalam beradaptasi dalam pekerjaan baru yang anda geluti. Perhatikan meja kantor anda, baju anda, tempat bekerja anda. Jangan dibiarkan kotor berserakan, karena hal ini dapat membawa pengaruh buruk bagi diri anda sendiri. Bisa-bisa anda dicap sebagai pekerja yang tidak rajin, jika anda selalu berantakan dan tidak menjaga kebersihan dengan baik.

5. Manfaatkan waktu dengan baik

Manfaatkan waktu kerja sebaik mungkin, selesaikan tugas anda dengan tepat. Jangan lupa sering berinteraksi dengan teman atau rekan kerja anda. Coba bertanya tentang pekerjaan atau tugas anda. Rajin dan aktiflah dalam bersosialisasi, jangan sering asik main sendiri.


6. Hindari masalah / komplain

Hindari membuat masalah dihari pertama kerja anda, ataupun dihari-hari selanjutnya. Lebih baik anda bertanya terlebih dahulu, daripada melakukan sesuatu yang tidak anda ketahui. Karena ya gitu, jika tidak tahu ujung-ujungnya pasti ada kesalahan didalam pekerjaan atau tugas yang anda lakukan.

7. Jangan lewatkan kesempatan

Jangan lewatkan kesempatan, jika ada kesempatan emas langsung ambil saja. Selalu aktif dalam bersosialisasi, aktif bertanya, namun tidak terlalu sering bertanya. Kerjakan tugas dengan tepat, hindari masalah atau komplain. Dan jangan lupa sering main dan gabung bersama teman atau rekan kerja anda. Misalnya dengan cara makan bareng, istirahat bersama-sama, dan sebagainya.

Saya sendiri masih belum pernah merasakan bekerja di perusahaan. Jadi ya gitu, hal diatas cuma ngarang indah saja. Tapi tidak ada salahnya jika dicoba. Yang terpenting didalam bekerja, jangan sampai anda mengorbankan agama, aqidah, akhlak dan moral anda. Apalagi sampai korupsi dan menjadi penjilat, sungguh tidak mendidique. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . .

Artikel terkait

7 Cara beradaptasi di tempat kerja yang baru dengan baik dan mudah
4/ 5
Oleh

Leave your comment