Monday, February 4, 2019

Cara beradaptasi dengan karyawan lama / rekan kerja di tempat kerja baru

Saat anda bekerja di suatu perusahaan, maupun di tempat kerja baru yang lainnya. Anda tentunya merasakan yang namanya kecanggungan demi kecanggungan 😂. Hal ini terjadi karena anda merupakan salah satu dari sekian banyak karyawan baru yang ada di perusahaan tersebut. Anda tidak memiliki kenalan sama sekali. Sehingga anda kesulitan didalam membuat materi pembicaraan maupun mengakrabkan diri dengan karyawan lainnya. Tentunya hal ini tidak berlaku jika anda punya orang dalam atau teman yang bekerja juga di perusahaan yang sama.

Cara beradaptasi dengan karyawan lama / rekan kerja di tempat kerja baru

Nah, pertanyaannya adalah. Bagaimanakah cara kita agar bisa cepat akrab, mudah beradaptasi dengan karyawan lama atau juga rekan kerja di tempat kerja yang baru ?. Berikut jawabannya . . .

# Cara beradaptasi dengan karyawan lama / rekan kerja di tempat kerja baru

Didalam berinteraksi dengan orang lain, dalam hal ini adalah interaksi dengan karyawan lama maupun rekan kerja. Anda ingin akrab dengan mereka, ingin beradaptasi dengan mereka. Tentunya anda haruslah memiliki beberapa kriteria yang tersebut dibawah ini.

1. Keberanian diri
2. Penampilan yang menarik
3. Tutur kata yang baik dan sopan
4. Sikap yang wajar
5. Materi pembicaraan yang tepat



Nah, dengan ke-5 hal yang tersebut diatas, saya rasa anda akan dapat dengan mudah menjadi akrab atau beradaptasi dengan karyawan lama / rekan kerja baru. Untuk selengkapnya berikut penjelasannya . ..

1. Keberanian diri

Keberanian diri yang saya maksud adalah keberanian untuk memulai interaksi dengan para senior, dengan para karyawan lama yang bekerja di tempat kerja anda. Anda jangan bersikap pasif, bersikaplah aktif dalam bersosialisasi di lingkungan kerja. Paling tidak ya perkenalkan diri anda kepada karyawan / rekan kerja anda. Dan juga jangan lupa untuk menyapa ketika sedang bertemu, dan dalam berbagai situasi yang lainnya.

2. Penampilan yang menarik

Penampilan yang menarik bukan berarti anda harus berdandan yang mewah, bermuka cantik atau juga tampan. Yang penting enak dipandang saja, raut muka tidak seram alias menunjukkan wajah yang bisa diajak ngobrol dan berteman. Tidak murung, tidak nampak judes, pemarah dan sejenisnya. Dengan ini maka pergaulan di dalam pekerjaan atau di tempat kerja pasti akan sangat mudah untuk dijalankan.



3. Tutur kata yang baik

Yap, cara bicara yang baik tanpa mengeluarkan kata-kata kotor. Nada bicara yang wajar, tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu pelan. Hal ini juga berpengaruh didalam pergaulan sehari-hari anda di dalam suatu perusahaan atau di tempat kerja.

Coba saja anda bayangkan, jika cara bicaranya anda seperti mau memalak orang, dengan raut muka yang sangar, disertai dengan suara yang amat keras. Pastilah teman kerja anda akan takut dengan anda, dan enggan untuk bergaul / akrab dengan anda.

4. Sikap yang wajar

Sikap yang wajar disini misalnya seperti tidak menjadi orang yang cerewet, dikit-dikit ngobrol, dll. Tidak menjadi seorang penjilat, suka cari perhatian dan sebagainya. Jika ini anda lakukan dan anda jaga, maka saya rasa anda akan mudah sekali beradaptasi dengan teman atau rekan kerja anda.


5. Materi pembicaraan yang tepat

Jangan lupa update berita terkini, update trending yang ada di dunia maya. Cari bahan pembicaraan yang sekiranya menarik buat kalangan pekerja, maupun yang sekiranya disukai oleh rekan kerja atau karyawan lama disana (misal seperti bola, meme, anak jaman sekarang, dll, asal jangan gosip).

Kemudian ngobrol bareng deh, nyantai bareng, istirahat bersama, makan beramai-ramai. Dengan ini saya rasa anda dapat akrab dan beradaptasi dengan cepat.

Ya begitulah ke-5 cara agar anda mudah beradaptasi dengan karyawan lama, maupun dengan rekan kerja di perusahaan atau di tempat kerja yang baru. Semoga bermanfaat . .

Artikel terkait

Cara beradaptasi dengan karyawan lama / rekan kerja di tempat kerja baru
4/ 5
Oleh

Leave your comment