Tuesday, March 26, 2019

Apa itu bit ?, Arti game 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit yang sesungguhnya

Anda tentunya sering melihat perdebatan di dunia maya atau di sosial media. Banyak disana, para netizen yang sering berdebat mengenai grafik game yang dimainkannya. Masing-masing kubu saling ejek dan membanggakan game yang dimainkannya.

Sampai-sampai, misalnya muncul istilah game 8 bit dan sebagainya. Sebagai contoh yang ngetren misalnya seperti "Main moba kok 8 bit", "Battle royale kok 8 bit", dan sejenisnya. Para player game pubg, aov, minecraft, mobile legend dan free fire tentu sudah hafal dengan kata-kata 8 bit ini.

Apa itu bit ?, Arti game 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit yang sesungguhnya

Kembali ke topik utama kita, jadi sebenarnya apasih game 8 bit dan sejenisnya itu ?. Apakah benar game 8bit selalu memiliki gambar atau grafik game yang kotak-kotak dan bikin sakit mata ?. Untuk jawaban selengkapnya lihat saja di bawah ini.

# Apa itu pengertian bit ?

Bit merupakan singkatan dari binary digit, yang merupakan satuan unit terkecil didalam dunia perkomputeran. Value dari data bit ini, hanya terdiri angka 0 dan 1. bit ini merupakan bahasa dasar dari dunia perkomputeran. Anggap saja bit ini merupakan dasar dari seluruh data digital yang ada di dunia ini. Dan para ahli IT sering menyebut bit ini sebagai bahasa mesin.



Nah, dengan susunan dari bit data ini. Dunia perkomputeran awal, mulai tercipta dan dikembangkan. Dari sini sistem dasar dari hardware dan juga software juga mulai dikembangkan. Berawal dari bahasa mesin yang terdiri dari angka 0 dan 1 ini, perlahan berbagai bahasa pemrograman komputer lainnya mulai diciptakan. Sebut saja misalnya seperti bahasa assembly, c, c++, basic, visual basic, pascal, ruby, python, dan sebagainya.

Selanjutnya, dari berbagai kumpulan data bit yang disusun menggunakan bahasa pemrogramman. Maka komputer dan segala isinya, yakni os, software, game dan sejenisnya dapat diciptakan dan dikembangkan. Dan dari sini juga bahasa mesin dan pemrogramman semakin berkembang dari zaman ke zaman.

Nah, pemrosesan data di komputer, otak dari komputer ini sebut saja prosesor. Memiliki kapasitas pemrosesan data yang berbeda-beda dari masa ke masa. Bahkan di hp android saja, cpunya juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Sebut saja misalnya cpu 32 bit dan 64 bit. Keduanya mengacu pada seberapa banyak data yang dapat diproses dalam satu waktu. Jadi pada intinya begitulah yang dimaksud dengan bit itu.

# Bit didalam game

Nah, selain di dalam dunia komputer. Di dalam dunia game konsol, sejak zaman dahulu. Misalnya mulai dari zamannya atari, nintendo, sega dan playstation. Masing-masing perusahaan saling bersaing untuk menciptakan berbagai jenis konsol permainan yang menarik dimasanya. Dan penyebutan dari grafik atau gambar 8 bit ini tentu bermula dari berbagai konsol retro ini.

Misalnya, seperti konsol game nes (nintendo entertainment system), atari 2600, juga sega master system yang memiliki prosesor 8 bit. Pastinya gambar yang ada didalam game tersebut cukup sederhana. Tidak terlalu jelas, 3d apalagi sampai bergambar HD. Karena memang, kapasitas prosesornya masih terbatas 8 bit. Jadinya, warna dan musik yang dihasilkan juga cukup khas. Ala-ala gambar kotak-kotak, warna yang terbatas dengan musik chiptune nya yang khas.

Nah, begitu juga dengan konsol snes (super nintendo entertainment system), dan sega mega drive / genesis yang menggunakan prosesor 16 bit. Dan seterusnya sampai ke playstation 1 dan juga berbagai konsol generasi nintendo dan sony ps yang terbaru. Yang menggunakan prosesor 32/64 bit. Kesemuanya memiliki ciri grafik dan musik yang cukup kontras dan mencolok dari masa ke masa.


# Grafik, gambar dan musik 8 bit di dalam game

Seperti yang sudah tersebut diatas. Pada dasarnya, grafik game android dan sejenisnya yang dirasa kurang bagus, tidak hd dan agak kotak-kotak. Orang-orang sering menyamakannya dengan grafik dari berbagai jenis game yang ada pada konsol game retro di masa lalu. Yang biasanya dicirikan atau disamakan dengan game yang memiliki grafik kotak-kotak dan bermusik ala chiptune tadi.

Sehingga walaupun prosesor hp android tidaklah 8 bit, tetap saja game yang menggunakan gambar dan musik chiptune ala game jadul. Maka game tersebut akan disebut sebagai game 8 bit.

Ya, pada dasarnya, istilah ini hanya bersifat penyamaan grafik game saja. Sebut saja game 8 bit ini adalah game yang memiliki gambar yang kurang hd, tidak 3D, tidak baik, dan dirasa jelek bagi sebagian kalangan. Jadi tidak ada hubungannya dengan prosesor, dll.

Sebagai contoh, game yang sering kena bully oleh para netizen karena memiliki grafik game yang dirasa kurang wah. Dan dijuluki sebagai game 8 bit. Misalnya adalah game minecraft, free fire dan mobile legend. Padahal menurut saya game tersebut sangatlah seru. Semuanya, kembali ke selera orang masing-masing 😂.

Cukup sekian dulu, Begitulah kiranya pengertian dari game 8 bit yang sering muncul dalam perdebatan di sosial media. Semoga bermanfaat . ..

# Baca juga :

Arti moba kok analog dan moba kok satu lane, mau ngedrag (Dota vs Mobile legends vs Vainglory)
11 Game balapan dan olahraga nintendo nes jadul yang melegenda
Game gba terbaik, terfavorit dan paling seru (bagus) sepanjang masa
Arti barbar dalam game online mmorpg, moba, pubg, aov, mobile legends, bahasa gaul, dll

Artikel terkait

Apa itu bit ?, Arti game 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit yang sesungguhnya
4/ 5
Oleh

Leave your comment