Thursday, February 7, 2019

8 Kekurangan / dampak negatif otaku

Selain dampak positif atau kelebihan yang dimiliki oleh seorang otaku. Tentunya ada saja dampak negatif atau kerugian yang dapat ditimbulkan oleh para otaku ini. Misalnya saja seperti otaku yang ada di jepang, banyak masyarakat disana yang memandang rendah otaku ini karena berbagai alasan dan hal.

Nah, kira-kira hal apa sajakah yang membuat otaku menjadi suatu istilah yang buruk ?. Langsung saja . ..

8 Kekurangan / dampak negatif otaku

# Kekurangan / dampak negatif otaku

1. Nolep / Nolife akut

Ya, kali ini anggap saja otaku yang saya maksud adalah orang-orang yang suka dengan nonton anime, baca manga, baca novel dan juga main game. Mereka semua para otaku tersebut seringkali asik sendiri dalam dunianya, sehingga mereka banyak mengabaikan kehidupan sosial yang berjalan disekelilingnya.

Akibatnya mereka akan jarang sekali bersosialisasi atau bergaul dengan orang di sekitarnya. Baik itu dengan keluarga, teman, tetangga atau orang lainnya. Sehingga nantinya hubungan dia dengan masyarakat sekitar akan semakin menjauh. Bahkan parahnya, sampai-sampai nama tetangga sendiri saja tidak tahu 😁.

2. Sulit bergaul

Ya, karena setiap hari mereka disibukkan dengan aktivitas hobinya. Misalnya seperti nonton anime, baca manga, nimbrung di komunitas otaku (sosmed), dan sebagainya. Dari ini, maka kehidupan bermasyarakat mereka akan terganggu.



Akibatnya terkadang mereka mengalami masalah dalam hal bersosialisasi, dan jadilah para otaku yang model begini akan menjadi seorang nolep yang kuper, sulit bergaul, takut keramaian lagi.

Namun tidak semua otaku bertingkah seperti ini, banyak juga para otaku yang pandai bergaul atau bersosialisasi. Akan tetapi, kebanyakan dari mereka suka pilih-pilih teman. Mereka hanya mau berteman dengan teman yang sesama otaku saja 😂.

3. Pengkhayal tingkat tinggi

Mau bagaimana lagi, lagipula anime, manga, novel, game dan sejenisnya. Kesemuanya dibuat atas dasar imajinasi para pembuat konten tersebut. Dan dari ini, maka para otaku akan sering berimajinasi didalam melakukam hobinya tersebut.

Misalnya mereka mengkhayal menjadi salah satu tokoh atau karakter dalam anime atau manga yang dilihatnya. Begitu juga halnya dengan novel yang dibacanya, dan juga game yang dimainkannya.

Dengan ini, maka kehidupan para otaku diliputi dengan khayalan demi khayalan. Yang pada akhirnya, banyak otaku yang tenggelam sendiri didalam dunia mimpi atau khayalannya tersebut.



4. Emosi tidak stabil

Jika ada seorang otaku yang sedang menjalankan aktivitas hobinya. Maka anda jangan sekali-kali menganggunya, karena jika tidak, maka anda akan kena marah ala kyubii ekor 9. Ngamuk-ngamuk penuh amarah yang menakutkan.

Selain itu, rasa penasaran dan ketagihan dalam melakukan hobi yang mereka lakukan. Misalnya seperti nonton anime, main game, dan sebagainya. Hal ini membuat mereka menjadi orang yang mudah emosian, moody, mudah merasa jengkel, sensitif, acuh tak acuh dan menyebalkan.

5. Pemalas

Banyak para otaku yang pemalas, dalam artian mereka tidak mau melakukan sesuatu selain hobi yang disukainya. Jika ada otaku yang suka main game misalnya, coba anda suruh untuk belikan sesuatu, suruh buat belajar, suruh bersih-bersih, suruh ini dan itu, pasti mereka akan langsung menolaknya. Baik itu dengan cara yang halus, maupun juga dengan cara yang tegas.

Hal ini tentunya sangat menjengkelkan bagi orang-orang disekitarnya. Misalnya bagi para orang tua, guru, tetangga, dan orang lainnya.


6. Tidak mau bekerja

Dalam stadium akut, para otaku akan menolak untuk bekerja. Mereka sudah terlalu cinta dengan hobinya dan tidak bisa lagi dipisahkan darinya. Sehingga nantinya akan banyak pengangguran yang tercipta dari adanya seorang otaku ini. Mereka enggan bekerja, dan asik sendiri dengan hobi yang dijalankannya.

7. Boros

Para otaku terkenal boros dalam hal untuk memuaskan hasrat hobinya. Misalnya mereka akan menghabiskan uang atau hartanya demi untuk membeli sebuah game, membeli action figure, membeli aksesoris karakter yang disukainya. Dan masih banyak yang lainnya.

8. Jones

Banyak otaku yang tidak lagi menyukai manusia. Mereka lebih mencintai para waifu dan juga husbandonya. Akibatnya mereka menjones terlalu lama bahkan jones permanan. Menurut mereka kecantikan waifu dan ketampanan husbando, serta sifat karakter lainnya tidak akan usang ditelan masa. Lagipula mereka tiap musim / season bisa gonta-ganti waifu 😂. Pacar ?, Istri ?, Tinggal download saja.

Begitulah beberapa kekurangan, sisi buruk, dampak buruk, atau dampak negatif dari seorang otaku. Tentunya seorang otaku tidak mesti memiliki sisi negatif yang banyak seperti itu. Masih banyak otaku diluar sana yang rajin bekerja, pandai bersosialisasi, tampan pemberani, cantik nan rupawan dan juga sudah berumah tangga. Hal ini banyak dibuktikan dari banyaknya otaku sultan / otaku yang kaya raya di luar sana 😎.

# Baca juga :

5 Kelebihan dan manfaat menjadi otaku
11 Sifat & Ciri-ciri cowok cewek otaku anime akut
11 Ciri-Ciri seorang wibu, vvibu, weeaboo
Apa itu pengertian dan perbedaan antara wibu dan otaku, dan mana yang lebih baik di antara keduanya ?

Artikel terkait

8 Kekurangan / dampak negatif otaku
4/ 5
Oleh

Leave your comment