Sunday, February 3, 2019

Pengertian & Perbedaan dodge dan evade dalam game rpg, mmo, fps, game online, dll

Dodge dan evade, kedua kata ini memanglah sangat membingungkan. Apalagi jika anda memainkan video game, khususnya game-game yang bergenre rpg, mmorpg dan sejenisnya. Baik itu game offline, maupun game online, anda tentunya pernah menemui kedua istilah evade dan dodge ini. Dan tak jarang anda malah bingung sendiri dibuatnya.

Dodge scene
Goku ngedodge pukulan

Nah, sebenarnya apa itu dodge ?, dan apa itu evade ?. Serta apa perbedaan di antara dodge dan evade ?. Berikut penjelasannya .. .

# Pengertian dodge dan evade

Didalam bahasa inggris sendiri, kata evade dan dodge memiliki arti yang sama. Yakni menghindar, mengelak atau juga menyingkir. Jadi ya gitu, memang pengaplikasian kedua kata ini cukup membingungkan.



Akan tetapi setelah memainkan berbagai jenis game rpg dan mmorpg, saya akhirnya mengetahui dengan jelas perbedaan antara dodge dan evade ini. Untuk selengkapnya simak penjelasannya di bawah ini.

# Perbedaan dodge dan evade di dalam game

Didalam game rpg dan mmorpg, misalnya sebagai contoh yakni game toram online. Kita dapat menemui berbagai skill dan equipment yang didalamnya terdapat stat berupa dodge atau juga evasion / evade.

Nah, setelah mengedit skill dan berbagai equipment atau perlengkapan yang diperlukan. Semisal senjata, armor, aksesoris dan sebagainya yang full dengan salah satu stat diantara dodge dan evade. Maka dapat ditarik beberapa garis besar.



1. Dodge

- Menghindari senjata lawan.
- Menghindari senjata / serangan lawan tanpa menggerakkan seluruh anggota tubuh (kayak di film matrix, senjata musuh serasa diperlambat sehingga kita bisa menghindarinya dengan hanya menggelengkan kepala, menggerakkan tangan, dll).
- Menghasilkan efek atau status notifikasi "miss" jika berhasil mendodge senjata lawan.

2. Evade

- Menghindari serangan lawan.
- Menghindar dengan cara menggerakkan seluruh anggota tubuh ( misal : loncat ke kiri, ke kanan, roll back, gerak ke belakang, roll depan, dan sebagainya.).
- Menghasilkan efek atau status "evasion" jika berhasil menghindari serangan lawan.

Yap, begitulah pengertian dan perbedaan diantara dodge dan evade yang seringkali ada didalam game rpg dan mmorpg. Keduanya masih erat kaitannya dengan stat agility (speed / kelincahan dan kecepatan) dan juga dexterity (ketangkasan skill).


Nah, dari kedua skill tersebut. Yakni evade dan doge, kira-kira mana yang paling baik digunakan atau di build di dalam game ?. Jawabannya tentunya tergantung dari gamenya. Jika serangan musuh dominan menggunakan serangan fisik semisal warrior, dll, maka skill dodge saya rasa cukup ampuh. Dan jika serangan musuh menggunakan skill magic, spell aoe dan sejenisnya ala-ala mage, yang paling ampuh saya rasa ya menggunakan evade.

Kalau bisa sih ya di build saja kedua-duanya, yakni skill pasif atau juga aktif yang ada dodge dan juga evadenya. Biasanya skill evade dan dodge ini ada pada karakter game yang class atau jobnya masih ada hubungannya dengan thief, assassin, rogue, ranger, archer dan juga dual sword / dual wielder ala kirito 😂. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat..

Pengertian & Perbedaan dodge dan evade dalam game rpg, mmo, fps, game online, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment