Sunday, March 31, 2019

16 Cara mengatasi dan menghilangkan rasa gabut yang melanda

Gabut, satu kata berjuta makna. Karena banyak versi arti dari kata gabut ini. Maka anggap saja gabut yang saya maksud artinya sama saja dengan galau, ngak ada kerjaan, bosan, bete, jenuh gak karuan. Nah, gabut ini dapat melanda siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Terutama kegabutan ini sering menghampiri para nak nolep dan jones di luar sana. Karena hari-harinya penuh diisi dengan banyak waktu luang alias nganggur. Jadinya ya gitu, maka frekuensi masa kegabutan ini pun akan semakin meningkat setiap harinya.

16 Cara mengatasi dan menghilangkan rasa gabut yang melanda

Apalagi jika malam hari tiba. Mata masih belum lelah, banyak pikiran dan sendirian. Pastinya anda juga akan mengalami yang namanya gabut di malam hari ini. Saat di malam hari ini lah, rasanya kegabutan menjadi semakin parah. Dan ujung-ujungnya malah berubah menjadi rasa sedih dan juga sepi yang mendalam 😫. Nah, jika sudah demikian adanya, tentu sangat buruk sekali akibat kedepannya.

Maka dari itu, untuk mengatasi rasa gabut yang anda punya. Untuk menghilangkan gabut yang melanda. Maka langsung saja, mungkin anda dapat mencoba beberapa tips menghilangkan gabut di bawah ini.

# Cara mengatasi dan menghilangkan gabut :

1. Mencoba hal baru

Rasa bosan, gabut, dll dapat terjadi karena anda terlalu sering melakukan rutinitas yang sama atau monoton. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, caranya cukup mudah. Anda hanya diharuskan untuk merubah rutinitas harian anda. Kalau perlu carilah hal baru yang sekiranya baik dan menarik bagi anda. Lalu, coba dan nikmatilah hal baru tersebut.



Misalnya jika dikeseharian anda sering makan nasi pakai kecap. Sesekali atau mungkin, coba ganti menu harian anda. Misalnya makan mie pakek nasi 😂. Kidding mank..

2. Main di sosial media

Di media sosial banyak kita temui berbagai info dan status orang yang cukup menarik untuk dilihat dan dibaca. Kalau perlu anda dapat juga aktif chattingan dan bermain di berbagai komunitas grup yang ada di sosial media. Dengan ini saya rasa, rasa gabut anda perlahan juga akan segera teratasi dan menghilang.

3. Chattingan

Seperti apa yang tersebut diatas. Jika anda bosan ngak ada kerjaan. Anda sendirian, bingung ngak jelas mau melakukan apa. Apalagi diwaktu malam hari sendirian ngak jelas. Coba saja kontak teman online anda. Ajak berbincang bersama, kalau perlu sekalian ajak mabar game online. Misalnya main game moba atau juga game battle royale. Dengan ini maka suasana hidup anda akan menjadi sedikit bahagia.

4. Ngeyoutube

Di youtube juga banyak sekali konten video yang menarik untuk ditonton. Dengan adanya berbagai hiburan di youtube ini. Saya rasa kegabutan anda dapat teratasi dengan segera. Tinggal buka youtube, lihat video lucu. Jreng jreng, gabut pun hilang, dan hati pun senang.

5. Main game

Main game apa saja. Baik itu game online atau game offline. Asalkan hal tersebut dapat mengobati kegabutan anda. Maka saya rasa hal ini tidak menjadi masalah. Yang paling seru menurut saya sih, ya saat main game online atau multiplayer. Karena dengan ini, tentunya anda dapat bertemu dengan sesama gamer di dunia maya. Dan anda dapat berbagi kebahagiaan bersama disana.

6. Jalan-jalan

Jika gabut melanda di rumah. Maka coba saja anda untuk keluar rumah sejenak. Jalan-jalan kemana saja yang sekiranya dapat membuat kegabutan anda menghilang. Dengan adanya suasana baru. Saya rasa hal ini cukup ampuh untuk menghilangkan kegabutan yang menghantui anda.

7. Main bareng teman

Jika gabut melanda anda dikala sendirian. Langsung saja, main bareng temen. Kontak mereka untuk main bersama. Ajak mereka untuk main bareng, ajak mabar baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Jika anda tidak punya teman, maka itu sungguh terlalu dan sangat menyedihkan 😫. Solusinya sih, ya aktif online saja. Menjadi hero di dunia maya, saya rasa hal ini tidaklah buruk ?.

