Saturday, February 23, 2019

Earworm, fenomena Lagu terngiang di kepala dan di telinga ?

Anda tentunya pernah merasakan sebuah fenomena yang cukup aneh ini. Fenomena tersebut adalah terngiangnya, atau tersangkutnya sebuah lagu di benak anda, di telinga anda, di kepala anda. Walaupun lagu atau musik tersebut sudah tidak diputar dan didengar lagi (secara real / nyata).

Nah, sebenarnya fenomena apakah itu ?. Dan mengapa fenomena ini dapat terjadi ?. Langsung saja berikut penjelasan singkatnya.

Earworm, fenomena Lagu terngiang di kepala dan di telinga ?

# Fenomena earworm

Seperti yang sudah tersebut pada judul yang tertera diatas. Pada dasarnya suara lagu yang terngiang dikepala dan ditelinga ini hampir pernah dialami oleh seluruh orang di dunia. Dan di negara barat sana, fenomena ini sering disebut sebagai Earworm atau dapat diterjemahkan kedalam bahasa indonesia sebagai "Cacing telinga".



# Penyebab munculnya lagu yang terngiang di kepala dan ditelinga

Nah, untuk masalah yang menyebabkan terngiangnya lagu di kepala dan telinga anda. Hal ini tentunya di sebabkan oleh berbagai hal. Diantaranya adalah . .

1. Sering Mendengar lagu favorit

Yap, penyebab yang satu ini cukup umum. Jika anda sedang asik-asiknya mendengarkan sebuah lagu yang menurut anda sebagai lagu yang bagus dan enak di dengar. Lagu tersebut setiap hari sering anda putar. Maka tak heran, jika anda sudah mematikan lagu tersebut. Dan anda mulai beraktivitas sehari-hari, lagu tersebut akan teringat dan terputar sendiri di kepala anda.

Hal ini akan berlangsung lumayan lama. Apalagi jika anda tidak berusaha mengalihkan perhatian anda pada lagu yang terngiang tersebut. Maka lagu tersebut tentunya akan terus berputar di kepala anda, dan akhirnya akan menganggu aktivitas harian anda.

2. Ada suara atau nada yang mengingatkan dengan lagu yang pernah di dengar

Jika anda pernah mendengarkan sebuah lagu yang berkesan bagi anda. Kemudian di suatu waktu dan tempat, ada suatu suara yang sekiranya mirip dengan lagu yang pernah anda dengar. Maka hal ini juga berpotensi untuk membuat fenomena earworm ini mampir dan menjangkiti anda.

3. Rasa penasaran

Rasa penasaran yang tak tertahankan, misalnya anda mendengar sebuah lagu yang enak. Namun anda tidak mendengarkannya sampai full. Nanti, suatu waktu lagu tersebut akan terngiang terus menerus dikepala anda.

Lagu tersebut akan nyangkut dan berputar terus-menerus seperti kaset yang macet atau rusak. Diputar-putar terus saja sambil lompat-lompat lirik lagunya.


4. Diganggu setan

Poin ke-4 ini bersifat opsional, semuanya tergantung iman atau kepercayaan masing-masing. Kalau anda sedang beribadah, terus tiba-tiba terngiang lagu di telinga anda. Nah, barangkali si setan ingin menggoda anda. Jadi, ya hal ini saya rasa cukup umum dan sangat sering terjadi. Mereka para setan kan tugasnya menyesatkan manusia, termasuk dengan fenomena lagu yang terngiang di kepala dan di telinga ini (earworm).

# Dampak buruk fenomena earworm

Fenomena earworm ini tentunya akan sangat menganggu jika lagu yang terngiang di kepala terus-terusan diputar / diplay dalam kurun waktu yang lama 😂. Hal ini dapat menganggu aktivitas keseharian anda, misalnya seperti menganggu dalam hal Konsentrasi dan tingkat kefokusan anda. Sehingga nantinya berbagai tugas dan pekerjaan yang anda lakukan akan menjadi terbengkalai dan tidak kunjung selesai.

Ya cukup sekian dulu, begitulah sedikit penjelasan mengenai fenomena earworm (cacing telinga), fenomena lagu yang terngiang di kepala, di benak atau di telinga anda. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Cara menghilangkan dan menghentikan earworm, lagu yang terngiang di kepala (dalam pikiran)

Earworm, fenomena Lagu terngiang di kepala dan di telinga ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment