Saturday, February 9, 2019

8 Keuntungan dan manfaat menonton anime dan baca manga

Selain banyaknya dampak buruk atau dampak negatif yang ditimbulkan dari aktivitas menonton anime maupun membaca manga. Tentunya ada juga sisi positif, manfaat atau keuntungan dari menonton anime dan membaca manga ini. Diantaranya dampak positif dari menonton anime dan baca manga adalah.

8 Keuntungan dan manfaat menonton anime dan baca manga

# Dampak positif, manfaat dan keuntungan nonton anime dan baca manga

1. Sarana hiburan

Menonton anime dan juga membaca manga dapat dijadikan sebagai media atau sarana hiburan yang murah meriah. Banyak genre yang terdapat didalam anime, yang dapat disesuaikan dengan minat dan keinginan anda.

Misalnya seperti genre comedy dan juga slice of life, anime yang bergenre tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai sarana hiburan dan juga untuk memperoleh berbagai ilmu yang sekiranya bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

2. Mengenal budaya jepang

Didalam adegan atau scene yang ada di anime dan juga manga. Banyak diantaranya yang menyisipkan berbagai adegan tentang budaya jepang. Misalnya dari segi tempat wisata, bahasa, makanan, tradisi dan sebagainya. Dengan menonton anime, maka anda sedikit banyak akan mengetahui seperti apa jepang itu.



Tentunya tidak semua yang ada di anime itu benar dan boleh dicontoh. Anda sendiri harus pandai memilah dan memilih informasi mana yang baik dan boleh digunakan, dan informasi mana yang buruk dan harus ditinggalkan.

3. Menambah ilmu pengetahuan

Selain budaya jepang, ada juga banyak ilmu pengetahuan baru yang ada di dalam anime dan juga manga. Biasanya anime yang banyak memberikan ilmu pengetahuan adalah anime-anime yang masih ada hubungannya dengan genre kehidupan sehari-hari atau slice of life. Dari sekian banyak anime dan manga slice of life yang ada, pasti ada saja yang memberikan pembelajaran yang bermanfaat dan dapat digunakan di kehidupan nyata.

4. Melatih pemahaman bahasa asing

Didalam anime dan manga yang tidak di dub ke dalam bahasa indonesia. Adegan yang ada didalam anime dan manga biasanya di dominasi dengan dub bahasa jepang dan juga dengan teks atau subtitle yang berbahasa inggris (manga). Nah, hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi anda-anda yang ingin memahami dan mendalami bahasa asing, yakni bahasa jepang dan juga bahasa inggris.



5. Melatih daya ingat, imajinasi dan kreativitas

Didalam membaca manga, maupun menonton anime. Daya ingat, dan imajinasi anda sangatlah diperlukan. Jika anda terus mengasa daya ingat, imajinasi dan diwujudkan dalam kreasi yang penuh dengan kreativitas. Maka tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda. Dan mungkin dari berbagai karya yang anda buat dan hasilkan, anda akan dapat memperoleh uang dari karya dan hobi anda tersebut.

6. Memperoleh teman baru

Dengan bergabung diberbagai komunitas anime dan manga yang ada di sosial media. Maka anda akan memiliki akses untuk memperluas jaringan pertemanan anda. Sehingga nantinya anda akan memiliki banyak teman baru yang sehobi, dan dapat diajak untuk berbagi informasi seputar dunia anime dan manga.


7. Belajar mengerti karakter atau penokohan

Mungkin saja anda berniat untuk menjadi seorang novelis atau komikus ?. Dengan membaca anime dan manga, tentunya anda dapat mengasah kemampuan anda didalam membuat suatu penokohan atau karakter yang ada. Sehingga nantinya jika anda ingin membuat novel atau komik, maka anda dapat melakukannya dengan mudah.

8. Mengisi kekosongan

Banyak orang disela-sela waktu kosongnya hanya diisi dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Misalnya seperti tidur atau juga nongkrong dipinggir jalan. Dengan membaca manga atau juga menonton anime, setidaknya kegiatan ini lebih bermanfaat daripada hanya tidur seharian begitu saja.

Kalau boleh sih ya, jika ada waktu kosong manfaatkan saja untuk ibadah atau bekerja, biar nantinya hidup anda lebih berguna dan bermakna.

Ya begitulah beberapa manfaat atau keuntungan yang didapatkan dari aktivitas nonton anime dan baca manga. Tentunya semua hal memiliki sisi positif dan negatif, termasuk dalam hal ini ya mengenai hobi menonton anime dan baca manga ini. Semoga bermanfaat . .. .

# Baca juga :

8 Kekurangan / dampak negatif otaku
8 Dampak buruk / dampak negatif anime dan manga bagi generasi muda
6 Keuntungan dan Dampak positif otaku menurut sudut pandang para otaku
6 Kerugian / Dampak negatif menjadi wibu, vvibu, weeaboo

8 Keuntungan dan manfaat menonton anime dan baca manga
4/ 5
Oleh

Leave your comment