8. Nonton film

Menonton film kesukaan, baik itu film drama, fiksi fantasi, film kartun dan sebagainya. Asalkan gabut hilang, maka ya sudah lakukan saja. Yang jelas jangan sampai anda nonton film yang mengundang dosa ya. 🙄

9. Membaca buku / novel

Banyak sekali buku dan juga novel yang menarik untuk dibaca dikala gabut. Jika anda suka membaca, maka tentunya buku dan novel, akan siap menemani hari-hari kegabutan anda. Dengan adanya internet dan berbagai situs baca online gratis. Baik itu cerpen, novel, manga dan sebagainya. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang menggunakannya.

10. Bersih-bersih kamar / rumah

Bersih-bersih kamar, ataupun membersihkan seluruh rumah. Hal ini juga cukup ampuh untuk mengusir kegabutan yang ada. Jika anda tidak ada kerjaan dan sedang ngegabut ngak jelas. Langsung saja rapikan kamar anda, bersihkan kamar dan rumah anda. Dengan ini, selain kamar dan rumah menjadi bersih. Maka gabut pun juga akan menghilang dengan sendirinya.


11. Main bareng pet / hewan peliharaan

Bermain dengan kucing, hamster, kelinci dan sebagainya tentu bagi sebagian orang dapat menenangkan dan dapat mengobati stres yang ada. Termasuk didalamnya tentu mengenai masalah gabut yang melanda ini. Jika gabut datang, langsung saja ajak main kucing anda. Elus-elus sampai si mpus mendengkur pur pur. Pasti hal ini akan sangat menenangkan dan menentramkan jiwa.

12. Tidur

Tidur memang cukup efektif untuk mempercepat dan membunuh waktu gabut yang ada. Namun jika anda setiap hari banyak tidur. Tentu ada masalah dalam diri anda. Jika demikian adanya, berarti tahap kegabutan dan kenolepan anda sudah dibatas wajar. Dengan ini tentu anda harus cepat-cepat merubah pola hidup anda.

13. Merenung / introspeksi diri

Merenung, tafakur, berfikir sejenak. Dikala malam datang, dan gabut melanda. Disaat itulah maka waktu-waktu emas akan datang. Coba saja gunakan waktu tersebut untuk memperbaiki diri anda. Renungkan hidup anda, cari sesuatu yang anda inginkan dalam hati kecil anda. Apakah anda menginginkan kebahagiaan dan ketenangan ?. Dan bagaimana cara untuk menggapainya ?. Jika ia, maka waktu gabut anda pasti tidak akan sia-sia lagi.

14. Beribadah

Setelah berintrospeksi, setelah merenung tentang arti hidup dan kehidupan. Maka alangkah baiknya jika anda memperbanyak waktu ibadah anda. Apalagi jika malam hari tiba, tentunya ibadah semisal seperti baca quran dan sholat malam akan sangat bagus untuk jiwa dan hati anda. Dengan ini, saya rasa anda akan menemukan ketenangan dan kebahagiaan di dalam hidup.

Walaupun hidup susah, banyak masalah, anda selalu sedih, kesepian dan sendiri. Asal ibadah lancar, anda ikhlas, qanaah dan mempercayakan semuanya kepada Tuhan yang maha esa. Maka hidup anda tentunya akan penuh dengan ketenangan dan kedamaian.

15. Main ke grup meme / lucu-lucuan

Mungkin hal ini cukup mainstream. Jika gabut melanda, anda dapat mampir ke berbagai grup meme dan sejenisnya di sosial media. Karena disana banyak tersedia konten lucu yang dapat mengocok perut anda. Tentunya anda juga harus pandai dalam memilih grup yang ada. Agar anda tidak terjerumus kedalam lembah toxic dan meme yang ngak jelas.

16. Menikmati kegabutan

Langkah terakahir untuk mengatasi masalah gabut ini adalah dengan cara menikmati kegabutan yang ada 🤣. Karena sudah tidak ada solusi yang tepat dan dapat digunakan. Mendingan neglanjut saja ngegabutnya gan. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Apa sih arti gabut itu ? pengertian kata gabut dalam bahasa gaul di media sosial / dunia maya / internet
7 Hal yang dilakukan ketika gabut melanda - obat gabut - tips atasi gabut

Artikel terkait

16 Cara mengatasi dan menghilangkan rasa gabut yang melanda
4/ 5
Oleh

Leave your comment