Monday, April 1, 2019

8 Tips mengisi waktu luang bagi anak kos yang bermanfaat dan berfaedah

Disaat ngekos, maka disaat itulah berbagai skill mengenai kehidupan. Khususnya skill yang berhubungan dengan skill survival 😂, dan skill bersosialisasi diuji. Disaat anda baru pertama kali merasakan yang namanya ngekos, pastinya anda akan dihantui dengan berbagai perasaan aneh. Bawaannya terkadang jadi risih, kangen rumah / homesick, ngak betah, dan bingung ngak jelas (misalnya takut hantu, takut sendirian, dll). Tetapi anda jangan terlalu khawatir, seiring berjalannya waktu. Tentu berbagai macam perasaan aneh ini akan segera memudar dan menghilang.

8 Tips mengisi waktu luang bagi anak kos yang bermanfaat dan berfaedah

Dan, setelah kita sudah terbiasa dengan kehidupan di kos-kosan. Maka akan muncul berbagai masalah baru. Salah satunya misalnya adalah dilanda bosan karena banyaknya waktu luang yang tidak tahu mau diisi dengan kegiatan apa. Apalagi, jika anda masih anak sekolahan, pasti bawaannya tambah ribet. Karena sepulang sekolah langsung saja dihadapkan dengan berbagai macam pr dan tugas yang menjengkelkan 😂.



Nah, untuk mengisi waktu luang yang anda punya. Sebaiknya anda mencoba berbagai hal di bawah ini. Agar nantinya anda tidak menjadi gabut dan tiduran terus ngak jelas. Langsung saja, .. . .

# Tips mengisi waktu luang di kos-kosan untuk anak kos

1. Mampir ke kosan tetangga

Jika anda bingung saat berada di kosan. Anda sedang nganggur dan banyak waktu luang. Mengapa anda tidak bermain saja dengan teman sesama kos ?. Ajak main teman anda, mampir ke kosan tetangga. Ajak teman anda untuk main bersama, ajak untuk nongkrong bareng. Kalau perlu ajak untuk patungan buat makan-makan 😂. Kalau bisa masak bareng, biar tambah seru kebersamaannya.

2. Online aja gan

Zaman sudah semakin maju, teknologi internet juga sangat mudah untuk dijangkau. Maka dari itu, jika anda gabut ngak ada kerjaan di kos-kosan. Langsung saja aktif online, hidupkan internet dan mulailah berselancar di dunia maya.

Anda dapat bermain di berbagai sosial media yang ada. Atau mungkin hanya sekedar membaca novel online, mencari info di blog. Nonton video di youtube dan sebagainya. Semuanya terserah kepada anda.

3. Ngabuburit

Ngabuburit 😂, bulan puasa hampir tiba. Jadi jika ada waktu luang di kos-kosan. Kenapa anda tidak gunakan untuk jalan-jalan atau walking-walking misalnya 😂. Sesekali jalan untuk menikmati pemandangan desa atau kota ?. Dengan ini, mungkin waktu luang anda jadi tidak sia-sia lagi. Lumayan berfaedah lah gan.

4. Main game

Mabar bareng teman. Main game online bersama teman. Entah itu game moba, fps, battle royale, strategi, mmo dan sebagainya. Pokoknya ada aktivitas bersama orang lain / multiplayer. Saya rasa hal ini juga cukup bermanfaat untuk menghibur diri anda sendiri.

Jika anda tidak suka main game online, mungkin anda juga bisa mencoba berbagai jenis game offline. Semisal game konsol, game pc, maupun game mobile seperti yang ada di hp android dan sejenisnya.

5. Nonton film

Nonton film apapun itu, asal tidak negatif. Kalau perlu nobar bareng teman. Dengan ini maka waktu luang anda juga tidak akan menjadi sia-sia, tak berguna. Mayan lah buat hiburan.

6. Bersih-bersih kamar kost

Bersih-bersih kamar kos juga cukup ampuh untuk mengusir rasa bosan karena banyaknya waktu luang yang ada. Menjaga kebersihan kamar itu penting gan. Jika kamar kos anda jadi lembab, pengap dan bau. Ntar ujung-ujungnya pasti banyak penunggunya. Misalnya seperti nyamuk, jamur dan juga mbak kunti 😂. Jadi, saran saya sih, nganggur atau ngak nganggur. Bersih-bersih kamar kos itu wajib gan.


7. Pulang ke rumah

Nah, ini opsi terakhir gan. Jika anda tidak ada kerjaan di kos-kosan. Misalnya karena ada hari libur kerja atau libur sekolah. Dan jika kebetulan jarak rumah anda lumayan tidak jauh dari kos-kosan. Misalnya sekitar berapa puluh kilometer gitu. Maka tidak ada salahnya jika anda pulang sejenak ke rumah, untuk melepas rindu dan mengobati homesick yang anda punya.

8. Beribadah

Nah, beribadah juga penting gan. Jika anda gabut ngak jelas di kos-kosan. Coba saja mampir ke masjid, karena tiap 5 waktu pasti di beberapa masjid akan selalu ramai. Dan dari sini tentu anda akan menemukan banyak macam orang, yang nantinya mungkin dapat anda jadikan teman.

Selain ibadah sholat dan sebagainya, menjalin tali persaudaraan dan persahabatan juga sangat bermanfaat bagi siapa saja gan.

Ya, begitulah beberapa cara yang cukup ampuh untuk mengatasi kegabutan, kegalauan dan untuk mengisi waktu luang yang ada di kost-kosan anda. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

6 Tips agar kos-kosan aman dari maling / pencurian
5 Cara mengatasi kamar kos yang panas dan pengap agar menjadi sejuk dan dingin
11 Cara menghilangkan rasa bosan di kamar dan juga jenuh di kost-kostan
Cara hemat ala anak kos, cara mengatur uang saku bulanan mahasiswa anak kost agar tidak cepat habis

8 Tips mengisi waktu luang bagi anak kos yang bermanfaat dan berfaedah
4/ 5
Oleh

Leave your comment